13 Penyebab Sakit Mata Merah pada Anak dan Sakit Kepala yang Menjalar ke Mata

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 25 Agustus 2020 21:46
13 Penyebab Sakit Mata Merah pada Anak dan Sakit Kepala yang Menjalar ke Mata
Muali dari infeksi bakteri hingga jenis pusing tertentu, ini penyebab sakit mata yang mungkin terjadi

Secara umum nih jarang banget penyebab sakit mata adalah karena gejala dan kondisi yang serius. Paling sering, sakit mata biasa hilang tanpa perawatan atau obat-obatan.

Kalau yang sering kita tahu, istilah sakit mata merujuk pada kondisi mata merah. Padahal ada beragam kondisi ketidak nyamanan pada mata yang terjadi pada permukaan atau dalam mata.

Kalau sakit mata berada di permukaan mata, biasanya sih bakalan terasa seperti tergaruk, terbakar,atau gatal. Penyebab sakit mata ini biasanya karena iritasi benda asing. Sementara kalai sakitnya terasa ada di bagian dalam, mungkin bakalan terasa kayak sakit, berpasir, menusuk atau berdenyut.

1 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Mata Merah

Penyebab Sakit Mata © Diadona

Sakit mata merah dalam istilah medis disebut dengan konjungtivitas. Konjungtiva sendiri adalah jaringan tipis bening yang terletak di bagian putih mata dan melapisi bagian dalam kelopak mata. Nah,konjungtivitas adalah infeksi atau peradangan pada konjungtiva.

Anak-anak gampang banget terkena ini karena penyebab sakit mata yang bisa menyebar dengan cepat. Nggak perlu khawatir dengan penglihatan kamu karena biasanya bisa sembuh dan diobati segera.

Penyebab sakit mata merah ini antara lain:

Virus

Ini adalah penyebab sakit mata merah yang paling umum dan yang paling menular. Mata merah cenderung cuman dimulai pada satu mata aja, ditambah dengan keluarnya air mata dan cairan yang encer. Dalam beberapa hari, mat yang satunya akhirnya ketularan juga.

Infeksi virus penyebab sakit mata ini juga mungkin mengakibatkan oembengkakakn kelenjar getah bening di depan telinga atau di bawah tulang rahang.

Sebagian besar virus penyeba sakit mata ini yakni golongan adenovirus tetapi juga bisa disebabkan oleh virus herpes simplex, virus varicella-zoster, dan berbagai virus lainnya, termasuk virus penyebab penyakit coronavirus 2019 (COVID-19).

Bakteri

biasanya menginfeksi salah satu mata meski juga bsia muncul pada keduanya. Penyebab sakit mata berupa bakteri biasanya ditandai dnegan gejala berupa nanah dan lendir.

Iritasi

Misalnya iritasi akibat percikan benda kimia atau beda asing ke mata. penyebab sakit mata merah ini karena sistem mata bakalan melakukan pembersihan untuk menghilangkan bahan kimia tersebut.

Reaksi Alergi

Gejalanya bisa terlihat dari gatal dan kemerahan di kedua mata. Penderita juga mungkin mengalami hidung meler dan gatal. Ini terjadi sebagai respon terhadap zat penyebab alergi, misalnya serbuk sari.

Dalam menanggapi alergi, tubuh menghasilkan antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE). Antibodi ini memicu sel-sel khusus yang disebut sel mast di lapisan mukosa mata dan saluran udara untuk melepaskan zat peradangan, termasuk histamin. Nah, pelepasan histamin ini bisa menghasilkan sejumalh tanda dan gejalam termasuk mata merah.

Penyakit Menular Seksual

Meski langka sekali terjadi, ternyata penyeba mata merah juga bisa karena penyakit menular seksual gonore. Ini bisa menyebabkan konjungtivitis baketri yang langka namun nggak berbahaya.

Selain itu, jamur klamidia juga bisa jadi penyebab sakit mata pada orang dewasa. Bila penyakit menular seksual ini terjadi pada ibu hamil, ibu tersebut bisa menularkan sakit mata ke bayi yang dilahirkan.

2 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sampai ke Mata

Penyebab Sakit Mata © Diadona

Kalau kamu merasakan sakit di belakang mata, sebenarnya itu bukan karena sakit mata ya, melainkan sakit kepala tertentu. Antara lain:

Migrain

Sakit kepala ini sering dimulai dengan nyeri di sekitar mata dan pelipis trus menyebar ke bagian belakang kepala.

Sakit Kepala Tegang

Ini adaah jenis sakit kepala yang paling umum, menyebabkan nyeri tumpul di kedua sisi, dan kepala depan. Ditambah juga mungkin ada rasa sakit di bagian belakang mata. Bahu dan leher juga sangat mungkin terasa sakit.

Sakit Kepala Cluster

Ini adalah penyebab sakit mata luar biasa, yang biasanya muncul hanya pada satu sisi saja. Kadang sakit kepala ini berlangsung setiap hari selama berminggu-minggu, trus hilang selama satu tahun lalu kembali lagi.

Sakit Kepala Karena Sinus

Infeksi sinus dapat menyebabkan sakit kepala di sekitar mata, hidung, dahi, pipi, dan gigi atas. Nah, di sinilah letak sinus yang meradang itu. Gejala yang muncul juga biasanya berupa demam, hidung tersumbat dan ingus yang mengental.

Mata Tegang

Penyebab sakit mata ini yakni ketika kamu bekerja terlalu keras, misalnya nih menatap layar komputer atau mengemudi terlalu lama.

3 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Mata pada Anak

Penyebab Sakit Mata © Diadona

Dikutip dari Pediatic Eye Associates, kadang orang tua langsung panik dan mengecek keberadaan benda asing begitu tahu anak mengeluhkan sakit pada mata. Kadang memang penyebab sakit mata bisa karena benda asing yang masuk ke mata, meski juga bisa karena infeksi.

Yuk kenali sumber penyebab sakit mata pada anak:

Benda Asing di Mata

Bisa berupa seranggaatau benda lain yang lebih keras. Meskipun mata ecar aalami bakalan mengeluarkan air mata untuk menyingkirkan benda asing, tap ada kemungkinan benda itu tetep ada di sana.

Jangan coba mengeluarkan sendiri benda penyebab sakit mata itu ya karena ada kemungkinan justru bakalan merusak kornea mata.

Memar

Kalau anak baru aja jatuh dalam terteliungkup atau menambak sesuatu terutama di sekitar hidung, mungkin saja ada memar di sekitar mata yang jadi penyebab sakit mata.

Bintitan

Yakni benjolan merah kecil yang muncul di kelopak mata dan merupakan hasil dari infeksi bakteri. Memang sih ngak menyebabkan maslaah kesehatan, tapi anak-anak sangat mungkin menyentuh bagian tersebut.

Ini berbahaya karena bisa dengan mudah menular.

Meski penyebab sakit mata biasanya hilang dengan sendirinya, jangan ragu untuk datang ke dokter bila gejala tak kunjung usai, memburuk, dan disertai dengan kondisi medis lainnya ya!

Beri Komentar