17 Manfaat Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Jumat, 17 Januari 2020 15:52
17 Manfaat Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil
Buah melon yang manis dan segar ini ternyata menyimpan banyak manfaat, lho! Apa saja? Berikut manfaat melon yang harus kamu tahu!

Melon adalah nama buah yang termasuk dalam spesies melon cucumis melo (muskmelon). Daging manis dari honeydew biasanya berwarna hijau muda, sedangkan kulitnya memiliki warna putih-kuning. Ukuran dan bentuknya mirip dengan kerabatnya, blewah.

Melon bisa ditemukan di seluruh dunia dan dapat dimakan sendiri atau digunakan dalam makanan penutup, salad, camilan, dan sup. Tidak hanya rasanya yang manis, manfaat yang diberikan oleh melon ini juga banyak. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat melon yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Melon

Ilustrasi Melon © Diadona

Dalam secangkir buah melon atau setara dengan 177 gr, mengandung 64 kkal, yang mana cocok untuk menu diet kamu. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada juga bermanfaat bagi tubuh kamu. Berikut adalah manfaat melon.

1. Meredakan nyeri perut saat PMS

Manfaat melon ini dapat untuk meredakan nyeri perut saat PMS. Potasium yang terkandung di dalam buah melon ini bisa mencegah kram, mual, dan sakit atau nyeri selama PMS. Selain itu, manfaat melon lainnya untuk melancarkan aliran darah selama menstruasi.

2. Mencegah diabetes

Nutrisi berupa pektin yang terdapat pada buah melon dipercaya bisa mengatur sekresi glukosa ke dalam aliran darah sehingga membuat tubuh terbebas dari risiko diabetes. Selain pektin, nutrisi lain di dalam buah melon dipercaya bisa menetralkan kadar glukosa dalam darah. Oleh karena itu, manfaat melon ini bisa bantu penderita diabetes untuk mengonsumsi buah melon.

3. Mencegah kanker

Penelitian menyebutkan jika manfaat melon mengandung berbagai nutrisi dan senyawa organik yang sangat baik untuk mencegah kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker mulut. Nutrisi dan senyawa pada buah melon dikatakan bisa menangkan radikal bebas penyebab kanker dengan sangat baik.

4. Bantu atasi rambut rontok dan kering

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami rambut rontok dan kering, baik ringan hingga parah. Ketika rambut mulai rontok dan kering, mereka lantas mencari berbagai cara untuk mengatasinya.

Dengan manfaat melon, kamu bisa bantu atasi rambut rontok dan kering. Buah melon ini mengandung vitamin A yang berfungsi sebagai betakaroten untuk menjaga kekuatan rambut. Kamu bisa membuat jus melon sebagai masker rambut, atau meminumnya untuk menutrisi rambut dari dalam.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Melon © Diadona

Buah melon ini bisa bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatannya dan janin yang dikandungnya. Berikut adalah manfaat melon untuk ibu hamil.

1. Menormalkan tekanan darah

Selain kaya serat, melon juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium berperan untuk mengatur sistem tekanan darah. Dengan demikian, mengonsumsi melon selama masa kehamilan akan membantu ibu hamil mencegah terjadinya tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

Selain itu, melon juga mengandung zat alami yang bisa mencegah kerusakan sistem tekanan dan pembekuan darah. Maka dari itu, manfaat melon ini adalah menormalkan tekanan darah.

2. Mencegah dehidrasi

Manfaat melon ini bisa untuk mencegah dehidrasi karena melon memiliki kandungan air yang membuatnya memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Kandungan air dalam melon ini akan dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung perubahan metabolisme pada tubuh. Mengonsumsi melon selama masa kehamilan akan membantu terhindar dari dehidrasi yang biasa dialami oleh ibu hamil di trisemester pertamanya.

3. Mengatasi rasa mual berlebihan

Selama trisemester pertama kehamilan, tubuh akan melakukan berbagai penyesuaian yang seringkali menimbulkan rasa nyaman seperti rasa mual dan muntah di pagi hari yang kita kenal dengan istilah morning sickness. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil bisa menggunakan manfaat melon dengan mengonsumsi beberapa potong kecil buah melon. Rasa segar dari melon akan membantu perutmu merasa lebih nyaman sehingga rasa mual tersebut akan berkurang dengan sendirinya.

4. Melon mengatasi sembelit

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang biasa terjadi selama masa kehamilan. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan berserat yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Nah, salah satu makanan sumber serat ini adalah buah-buahan, termasuk buah melon. Manfaat melon yang kaya serat alami yang larut dalam air dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Selain itu serat dari buah melon ini juga akan membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi, sehingga metabolisme tubuh ibu hamil menjadi lebih baik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Melon

Ilustrasi Jus Melon © Diadona

Salah satu cara untuk mengolah buah melon ini adalah dengan membuat jus melon. Dari jus melon ini, kamu bisa mendapatkan manfaat melon sebagai berikut.

1. Merawat kulit tetap cantik dan sehat

Menurut Healthline, jus melon bermanfaat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit lantaran memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Nutrisi ini juga sangat penting untuk meningkatkan produksi kolagen yang tepat dan memelihara jaringan kulit.

Vitamin C dalam jus melon berperan sangat penting sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

2. Membuat kulit awet muda

Manfaat melon ini juga bisa untuk membuat kulit awet muda. Jus melon mengandung vitamin K dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mampu membuat kulit cerah bersinar. Kandungan mineral dalam jus melon juga dapat menghidrasi kulit dari dalam.

Jus melon juga merupakan sumber nutrisi seperti vitamin B, kolin dan betaine yang bermanfaat untuk membuat kulit tetap segar dan terlihat awet muda. Selain itu, vitamin C dalam satu gelas jus melon juga dapat mendorong regenarasi kulit dan pembentukan kolagen, serta jaringan ikat yang akan memberikan kesan awet muda.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Pada dasarnya setiap jus buah dipercaya mampu mengontrol tekanan darah supaya tetap normal dan mencegah darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat berisiko memicu penyakit jantung dan stroke.

Kamu tak perlu khawatir, tekanan darah tinggi tetap bisa normal jika rajin mengonsumsi jus melon. Minuman ini mengandung rendah sodium dan kaya kalium. Kandungan tersebut akan membantu menjaga tekanan darah untuk tetap stabil. Jus melon juga mengandung potasium cukup tinggi untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas

Jus melon merupakan satu di antara jus buah-buahan yang bisa menjaga berat badan tetap ideal. Minuman sehat ini sangat cocok dijadikan menu diet bagi kamu yang ingin menjalani pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat melon ini dikarenakan jus buah melon mengandung kalori cukup rendah dan bebas lemak serta kolesterol. Jus melon juga mengandung mineral cukup tinggi untuk melepas dahaga dan mengenyangkan, sehingga kamu tidak mudah haus maupun lapar. Terlebih, jus melon juga kaya serat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengeluarkan sisa makanan supaya tidak menimbunnya terlalu lama.

5. Baik untuk mata minus

Mata merupakan indera penting yang berfungsi untuk melihat, sehingga kesehatannya harus tetap dijaga. Kamu bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi jus melon secara rutin. Kandungan karetonoid dalam minuman sehat ini dipercaya dapat mencegah rabun senja.

Terlebih, sejumlah penelitian menemukan bahwa senyawa antioksidan dalam jus melon dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, sehingga baik bagi kamu yang memiliki mata minus atau rabun jauh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Dengan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, buah melon ini bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat buah melon untuk kesehatan.

1. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Jus melon mengandung nutrisi penting guna menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi seperti folat, vitamin K, serta magnesium. Kandungan vitamin K dalam jus melon juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat melon sama pentingnya seperti kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat melon untuk kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan sistem pencernaan. Melon merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Serat dalam buah melon ini sendiri bisa membuat sistem pencernaan semakin sehat. Serat juga akan membuat perut awet kenyang. Untuk itu, buah melon juga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Agar tubuh selalu bugar, sehat dan sistem kekebalannya pun semakin baik, pastikan untuk mengkonsumsi buah melon. Sebuah studi menyebutkan jika vitamin A dan C serta nutrisi pada buah melon sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan C ini juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari segala macam penyakit maupun infeksi.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat melon untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Pada sebuah penelitian mengungkapkan jika nutrisi yang terkandung di dalam buah melon sangat efisien mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan risiko hipertensi.

Kamu suka buah melonmu diolah menjadi apa sebelum kamu makan? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar