Kenapa Lidah Jadi Pahit Saat Sedang Sakit?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 27 Desember 2020 08:25
Kenapa Lidah Jadi Pahit Saat Sedang Sakit?
Ternyata ini lho penyebabnya, guys.

Saat sedang sakit, berbagai hal akan terasa tak seperti biasnya. Salah satunya adalah makanan yang terasa hambar dan pahit di mulut. Hal ini mengakibatkan nafsu makan jadi menurun.

Padahal tubuh memerlukanlebih banyak asupan nutrisi kektika sakit, namun tak jarang kondisi lidah yang terasa pahit mengganggu hal ini. Sebenarnya kenapa ya?

1 dari 2 halaman

Penyebab rasa pahit

Ilustrasi Makanan untuk Ibu Hamil © Diadona

Menurut penelitian yang diterbitkan brain, Behaviour and Immunity pada tahun 2015 lalu menunjukkan jika indera pengecap akan jadi lebih peka terhadap rasa pahit saat sakit.


Ketiba tubuh sedang sakit, umumnya akan terjadi peradangan atau infeksi. Baik itu berupa infeksi seperti virus influenza, infeksi bakteri streptokokus penyebab radang tenggorokan, atau lainnya,

Ketika tubuh mengalami hal ini, maka kadar protein tubuh akan meningkat. Jenis protein ini dalam medis disebut TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α).


Meningkatnya kadar protein TNF-α menyebabkan adanya gangguan pada indra pengecap. Protein ini akan mengaktifkan sel-sel tertentu yang bertanggung jawab untuk mengecap rasa pahit. Karena ini lah, makan atau minum apapun akan terasa pahit.

2 dari 2 halaman

Mengatasinya

Ilustrasi Makan Seafood © Diadona

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengurangi porsi makan namun lebih sering makan. Selain itu, kamu dapat mengonsumi makanan yang mengandung rempah-rempah atau makanan yang memperkuat rasa makanan.

Terakhir, pastikan makanan yang dikonsumsi mencukupi nutrisi ya agar kondisi tubuh segera membaik. Keep Healthy!

Beri Komentar