5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kondisi Otak Gak Sehat lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 25 Juni 2021 06:27
5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kondisi Otak Gak Sehat lho!
Kamu sering melakukan kebiasaan ini gak?

Kesehatan merupakan hal yang begitu penting. Untuk itu, kondisi tubuh yang sudah fit dan bugar harus tetap dijaga. Seperti pesan orang-orang sejak dulu, lebih baik mencegah (sakit) daripada mengobati, bukan?

Kesehatan bukan hanya tubuh yang tampak di luar saja. Namun juga bagian dalam tubuh, seperti otak misalnya. Sementara itu, otak memiliki peran yang begitu penting karena di sinilah gaya hidup seseorang dimulai.

Oleh karena itu, kesehatan otak perlu dijaga dengan baik dengan melakukan kebiasaan yang baik juga. Meski demikian, banyak orang tanpa mereka sadari masih melakukan sesuatu yang bisa berdampak buruk pada otak.

Melansir dari medical Daily via Merdeka.com, ini dia beberapa kebiasaan yang bisa berdampak negatif pada otak.

 

1 dari 6 halaman

Stres

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti ada suatu hal yang bisa bikin kita stres. Nampaknya sih hal tersebut normal saja terjadi. Namun pastikan jangan sampai berlebihan dan tidak terkontrol, ya!

Sebab stres kronis bisa menyebabkan kelebihan kotrisol, sehingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, nambah berat badan, kanker, dan lain sebagainya. Selain itu, stres kronis juga memengaruhi kelenjar adrenal, yang bisa membuatmu mengalami masalah seperti hilang ingatan, brain fog, dan kecemasan.

 

2 dari 6 halaman

Jarang Beraktivitas

Ilustrasi Rebahan © Diadona

Ada yang rebahan seharian? Nggak ngapa-ngapain, bahkan bersosialisasi? Jangan dibiasain ya, ya! Kerena kebiasaan tersebut bisa memperburuk kondisi ingatan dan malah bisa demensia. Biasakan diri rutin olahraga, membaca, dan juga bersosialisasi agar bisa menstimulasi otak dengan efektif.

3 dari 6 halaman

Tidur Menutup Kepala

Kebiasaan tidur orang memang berbeda-beda. Namun yang paling banyak ini adalah menutup kepala. Bisa dengan tangan, atau bahkan bantal serta guling. Ya, kan? Ngaku! Padahal, kebiasaan ini tidak bagus karena bisa membatasi asupan oksigen yang disalurkan ke otak. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko penyakit demensia dan alzheimer.

 

4 dari 6 halaman

Dehidrasi

Gejala Dehidrasi © Diadona

Buat kalian yang jarang minum air putih, mulai sekarang pastikan deh tubuh cukup cairan. Sebab jika tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi, tak hanya fisik yang jadi masalah, otak pun juga bakal ikut terkena pengaruh. Contohnya aja bisa menyebabkan mood jelek, migrain, kelelahan, bahkan cemas. Selain itu, ternyata dehidrasi bisa mengurangi volume otak dan fungsinya, tau!

 

5 dari 6 halaman

Kurang Tidur

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Seperti kata Bung Rhoma Irama. Begadang boleh-boleh aja sih, namun harus dipastikan ada manfaatnya, nih. Kalau nggak penting-penting, ayo dapatkan waktu tidur yang cukup. Sebab kurangnya tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan pada otak dalam jangka panjang. Risiko penyakit neurologikal pun meningkat.

 

Beri Komentar