20 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Reporter : Sofi
Kamis, 13 Februari 2020 12:28
20 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Ternyata daun salam dapat menyehatkan mata kamu loh! Simak manfaat daun salam berikut ini.

Daun salam ini memiliki nama latin Syzygium polyanthum yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Tapi tidak hanya sebagai penyedap rasa makanan, manfaat daun salam ini juga bisa untuk kesehatan loh. Berikut manfaat daun salam untuk kesehatan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

Manfaat daun salam untuk kesehatan biasa dimanfaatkan dengan merebus daun salam untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaat daun salam bagi kesehatan.

Sebagai obat antijamur

Manfaat daun salam untuk kesehatan memiliki kandungan etanol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Mengatasi masalah pencernaan

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Manfaat daun salam untuk kesehatan baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan mual. Kombinasikan dengan lemon dan gula, kemudian rebus dan minum airnya.

Membantu mengobati infeksi ginjal & mencegah batu ginjal


Rebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat 2 kali sehari. Dengan begini kamu bisa mendapatkan manfaat daun salam untuk kesehatan yang membantu mengobati infeksi ginjal dan mencegah batu ginjal.

Untuk kesehatan rambut

Panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Kamu akan mendapatkan manfaat daun salam untuk kesehatan rambut dengan menggunakan hot oil tersebut untuk memijat kulit kepala setiap dua hari sekali.

Mengatasi migrain

Ilustrasi Sakit Kepala © Diadona

Manfaat daun salam untuk kesehatan mengandung partenolida yang baik untuk migrain. Rebus beberapa lembar daun salam lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

Steam wajah untuk kulit lelah

Rebus 5 daun salam kering dan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan uapnya untuk facial steam.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam buat Kesehatan

Manfaat daun salam buat kesehatan bisa kamu gunakan sebagai alternatif obat. Daun salam memiliki berbagai kandungan untuk menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, hingga mencegah kanker. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus berhati-hati bila memiliki kondisi medis tertentu. Berikut manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya.

Mengobati diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya adalah dapat menjadi obat diabetes. Manfaat daun salam untuk kesehatan mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Zat tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

Namun, manfaat daun salam bagi kesehatan ini bukannya tanpa risiko. Daun salam dapat menyebabkan hipoglikemia akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan dan sulit dikontrol. Jadi, jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui takaran amannya.

Mencegah kanker

Manfaat daun salam untuk kesehatan juga dapat mencegah kanker. Penelitian memaparkan bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah pertumbuhan sel dan kanker lambung. Selain itu, manfaat daun salam untuk kesehatan juga mengandung caffeic acid, quercetin, eugenol, dan catechin yang memiliki khasiat chemo-protective yang bisa menghalau berbagai tipe kanker. Kandungan pathenolide bisa menghalau pertumbuhan sel kanker serviks.

Mengurangi nyeri

Bukan hanya itu, manfaat daun salam untuk kesehatan juga dianggap ampuh mengatasi peradangan dan nyeri sendi. Minyak yang dihasilkan dari daun salam memiliki sifat antiperadangan yang bisa digunakan untuk mengurangi nyeri yang diakibatkan keseleo, ketegangan otot, arthritis, rematik ataupun akibat lain. Memijat kepala dengan minyak daun salam juga membantu untuk menyembuhkan sakit kepala atau migren.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun salam untuk kesehatan juga tak lepas dari kandungan berbagai vitamin. Daun salam mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D. Kandungan vitamin C ini bisa berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga kekebalan tubuh atau sistem imun bisa terjaga dengan lebih baik. Tubuh kamu pun jadi tidak gampang sakit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Cara mengolah daun salam untuk mendapatkan manfaatnya biasanya dengan cara direbus bersama beberpaa bahan lami lainnya. Atau memanaskannya dengan minyak dan bahan alami lainnya. Berikut manfaat daun salam untuk kesehatan dan cara mengolahnya.

Mencegah penyakit jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat daun salam untuk kesehatan adalah dapat menurunkan kolesterol. Hal ini berarti bahwa daun salam memiliki dampak baik bagi kesehatan jantung. Zat polifenol dalam daun salam juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga mencegah komplikasi penyakit jantung yang sering kali menyerang pasien dengan diabetes.

Kamu bisa merebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air untuk disaring, kemudian diminum dalam keadaan hangat secara rutin. Kandungan daun salam seperti asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat diyakini juga bisa membantu mencegah stroke. Bahkan kandungan flavonoidnya bisa membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini membuktikan bahwa manfaat daun salam bagi kesehatan sangatlah banyak.

Menurunkan berat badan

Selain itu, manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya adalah dapat menurunkan berat badan. Bagi kamu yang sedang berjuang dalam menurunkan berat badan atau diet, kamu bisa mendapatkan salah satu manfaat daun salam bagi kesehatan ini.

Dilansir Times of India, mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak. Namun, kamu tetap harus memerhatikan kebersihannya. Kamu yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health seperti berikut. Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

Untuk meredakan masalah pencernaan

Daun salam yang dikombinasikan dengan sereh (serai) dan jahe bisa membantu meredakan sakit maag, kembung, dan nafsu makan yang hilang. Rebus 5 lembar daun salam, 1 ruas jahe, dan 1 batang sereh dalam 200 ml air. Boleh ditambahkan madu untuk rasa dan nutrisi ekstra. Minum air rebusannya 2 kali sehari.

Mengobati asam urat

Ilustrasi Asam Urat © Diadona

Daun salam cukup efektif untuk mengobati asam urat. Rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari.

Hindari Mengonsumsinya Secara Utuh

Hindarilah mengonsumsi daun salam secara utuh. Daun salam tidak dapat dicerna tubuh meski telah dikunyah. Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan pada tenggorokan atau saluran pencernaan.

Cuci dan Masak Hingga Matang Terlebih Dahulu

Saat hendak mengonsumsi daun salam, pastikan daun salam yang akan dikonsumsi sudah dicuci dan dimasak hinga benar-benar matang. Alasannya, pada daun salam mentah atau kurang matang, mungkin masih terdapat bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Efek Samping bagi Penderita Diabetes

Walaupun dapat menurunkan kadar gula darah, ternyata daun salam juga memiliki efek samping bagi penderita diabetes. Daun salam dapat menyebabkan hipoglikemia akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan dan sulit dikontrol. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait penggunaanya.

4 dari 4 halaman

Apa Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Apa kamu sudah puas dengan manfaat daun salam di atas? Ternyata tidak hanya itu, manfaat daun salam untuk kesehatan masih ada loh. Berikut manfaat saun salam untuk kesehatan.

Menyehatkan mata

Ilustrasi Mata Cantik © Diadona

Menambahkan salam pada masakan juga bisa memberikan efek menyehatkan bagi mata.

Sebagai obat anticacing

Metanol yang terdapat pada daun salam berkhasiat sebagai anticacing.

Meredakan stres

Manfaat daun salam mengandung linalool yang berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, hirup aroma teh daun salam kering untuk aromaterapi.

Perawatan untuk mimisan

Setelah mimisan disarankan meminum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.

Meringankan gejala flu, demam, dan infeksi

Ilustrasi Flu © Diadona

Teh daun salam kering juga bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh untuk penderita 3 gejala penyakit ini.

Perawatan untuk mimisan

Setelah mimisan disarankan meminum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat daun salam untuk kesehatan di atas? Apakah kamu akan menggunakan daun salam ini sebagai obat alami kamu? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar