Makin Menyebar, Kemenkes RI Siap Hadapi Virus Corona

Reporter : Mila
Jumat, 24 Januari 2020 10:10
Makin Menyebar, Kemenkes RI Siap Hadapi Virus Corona
Kemenkes siapkan sejumlah alat yang diburuhkan untuk hadapi virus corona.

Kian menyebarnya virus corona, menjadi ancaman tersendiri untuk beberapa negara, termasuk Indonesia. Melansir CNN (23/1). Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan sudah siap menghadapi virus corona penyebab pneumonia di Wuhan, China.

1 dari 2 halaman

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes, Vensya Sitohang, mengatakan bahwa Kemenkes sudah menyiapkan semua yang dibutuhkan daerah, kabupaten dan kota untuk mengantisipasi masuknya wabah ini ke Indonesia.

" Disiagakan seperti apa? SDM dilatih, jadwal jaga ada, simulasi ulang bagaimana saat ada kasus, update SOP pas ada kasus. Kami pun mengumpulkan data apakah faskes perlu menambah alat atau enggak," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Sementara itu, Kepala KKP Kelas 1 Bandara Soekarno - Hatta, Anas Ma'ruf, sudah meningkatkan penjagaan di 19 pintu masuk negara yang melayani rute langsung dari China. Pihak KKP juga telah menyiapkan sejumlah perlengkapan seperti 12ribu lebih masker N95, 35ribu health alert card, dan 860 alat pelindung diri (APD).

" Ini terutama untuk staf yang berhadapan langsung dengan penumpang di kedatangan. Kami menganjurkan mereka pakai masker. APD dikenakan kalau sudah ada yang suspect," pungkas Anas.

Beri Komentar