14 Manfaat Anggur Merah dan Hitam untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Mood dan Mengurangi Kolesterol

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 11 Januari 2021 17:36
14 Manfaat Anggur Merah dan Hitam untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Mood dan Mengurangi Kolesterol
Manfaat anggur untuk kesehatan utamanya didukung oleh kandungan antioksidannya yakni resveratrol.

Buah nggur pertama kali dibudidayakan sejak 8 ribu tahun yang lalu di Timur Tengah. Dan kini, ada kurnaglebih 72 juta ton anggur yangditanam di eluruh dunia di mana sebagian besarnya digunakan untuk produksi minuman anggur.

Harganya memang mahal sehingga dianggap sebagai buah yang sangat komersial. Meski begitu, harganya setara dengan manfaat anggur karena kandungan senyawa yang dimilikinya. Nutris tersebut menawarkan berbagai manfaat kesehatan seperti misalnya pencegahan kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi hingga sembelit.

Lebih lanjut mengenai manfaat anggur yuk simak dalam ulasan berikut ini:

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Anggur

Manfaat AnggurManfaat Anggur © 2021 pixabay.com

Melansir Healthline dan Medical News Today, berikut manfaat anggur untuk kesehatan

Baik untuk Kesehatan Jantung

Polifenol dalam anggur, seperti resveratrol, dianggap memiliki fungsi antioksidan, penurun lipid, dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Manfaat buah anggur ini terjadi karena polifenol tersebut mencegah penumpukan trombosit, mengurangi tekanan darah dan risiko irama jantung yang tidak teratur.

Menurunkan Tekanan Darah

Di dalam buah anggur terdapat kandungan tinggi kalium yang membantu mengurangi efek negatif dari terlalu banyak natrium dalam makanan. Ini didukung pula dnegan hasil penelitian yang disebutkan bahwa ada sesuatu di dalam anggur itu sendiri memiliki dampak langsung pada risiko kardiovaskular, di luar dampak sederhana penurun tekanan darah yang berasal dari pola makan yang kaya buah dan sayuran.

Mengurangi Gejala Alergi

Kandungan quercetin yang bsia bersifat sebagai anti-inflamasi konon bisa menjadikan manfaat anggur sebagai peringan gejala alergi, termasuk pilek, mata berair, dan gatal - gatal. Sayangnya belum ada penelitian yang bener-bener membuktikan gimana bila diaplikasikan kepada manusia.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat anggur lainnya yakni bisa menjaga kesehatan mata. Ini terjadi karena kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dianggap dapat menetralkan radikal bebas. Penetralan ini bisa mengurangi stres oksidatif dan kerusakan retina, serta membantu mencegah katarak dan kondisi lainnya.

Mengurangi Jerawat

Hasil penelitian in vitro yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy mengklaim bahwa resveratrol dalam buah anggur dapat membantu mengobati jerawat, terutama jika digunakan dengan benzoyl peroxide sebagai pengobatan topikal.

Mengurangi Neuropati Diabetik

Neuropati diabetik merupakan komplikasi diabetes yang mengakibatkan kerusakan sistem saraf. Penyakit ini adalah penyakit progresif yang gejalanya semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Nah, beberapa penelitian nunjukin manfaat anggur karena kandungan resveratrol yang dapat melindungi dari penyakit tersebut. Para ilmuwan percaya kalau ini terjadi karena senyawa ini bsia menjadi pelindung saraf.

Anti-Kanker

Resveratrol, salah satu antioksidan yang kuat dan ditemuakn di kulit anggur merah. Senyawa ini disebut mampu memperlambat atau mencegah pertumbuhan tumor pada getah bening, hati, perut, payudara, usus besar, kanker kulit, dan leukemia.

Manfaat anggur sebagai penurun risiko kanker ini juga didpatkan dari kandungan quercetin flavonoid sebagai anti-inflamasi alaminya lho.

Mengurangi Risiko Diabetes

Konsumsi anggur dan buah-buahan lain sangat disarankan dalam rangka mengurangi konsumsi gula dan mengurangi risiko penyakit diabetes. Bukan tentang manfaat anggur secara langsung dalam menekan penyakit ini ya, melainkan vitamin mineral, dan serat dalam anggur menjadikannya cara yang sehat untuk memuaskan keinginan akan rasa manis.

Membantu Mengurangi Kolesterol

Senyawa yang ditemukan dalam anggur dapat menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi penyerapannya dalam tubuh. Dari hasil penelitian, manfaat anggur ini didapatkan ketika mengkonsumsi 500 gram anggur merah sehari selama delapan minggu. Tapi perlu diingat kalau ini hanya terjadi pada anggur merah, bukannya anggur putih lho ya!

2 dari 3 halaman

Manfaat AnggurManfaat Anggur © 2021 Dang Cong on Unsplash

Meningkatkan Daya Ingat, Fokus dan juga Mood

Dari banyaknya penelitian membutikan manfaat anggur sebagai peningkatan kecepatan ketrampilan karena ingatan dan mood. Trus konsumsi 250 mg suplemen anggur per hari yang secara signifikan bisa meningkatkan niali dalam rangkaian tes kognitif tentang ingatan, dan bahasa.

Nutrisi untuk Kesehatan Tulang

Dalam buah anggur terdapat banyak mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan dan vitamin K. Manfaat anggur pada tikus juga telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan tulang, meski sayangnya hasil ini belum terkonfirmasi pada manusia.

Meredakan Sembelit

Anggur memiliki kandungan air dan serat yang membuat seseorang jadi tetap terhidrasi, menjaga BAB agar tetap teratur trus mengurangi risiko sembelit. Meski begitu jumlah serat pada bauh anggur ini masih kurang banyak dibandingkan dengan buah yang lain.

Melindungi Bakteri, Virus dan Infeksi Jamur

Anggur adalah sumber vitamin C yang baik, yang terkenal karena dampak menguntungkannya pada sistem kekebalan tubuh. Sementara itu ekstrak kulit anggur juga udah terbukti mampu melindungi terhadap virus flu dalam penelitian tabung reaksi, pun juga udah terbukti mampu menghentikan penyebaran virus herpes, cacar air dan infeksi jamur dalam penelitian tabung reaksi.

Namun perlu diingat bahwa manfaat anggur ini diketahui dari ekstrak senyawanya, bukannya buah anggur secara keseluruhan.

Rasanya Enak

Ragam manfaat anggur ini makin mudah dinikmati karena rasanya yang enak. Anggur umumnya dikonsumsi secara langsung ataupun dibikin jus, Tapi ingat ya, pengolahan dnegan jus bisa bikin peningkatan jumlah kalori.

Anggur bisa dinikmati dengan cara lain seperti salad, gunakan sebagai bahan smoothies, dan minum jus anggur tanpa tambahan gula.

3 dari 3 halaman

Beda Manfaat Anggur Merah dan Hitam

Manfaat AnggurManfaat Anggur © 2021 Dang Cong on Unsplash

Mungkin kamu bertanya-tanya apakah yang membedakan antara anggur merah dan anggur hitam? Dikutip dari Live Strong, 150 gram anggur merah mengandung 104 kalori, lebih tinggi ketimbang anggur hitam yang punya 60 kalori. Selain itu ada juga perbedaan total gula, zat besi, serat dan yang lainya. Namun yang paling signifikan adalah keberadaan vitamin A pada anggur hitam yang nggak ditemukan pada anggur merah sama sekali.

Beri Komentar