13 Penyebab Asma Kambuh pada Anak-Anak yang Harus Diwaspadai

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 18 Juli 2020 14:51
13 Penyebab Asma Kambuh pada Anak-Anak yang Harus Diwaspadai
Penyebab asma sangat beragam dan stress jadi salah satunya

Sebenarnya nih nggak ada yang tahu apa sih penyebab asma. Saat asma kambuh, pemicunya bisa berbeda-beda pada setiap orang. 

Pada sebagian mereka, asma adalah gangguan ringan. Sementara bagi yang lain bisa jadi masalah besar yang mengganggu kesehatan sehari-hari dan menimbulkan serangan yang mengancam jiwa.

Dikutip dari Mayo Clinic, asma nggak bisa disembuhkan tapi gejalanya bisa dikendalikan. Karena asma sering berubah dari waktu ke waktu, maka penting banget untuk berkonsulati dnegan dokter mengenai gejala, perawatan dan menghindari penyebab asma muncul kembali.

Kalau salah satu orang terdekat kamu mendrita asma, penting banget untuk tahu pemicu atau penyebab asma jadi kambuh untuk menghindarinya.

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Asma

Penyebab Asma © Diadona

Para ahli masih belum tahu nih apa sih penyebab asma atau mengapa seseorang bisa terkena asma. Hanya saja saat seseorang penderita penyakit ini, saluran udara dalam tubuh mereka jadi gampang bereaksi pada hal-hal di sekitar mereka, sementara orang lain tidak. 

Saat seseorang terkena asma, saluran udara menjadi sempit dan sulit bernapas. Ini terjadi karena kejang otot di sekitar saluran udara, peradangan dan pembengkakan pada selaput mukosa, atau keberadaan lendir di lokasi tersebut. Dan penderita bakalan merasakan sesak, batuk atau mengi saat tubuh mencoba mengeluarkan lendir tersebut.

Dalam artikel Diadona kali ini bakaln berfokus pada hal apa aja sih yang memicu kambuhnya asma pada penderita.

2 dari 3 halaman

Penyebab Asma Kambuh

Penyebab Asma © Diadona

Penyebab asma kambuh bisa karena beberapa hal berikut, diantaranya:

Alergi

Ada hubungan yang erat antara alergi dengan asma. Melansir Web MD, sebanyak 90 persen penderita asma punya alergi terhadap kandungan yang ada di udara, misalnya debu, jamur, bulu binatang, atau kotoran.

Makanan

Alergi makanan dapat menyebabkan reaksi ringan hingga berat yang mengancam jiwa. Saat keracunan makanan, seseorang akan mengalami gejala seprti demma, gatal dan juga asma. Bila asma sudah muncul, itu berati tanda kalau tubuh sudah mengalami reaksi parah yang mengancam jiwa.

Makanan apa saja yang bisa jadi penyebab asma? Diantaranya ikan, udang, ayam, telur, dan lainnya.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat dikaitkan sebagai salah satu penyebab asma muncul. Kalau seorang penderita asma merokok, batuk dan mengi yang dirasakan bakalan lebih buruk. Jadi nggak adal pilihan lain untuk kamu yang emnderita asma: berhentilah merokok!

Sinusitis

Asma menyebabkan peradangan pada lapisan saluran udara begitu juga dengan sinusitis.

Untuk pendeita asma yang punya sinus meradang, segera lakukan pengobatan pada sinus untuk meredakan gejala asma.

Infeksi Pernapasan

Pilek, flu, bronkitis dan sinus menjadi penyebab asma kambuh. Infeksi yang memicu asma ini bisa berupa virus atau bakteri. Secara umum, inia dalah penyebab asma bagi anak-anak berumur kurang dari 10 tahun.

Olahraga

Pada sebagian orang, kegiatan olahraga membuat saluran udara jadi menyempit. Kegiatan ini sering jadi penyebab asma dengan gejala sesak dada, batuk, dan sulit bernapas selama 5 samapi 15 menit.

Untuk kebanyakan orang, gejalanya bakalan hilang dalam 30 sampai 60 menit olahraga berikutnya. Apakah itu berarti orang dengan asma jadi nggak bisa olahraga? Tentu tidak. Cobalah dengan melakukan pemanasan sebelum mulai aktivitas tersebut.

Maag Parah

Asma dan mulas sering berjalan beriringan. Sekitar 89 persem orang dengan penyakit asma punya sakit maag parah. Asma kambuh biasanya terjadi di malam hari saat penderita berbaring.

Kenapa demikian?

Katup biasanya mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Saat kamu memiliki maag, katup nggak berfungsi sebagai maan mestinya. Asma lambung bakalan naik ke kerongkongan, mencapai tenggorokan, saluran udara, menyebabkan iritasi dan jadi penyebab asma.

Konsumsi Obat Tertentu

Banyak obat yang memiliki efek samping bisa jadi penyebab asma kambuh. Antara lain beta-blocker, yang biasanya digunakan untuk masalah tekanan darah tinggi, openyakit jantung dan sakit kepala. Ada pula obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan naproxen yang memicu kambuhnya gejala asma pada beberapa orang.

3 dari 3 halaman

Penyebab Asma pada Anak

Penyebab Asma © Diadona

Asma pada anak-anaka adalah penyakit paru-paru yang sama dengan orang dewasa, hanya saja punya gejala yang berbeda. Dokter menyebutnya dengan asma pediatrik.

Kalau anak menderita asma, paru - paru dan saluran udara mereka dapat dengan mudah meradang ketika mereka pilek atau berada di sekitar hal-hal seperti serbuk sari. Gejalanya bisa menyulitkan mereka buat melakukan aktivitas sehari-hari, dan bakan mungkin membuat mereka dilarikan ke rumah sakit.

Pemicu asma pada anak bisa meliputi:

Infeksi Saluran Napas

Seperti pilek, radang paru-paru, atau infeksi sinus

Alergen

anak mungkin aergi terhadap hal-hal seperti kecoak, tungau debu, jamur, atau bulu hewan peliharaan.

Iritasi

Polusi udara, bahan kimia, atau udara dingin bisa mengganggu saluran udara anak.

Stres

Bisa memunculkan dan memperburuk gejala asma pada anak.

Gejala-gejalanya mungkin menyulitkan anak Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau tidur .

Teori tentang Kebersihan

Ini memang masih sebatas teori, tapi ada kemungkinan bahwa kebersihan jadi salah satu faktor penyebab asma. ketika bayi tidak terpapar cukup banyak bakteri dalam bulan-bulan dan tahun-tahun awal mereka, sistem kekebalan mereka nggak jadi cukup kuat untuk melawan asma dan kondisi alergi lainnya.

Penyebab asma kambuh bervariasi tiap orang, dan sudah harus dipaham oleh penderita sendiri untuk mengurangi kekambuhannya di waktu yang akan datang.

Beri Komentar