13 Penyebab Telat Datang Bulan 1 Minggu dan 2 Bulan, Nggak Selalu Karena Hamil kok!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 20 Januari 2021 11:00
13 Penyebab Telat Datang Bulan 1 Minggu dan 2 Bulan, Nggak Selalu Karena Hamil kok!
Penyebab telatd atang bulan selalu dikaitkan dengan kehamilan. Padahal bisa karena stres, atau bahkan jetlag lho!

Penyebab telat datang bulan bisa beragam nggak cuman karena kehamilan doang kok. Meskipun kehamilan tersebut patut kamu waspadai terlebih bila kamu aktif secara seksual tanpa menggunakan pengaman, tapi masih ada banyak penyebab lainnya.

Menurut waktunya, sebenarnya ada dua masa di mana terlambat datang bulan adalah hal yang normal, yakni ketika baru pertama datang bulan dan saat mendekati menopause. Ini karena ssaat tubuh sedang berada di fase transisi, siklus yang seharusnya normal jadi nggak teratur.

1 dari 4 halaman

Penyebab Telat Datang Bulan

Penyebab Telat Datang Bulan © Diadona

Kebanyakan nih siklus datang bulan wanita berada di sekitar 28 hari. Tapi sikuls datang bulan yang sehat bisa berkisar dari 21 sampai dengan 35 hari. Kalau datang bulan kamu lebih dari kisaran waktu berikut ini, mungkin karena penyebab telat datang bulan berikut ini:

Stres

Bisa dibilang ini adalah penyebab telat datang bulan paling umu. Sering mengalami kan ketika kamu stres maka siklus datang bulan kamu mengalami perubahan?

Stres dapat menghilangkan hormon, mengubah rutinitas harian, dan bahkan memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur datang bulan.

Berat Badan Kurang

Dengan berat badan 10 persen di bawah kisaran normal untuk tinggi badan yang kamu miliki, ini bisa jadi penyebab telat datang bulan karena terdapat perubahan cara fungsi tubuh yang membuat ovulasi terhenti. Cara yang paling mudah untuk menghentikan ini terjadi yaitu dengan menambah berat badan kamu.

Obsesitas

Sama halnya dengan berat badan yang kurang, kelebihan berat badan pun bsia jadi penyebab telat datang bulan lho. Berat badan berlebih bisa menyebabkan perubahan hormonal yang lagi-lagi mempengaruhi gimana tubuh kamu datang bulan.

Olahraga Berat

Olahraga ekstrim dapat menyebabkan perubahan pada hormon hipofisis dan hormon tiroid, yang mengakibatkan perubahan ovulasi dan datang bulan. Tapi olahraga berat yang jadi penyebab telat datang bulan ini bukan olahraga yang kamu lakukan satu atau dua jam per hari ya, melainkan olahraga berat selama berjam-jam setiap hari.

2 dari 4 halaman

Penyebab Telat Datang Bulan © Diadona

KB

Penyebab telat datang bulan bisa juga karena baru memakai kontrasepsi atau baru melepasnya. Fyi nih, pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah ovarium melepaskan sel telur, sehingga akan mempengaruhi datang bulan. Siklus mentruasi yang nromal baru akan kembali setelah kira-kira 6 bulan.

Penyakit Kronis

Ada beberapa penyakit kronis yang mungkin bisa jadi penyebab telat datang bulan, misalnya diabetes atau penyakit celiac. Ini karena perubahan gula darah akan berpengaruh juga pada perubahan hormonal. Dan meskipun ini jarang terjadi, hal ini juga akan mempengaruhi perubahan hormon.

Sedangkan penyakit celiac yang menyebabkan peradangan atau kerusakan pada usus kecil juga membuat tubuh tak dapat menyerap nutrisi penting. Ini juga bisa jadi penyebab telat datang bulan.

Masalah Tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh dan secara langsung mempengaruhi keberadaan hormon. Saat tiroid kurang atau terlalu aktif, maka hormon pun jadi terpengaruh. Nah, inilah yang kemudian jadi penyebab telat datang bulan.

Menyusui

Melansir dari Very Well Health, menyusui bisa jadi penyebab telat datang bulan atau bahkan nggak datang bulan sama sekali. Terutama jika menyusui bikin seorang ibu memberikan hampir seluruh asupan kalori yang dimilikinya.

Menopause Dini

Umumnya seorang wanita mengalami menopause di umur 45 sampai 55 tahun. Tap ada juga nih wanita yang mengalami gejala menopause ini di umur 40 tahun, yang ditandai dengan datang bulan yang nggak teratur.

Kenapa ini terjadi? Yaitu karena mulai berkurangnya suplai sel telur yang jadi penyebab telat datang bulan, sampai akhirnya wanita tersebut benar-benar nggak datang bulan lagi.

Baru Mulai Haid

Kayak yang udah Diadona jelasin kalau siklus normal haid berada di angka 21 sampai 35 hari. Tapi ini berlaku untuk wanita normal yang udah datang bulan sejak lama, dan beda untuk wanita muda yang baru aja mulai datang bulan atau datang bulan lagi setelah beberapa tahun nggak datang bulan.

Sindrom Polikistik Ovarium

Yakni kondisi gangguan hormon pada wanita yang umumnya terjaid di masa subur. Mereka yang terkena PCOS ini punya kadar hormon maskulin, atau androgen yang lebih tinggi sehingga bikin keseimbangan hormon terganggu. Akibatnya, terjadi masalah telat datang bulan sampai masalah kesuburan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Telat Datang Bulan selama 2 Bulan

Penyebab Telat Datang Bulan © Diadona

Haid yang terlambat atau nggak haid sebanyak 1 atau 2 kali dalam setahun sebenarnya masih bisa dianggap normal. Tapi kalau kamu terlambat haid selam lebih dari dua bulan berturut-turut padahal siklus haidmu sebelumnya normal-normal aja, nah, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter ya!

4 dari 4 halaman

Penyebab Telat Datang Bulan 1 Minggu

Penyebab Telat Datang Bulan © Diadona

Telat datang bulan satu minggu dari jadwal seharusnya dan kmu mulai panik? Tenang, siapa tahu penyebab telat datang bulan kamu karena hal-hal berikut ini:

Pergantian Shift Kerja

Sering berganti shift kerja terutama kalau jadwalnya nggak teratur tentu bisa bikin haid kamu nggak teratur, bisa lebih awal atau juga lebih lambat. selain itu, jet lag juga bikin haid kamu mundur atau maju beberapa hari.

Pengobatan

Penyebab telat datang bulan juga bisa karena konsumsi obat tertentu misalnya antidepresan, antipsikotik, obat tiroid, antikonvulsan, dan beberapa obat kemoterapi.

Penyebab telat datang bulan yang udah Diadona share barusan terlihat tak mengkhawatirkan, kecuali pada beberapa bagian seperti munculnya sindrom PCOS dan keberaaan penyakit kronis. Namun bukan berarti kamu boleh mengacuhkannya terutama bila kamu merasakan beberapa gejala berikut:

  • Sakit kepala
  • Pandangan berubah
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Rambut rontok
  • Pertumbuhan rambut yang berlebih
  • Pendarahan yang berlangsung selama lebih dari tujuh hari
  • Pendarahan setelah menopause trus nggak haid lagis elama lebih dari setahun.

Semoga penyeba telatd atang bulan yang kamu alami sekarang ini karena hal-hal yang nggak bikin kamu khawatir ya!

 

Beri Komentar