12 Manfaat Kismis Kuning dan Hitam yang Bagus untuk Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 24 April 2021 13:10
12 Manfaat Kismis Kuning dan Hitam yang Bagus untuk Ibu Hamil
Siapa yang suka kismis dijadikan cemilan? Kismis ternyata punya manfaat yang banyak, lho!

Manfaat kismis untuk kesehatan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, kismis berasal dari buah anggur yang dikeringkan. Anggur yang matang dan berair menjadi buah favorit. Anggur sendiri pun banyak diminati bahkan dalam bentuk yang lain, seperti kismis. Namun, meskipun dinikmati dengan cara lain seperti dikeringkan, masih banyak orang yang ragu akan khasiat dari kismis sendiri. 

Menurut ahli gizi, Jessica Bippen, RD, mengatakan bahwa buah kering cenderung dianggap memiliki kadar gula yang tinggi daripada nutrisinya. Tapi kismis cukup baik untuk kamu. Nah, untuk itu bagi yang menggemari kismis, baca artikel ini sampai habis, ya. Karena Diadona akan menjelaskan manfaat kismis.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Manfaat Kismis © Diadona

Kismis dengan rasa asem manisnya ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu juga memberikan manfaat pada tubuh si ibu hamil. Apa saja manfaatnya?

Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat kismis kaya akan kalsium dan asam oleanolic yang keduanya dapat membantu melindungi gigi. Ketika masa hamil, hormon di dalam tubuh kamu mengalami ketidakseimbangan, sehingga bisa menyebabkan gigi kamu rusak selama masa kehamilan. Kismis dengan kalsiumnya yang tinggi bisa membantu kamu untuk mengatasinya.

Mencegah Sembelit

Sama seperti aslinya, kismis memiliki serat yang tinggi. Manfaat kismis yang kaya akan serat ini mampu mencegah dan meredakan sembelit. Sembelit yang terjadi selama masa kehamilan, apalagi saat masa kehamilan yang sudah besar, akan lebih sering mengalami sembelit. Untuk mencegah hal itu terjadi, kismis bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Membantu Meningkatkan Sel Darah

Manfaat kismis dapat meningkatkan produksi jumlah hemoglobin dalam tubuh yang mana dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Saat masa kehamilan, tubuh kamu akan banyak mengalami perubahan yang mempengaruhi produksi sel darah merah. Sehingga makan kismis bisa mengatasi masalah dengan mudah.

Memberikan Energi

Manfaat kismis untuk ibu hamil adalah sebagai sumber energi. Kismis dengan rasa yang asam-manis dan kaya akan sumber glukosa alami yang sangat baik, bisa memberikan energi secara instan.

Mencegah Anemia

Hormon yang tidak seimbang dan kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh bisa memicu anemia selama kehamilan. Manfaat kismis untuk mencegah anemia itu terjadi selama masa kehamilan. Kismis sendiri adalah sumber zat besi yang kaya sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam makanan harian ibu hamil.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kismis Kuning

Manfaat Kismis © Diadona

Membantu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat kismis kuning yang mengandung kalium dan magnesium mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Kedua kandungan itu membantu mengurangi keasaman dan membantu mengeluarkan racun dari sistem, mencegah penyakit seperti radang sendi, asam urat, batu ginjal dan penyakit jantung.

Membantu Menaikkan Berat Badan Kamu

Manfaat kismis ternyata bisa membantu kamu menaikkan berat badan kamu. Kismis kaya akan fruktosa dan glukosa untuk memberi energi dalam tubuh kamu. Kismi akan membantu kamu menambah berat badan tanpa mengakumulasi kolesterol jahat.

Membantu Meningkatkan Gairah Sexual

Manfaat kismis kuning juga baik untuk meningkatkan kehidupan seks kamu. Kismis mengandung asam amino bernama Arginine yang dapat memicu gairah kamu. Selain itu, kismis juga baik untuk dikonsumsi oleh laki-laki. 

Membantu Kesehatan Mata

Kismis kuning dapat membantu kesehatan mata kamu karena mengandung fitonutrien polifenol yang merupakan antioksidan yang membantu menjaga penglihatan tetap kuat. Selain itu manfaat kismis kuning dapat mengurangi radikal bebas yang melemahkan penglihatan kamu dan menyebabkan degenerasi otot serta katarak.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kismis Hitam

Manfaat Kismis © Diadona

Mendetoks Tubuh

Manfaat kismis hitam berfungsi untuk mempercepat hati untuk mendetoksifikasi tubuh. Hal ini membantu hati untuk membuang racun dari tubuh. Hasilnya kulit kamu bersih dan bercahaya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kismis yang kaya akan antioksidan dalam kismis mempercepat sistem perbaikan kulit, mengencangkan kulit dan mencegahnya dari kerusakan. Mereka juga meremajakan kulit dan mencegah kulit dari kendur.

Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Manfaat kismis mengandung fitokimia yang di dalamnya melindungi sel kulit kita dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Asam amino dalam kismis meningkatkan pembaruan kulit dan membentuk pelindung terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Ini berguna untuk mencegah cacar kulit

Manfaat kismis tidak hanya bagus untuk ibu hamil, tapi juga bagus untuk perawatan kulit juga, lho. Menariknya, kalau kamu susah naikin berat badan, kamu juga bisa makan kismis.

Beri Komentar