16 Penyebab Kepala Sering Pusing dan Mual secara Tiba-Tiba, dari Dehidrasi Hingga Tumor Otak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 27 Agustus 2020 21:15
16 Penyebab Kepala Sering Pusing dan Mual secara Tiba-Tiba, dari Dehidrasi Hingga Tumor Otak
Kurang minum? Telat makan? Bisa saja itu penyebab kepala sering pusing. Tapi ssstt.. ada kemungkinan gejala penyakit berbahaya lho!

Sebenarnya pusing bukanlan sesuatu kondisi medis yang berarti karena biasanya jadi gejala penyakit ringan dan sembuh sendiri. Tapi bisa juga lho penyebab kepala sering pusing ini karena kondisi medis serius.

Biar nggak parno namun tetap waspada, boleh deh disimak apa aja kemungkinan penyebab kepala sering pusing yang udah Diadona rangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-Tiba

Kepala pusing secara tiba-tiba dan nggak pernah dialami sebelumnya, bisa saja menakutkan dan butuh penanganan medis segera. Sering kali penyebab kepala sering pusing ini nggak diketahui, tapi mungkin juga suatu pertanda penyakit serius sedang mengintai.

Kepala pusing tiba-tiba ini disebut dengan thunderclap adalah sakit kepala parah yang datang dengan kekuatan penuh dalam waktu kurang dari satu menit, berlangsung setidaknya 5 menit, dan sering muncul tanpa pemicu apa pun.

Penyebab kepala sering pusing tiba-tiba ini bisa karena masalah pada pembuluh darah atau masalah yang tak biasa di otak. Selain itu, penyebabnya juga mungkin karena kegiatan yang sedang dilakukan, antara lain aktivitas seksual, mengejamn saat buang air besar, atau sakit kepala pasca cidera.

Lebih lanjut, penyebab kepala sering pusing tiba-tiba, bisa karena:

Penurunan Aliran Darah ke Otak

Biasanya disertai dengan kelemahan, mati rasa atau perubahan penglihatan. Adanya penurunan ini bisa berasal dari pembuluh darah yang pecah, stroke, cedera kepala, atau melemahnya struktur dinding pembuluh darah seperti yang dapat terjadi dengan aneurisma.

Apakah ini selalu berbahaya? bisa jadi. Untuk itu kamu harus perhatikan gejalanya dan mulai mempertimbangkan buat ke dokter.

2 dari 3 halaman

Apa Penyebab Kepala Sering Pusing?

Penyebab Kepala Sering PusingPenyebab Kepala Sering Pusing © 2020 shutterstock.com/metamorworks

Boleh jadi penyebab kepala sering pusing karena hal yang remeh seperti kurang minum, telat makan, hingga kondisi medis serius yang mengancam jiwa.

Anemia Defisiensi Besi

Selain lemah, letih dan lesu, anemia juga akan menyebabkan pusing pada penderitanya. Orang yang menderitanya anemia ini berarti tubuhnya kekurangan sel darah merah yang bertuga untuk mengangkutr oksigen ke sleuruh tubuh. Otak jadi jadi kekurangan suplai yang akhirnya memunculkan gejala pusing.

Vertigo

Kalau kamu seirng merasa kepalamu berputar dan ruangan bergerak di sekeliling kamu, kemungkinan penyebab kepala sering pusing itu adalah karena vertigo.

Penyakit Meniere

Penyakit ini menyebabkan vertigo intens yang bisa berlangsung selama berjam-jam. Penderita juga mungkin merasakan sesak atau tertekan di satu telinga, diiringi dengan telinga berdengung, gangguan pendengaran, mual dan kecemasan.

Infeksi

Adanya radang pada saraf di telinga juga bisa jadi penyebab pusing lho. Ini disebut dengan neuritis vestibular atau labirinitis, dan ini disebabkan oleh infeksi virus mapun bakteri.

Dalam hal ini, pusing biasanya terjadi secara tiba-tiba lalu mungkin disertai dengan telinga berdenging dan sulit mendengar.

Dehidrasi

Kadar cairan dalam tubuh sebanranya juga dibutuhkan untuk suplai oksigen ke dalam otak. Makanya, bisa saja kondisi dehidrasimu jadi penyebab kepala sering pusing yang kamu alami.

Rendahnya Kadar Gula Dalam Darah

Pada penderita diabetes, penting banget untuk mengecek kadar gula dalam darahnya. Bukan agar tak melebihi ambang batas atas, namun juga biar nggak turun hingga batas batah. Kadar gula darah yang terlalu rendah bisa menyebabkan pusing, lapar, gemetar, dan kebingungan.

