21 Manfaat Minum Air Kelapa Muda dan Tua Untuk Pria dan Ibu Hamil

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 28 Desember 2019 09:21
21 Manfaat Minum Air Kelapa Muda dan Tua Untuk Pria dan Ibu Hamil
Kelapa adalah buah yang biasa digunakan sebagai minuman elektrolit alami. Selain menyegarkan, kelapa juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Ada banyak manfaat air kelapa bagi tubuh. Air kelapa bisa menyegarkan tubuh di kala haus, menambah elektrolit tubuh, dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. 

Air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih sedikit deibandingan dengan banyak minuman olahraga lain. Air kelapa juga bebas lemak dan kolesterol. Tidak salah jika beberapa atlet lebih memilih minum air kelapa dibandingkan minum air kelapa. 

Air kelapa mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa yaitu vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan zinc. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk. 

Adapun beberapa jenis kelapa yang biasa dikonsumsi. Yang paling sering adalah kelapa muda. Namun ternyata, kelapa tua juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh.

1 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda

kelapa © Diadona

Air kelapa muda merupakan kelapa yang paling banyak dikonsumsi sebagai minuman pelepas dahaga. Tidak salah kalau ada segudang manfaat air kelapa muda bagi kesehatan karena kandungan zat gizi di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Apa saja sih manfaat air kelapa muda?

1. Memperlambat penuaan

Manfaat air kelapa muda dapat memperlambat penuaan. Kandungan sitokonin dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik. 

Jika kamu ingin awet muda. kamu bisa mengambil manfaat air kelapa muda dengan minum air kelapa muda secara rutin.

2. Mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah untuk mengatur tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Penelitian menunjukan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung.  

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa muda bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Kesehatan Pencernaan

Manfaat air kelapa muda diklaim mampu menjadi obat penyakit pencernaan. Biasanya air kelapa muda digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, dan lain-lain.  

Air kelapa bisa mengobati diare karena dapat menggantikan ciaran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Air kelapa hijau mengandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa punya osmolaritas tinggi.

4. Lebih baik daripada minuman olahraga

Manfaat air kelapa muda ternyata lebih baik daripada minuman olahraga. Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda dapat menggantikan ciran tubuh yang hilang saat olahraga.

2 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Hijau

kelapa © Diadona

Banyak dari kamu yang mungkin lebih menyukai kelapa muda. Airnya yang segar dan dagingnya yang lembut membuat buah ini digemari. Ternyata, kelapa hijau lebih banyak khasiat yang baik untuk tubuh kita. Apa saja manfaat air kelapa hijau bagi tubuh kita?

1. Menurunkan berat badan

Manfaat air kelapa hijau ternyata bisa menurunkan berat badan lho. Cocok nih untuk kamu yang sedang dalam program diet. Ternyata, air kelapa hijau mengandung kalori, lemak, dan gula yang rendah. Karena itu, minuman ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang dalam program diet.

2. Menyembuhkan alergi kulit

Manfaat air kelapa hijau bisa untuk menyembuhkan alergi kulit. Salah satu khasiat air kelapa hijau ternyata bisa mengurai bakteri, virus, dan jamur yang menjadi penyebab alergi kulit.

3. Mengatasi rambut rontok

Air kelapa hijau punya kandungan mineral, glukosa, fruktosa, dan sakrosa. Manfaat air kelapa hijau ini terbukti ampuh mengatasi rambut rontok.

4. Mengobati migrain

Manfaat air kelapa hijau selanjutnya adalah bisa mengobati migrain. Kandungan dalam air kelapa hijau dipercaya bisa menyembuhkan migrain. Manfaat air kelapa hijau untuk mengobati migrain bisa kamu rasakan jika minum air kelapa secara rutin.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat air kelapa hijau bisa dirasakan oleh penderita kolesterol. Kandungan dalam air kelapa hijau ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa merasakan manfaat air kelapa hijau ini dengan minum secara rutin untuk menurunkan kolesterol secara maksimal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Banyak yang mengatakan kalau ibu hamil yang rutin minum air kelapa akan membuat kulit si kecil menjati putih, dan rambut menjadi lebat dan hitam. Banyak juga yang mengatakan itu mitos. Tapi, nyatanya, air kelapa memang baik untuk ibu hamil. Nggak percaya? Yuk kita lihat manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui!

1. Sumber elektrolit dan antioksidan

Manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil ternyata baik sebagai asupan elektrolit yang terbuang saat mengalami muntah. Air kelapa mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh.

2. Membantu mengurangi kelelahan

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat membantu mengurangi kelelahan. Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhidndar dari dehidrasi. Air kelapa mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

3. Mencegah infeksi saluran kencing

Banyak keluhan yang dialami ibu hamil karena infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih. Manfaat air kelapa ternyata bisa mencegah infeksi saluran kencing karena air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi tidak optimal, maka janin lebih berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup.
Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat pada air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung.

4 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Tua

kelapa © Diadona

Beberapa mungkin lebih memikirkan kelapa muda untuk dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Namun tahukah kamu kalau kelapa tua juga punya manfaat yang banyak selain hanya dibuat santan saja? Yuk kita simak manfaat kelapa tua berikut ini!

1. Mengendalikan kadar kolesterol

Manfaat air kelapa tua bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena air kelapa tua memiliki kandungan omega 3 serta omega 6 yang tinggi dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Mengatasi dehidrasi secara efektif

Selain kelapa muda, kelapa tua juga dipercaya bisa mengatasi dehidrasi. Air kelapa tua juga kaya akan elektrolit yang dapat membantu mengembalikan cairan serta mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, elektrolit kuat yang terdapat pada air kelapa tua juga bisa membantu optimalkan kerja organ dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat air kelapa tua ternyata juga untuk menjaga kesehatan kulit. Paslanya, air kelapa tua memiliki kandungan asam laurat dan sitokin yang bermanfaat dalam menjaga jaringan kulit agar tetap sehat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Bagi Pria

kelapa © Diadona

Manfaat air kelapa bagi pria bisa kamu dapatakan tidak hanya dari airnya tapi juga dagingnya lho. Untuk manfaat air kelapa yang satu ini, lebih baik kamu memilih jenis kelapa yang sudah tua. Hal ini dikarenakan air sudah terserap oleh daging dan menghasilkan lebih banyak nutrisi.
Adapun manfaat air kelapa bagi pria adalah:

1. Mencegah disfungsi ereksi
Dengan banyak mengonsumsi air kelapa dipercaya dapat mencegah disfungsi ereksi atau impotensi. Kamu bisa mendapat manfaat air kelapa dengan minum secara rutin.

2. Menambah Produksi sperma

Manfaat air kelapa bagi pria ternyata juga untuk menambah produksi sperma. Dengan rutin minum air kelapa kamu akan mendapat hasil yang maksimal.

3. Menjaga keseimbangan elektrolit ketika sedang berhubungan intim.

Agar saat berhubungan intim tidak mudah lelah kamu perlu minum air kelapa. Saat melakukan hubungan intim, banyak cairan dalam tubuh yang terbuang. Air kelapa bisa mengembalikan elektrolit tubuh.

4. Penghancur nikotin

Nikotin bisa ada dalam tubuh bagi kamu perokok. Nikotin adalah zat yang bisa menyebabkan impotensi. Dengan mengonsumsi air kelapa dipercaya manfaat air kelapa bisa menghancurkan nikotin.

5. Menambah kekuatan otot pada alat reproduksi

Manfaat air kelapa dipercaya bisa menguatakan otot-otot pada alat reproduksi. Dengan rutin minum air kelapa, alat vital kamu akan lebih kuat dan berotot.

Nah, Ternyata banyak juga ya manfaat air kelapa untuk tubuh. Selain rasanya yang menyegarkan, kandungan nutrisi yang banyak juga berkhasiat untuk tubuh. Jadi, jangan ragu untuk rutin minum air kelapa. Semoga bermanfaat.

 

Beri Komentar