5 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia, Perlu Banget Dihindari nih!

Reporter : Mila
Senin, 21 Februari 2022 07:57
5 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia, Perlu Banget Dihindari nih!
Kebiasaan ini bikin badan gampang sakit.

Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Karena dengan hidup yang sehat, kita bisa melakukan apapun yang kita mau tanpa khawatir dengan diri sendiri baik fisik maupun mental.

Kini, gaya hidup sehat sudah jadi kebiasaan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu, belum semua orang sadar akan gaya hidup sehat. Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang masih dilakukan orang Indonesia yang bisa berpengaruh pada kuslitas hidup.

1 dari 6 halaman

Kurang Jalan Kaki

Ilustrasi Jalan Kaki © Diadona

Masih banyak orang Indonesia yang tidak mau berjalan kaki dengan berbagai alasan, seperti mager dan takut lelah. Hal ini contohnya seperti di dalam gedung, orang Indonesia lebih memilih naik lift atau eskalator dibanding tangga biasa.

Kebiasaan ini tanpa disadari berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Jadi, usahakan untuk selalu berjalan kaki dimanapun kita berada. Selain melatih otot tubuh, juga melatih otot jantung agar tetap sehat.

2 dari 6 halaman

Makan Tinggi Kalori

Ilustrasi Makanan Tinggi Kalori © Diadona

Dilihat-lihat, kebiasaan ini sepertinya sudah jadi budaya makan orang Indonesia. Sering kita jumpai, menu- menu tinggi kalori, contohnya makan nasi dengan mie goreng, nasi uduk dengan bihun goreng dan kentang goreng. Atau makan fast food, sudah ada nasi, ada pula french fries, fried chicken, belum lagi ditambah soft drink. 

Menu- menu semacam ini bisa mempengaruhi kesehatan kita dan bisa menimbulkan macam-macam penyakit karena penumpukan kolesterol. Mulailah secara bertahap mengurangi makanan tinggi kalori supaya badan tetap sehat.

3 dari 6 halaman

Kurang Minum Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Entah karena terlalu sibuk bekerja atau belajar, kita jadi lupa minum air putih. Padahal kalau kita kurang minum air putih akan dehidrasi yang berpengaruh pada kesehatan tubuh, kesehatan kulit, dan aliran darah menjadi tidak lancar.

Jadi penuhilah kebutuhan air minum, jangan sampai kekurangan supaya badan tetap bugar dan sehat.

4 dari 6 halaman

Makan dan Minum yang Manis

Ilustrasi Minum Boba © Diadona

Kebiasaan tidak sehat yang sering kita jumpai di Indonesia. Makanan serba manis memang membuat selera makan meningkat, seperti ketika makan kue-kue, cake, ice cream, dan roti manis, rasanya ingin menghabiskan.Begitu juga dengan minuman, ketika makan di warung makan ataupun restoran, minuman yang dipesan teh manis, kopi manis, atau soft drink.

Penumpukan gula yang berlebihan ini bisa memicu penyakit diabetes. Saat ini banyak penderita diabetes usia remaja bahkan anak-anak. Jadi, mulailah kurangi konsumsi gula ya, supaya terhindar dari penyakit diabetes.

5 dari 6 halaman

Makan Pedas

Ilustrasi Penyetan © Diadona

Siapa yang tidak tertarik dengan makanan serba pedas? Orang Indonesia pasti akrab dengan makanan ini. Makan tanpa sambal rasanya kurang afdol.

Tidak ada salahnya makan sambal, tapi alangkah baiknya jika jangan terlalu pedas karena bisa berpengaruh pada kesehatan lambung. Makan terlalu pedas bisa menimbulkan penyakit lambung.

Beri Komentar