Selain itu juga orang yang sedang lapar bisa mengalami pusing karena kadar gula dalam darahnya menurun.

Vestibular Migrain

Ini adalah penyebab pusing yang datang dan pergi dan menjadi gejala yang utama pada vistibula migrain. Vestibular mengacu pada telinga bagian dalam yang mengontrol pendengaran dan keseimbangan.

Kenapa vestibular migrain ini bisa terjadi, itu yang masih belum diketahui. Ada banyak teori mengenai ini, dan salah satunya yakni ada misfire antara sel-sel saraf di otak.

Konsumsi Obat-Obatan

Beberapa obat mencantumkan pusing sebagai salah satu efek samping konsumsinya, antara lain:

  • Antibiotik
  • Antidepresan
  • Obat anti-kejang
  • Obat tekanan darah
  • Sedatif

Masalah Peredaran Darah

Adanya masalah pada sistem pendengaran bisa jadi penyebab kepala sering pusing. Contohnya nih, otak membutuhan suplai darah yang kaya akan oksigen. Kalau ini terganggu, maka seseorang bisa pusing hingga pingsan.

Gangguan pada aliran darah bisa karena penggumpalan darah, penyumbatan arteri, gagal jantung, atau detak jantung nggak tidak teratur. Bagi mereka yang sudah tua, berdiri tiba-tiba bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang tajam.

Masalah Sistem Saraf

Salah satunya yakni neuopati perifer, yakni gangguan pada saraf di luar otak dan saraf tulang belakang. Ada beberapa penyebabnya, yaitu:

  • Diabetes
  • Cedera atau tekanan pada saraf akibat jatuh
  • Kekurangan vitamin B1,
  • Penyakit autoimun, dan lainnya

3 dari 3 halaman

Penyebab Kepala Sering Pusing dan Mual

Penyebab Kepala Sering PusingPenyebab Kepala Sering Pusing © 2020 shutterstock.com/Krakenimages.com

Penyebab kepala sering pusing dan mual bisa dikaitkan dengan beberapa hal seperti vertiga, migrain, hingga tekanan darah rendah. Meski nggak serius dan kadang hilang dengan sendirinya, jangan ragu untuk datang ke dokter bila gejalanya berlarut-larut ya!

Lebih lanjut, penyebab kepala sering pusing dan juga mual kemungkinan karena hal-hal berikut:

Mabuk Kendaraan

Apakah kamu salah satu yang sering merasakan kepala pusing dan juga mual tiap kali naik kendaraan? Nah, mungkin kamu mabuk perjalanan nih.

Penyebab kepala sering pusing dan disertai dengan mual dalam kondisi ini karena ada perbedaan antara apa yang kamu lihat, dan bagaimana tubuh merasakan gerakan. Kamu melihat bahwa pemandangan di sekitarmu bergerak, tapi badanmu tidak merasakan gerakan.

Serangan jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah terblokade. Dan kekurangan darah yang kaya akan oksigen ini akan merusak otot jantung, dengan gejala pusing hingga mual.

Alkohol

Alkohol bisa jadi adalah penyebab kepala sering pusing karena bisa mempengaruhi darah, lalu mengubah keseimbangan cairan di telinga bagian dalam. Sedangkan mual muncul karena alkohol juga bsia mengiritasi perut.

Hamil

Mual dan pusing saat hamil biasa disebut dengan morning sickness. Penyebab keduanya kemungkinan karena adanya perubahan hormon.

Tumor Otak

Kamu mungkin berpikir kalau penyebab kepala sering pusing dan juga mual kemungkinan karena penyakit yang serius, seperti tumor otak misalnya.

Ini mungkin saja terjadi, meski tak sellau demikian. Pusing hingga mual juga mengindikasikan adanya tumor yang lain.

Tumor bisa jadi penyebab pusing bisa berkembang di otak kecil, yakni bagian otak yang mengontrol gerakan.Pusing hingga mual juga mengindikasikan adanya tumor yang lain.

Tumor bisa jadi penyebab kepala sering pusing berkembang di otak kecil, yakni bagian otak yang mengontrol gerakan.

Penyebab kepala sering pusing di atas bisa kamu gunakan untuk mengobati dan menghindarinya di lain kali. Tapi bila tak berhasil, segera konsultasikan dengan dokter ya!

Beri Komentar