12 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Berkepanjangan dan Terus-Terusan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 17 Juli 2020 17:00
12 Penyebab Sakit Gigi Berlubang, Berkepanjangan dan Terus-Terusan
Penyebab sakit gigi yang segera diketahui bikin kamu nggak perlu berlama-lama menderita!

Penyebab sakit gigi paling banyak muncul karena lubang pada gigi. Tapi kalau ternyata gigi keliatan baik-baik saja, gimana?

Dikutip dari Web MD, penyebab sakit gigi yakni karena adanya peradangan pada bagian tengah gigi yang disebut dengan pulpa. Pulpa mengandung ujung saraf yang sangat sensitif terhadap rasa sakit.

Pulpa meradang karena gigi berlubang, ruam dan juga infeksi. Selain itu rasa sakit pada rahang juga bikin kamu merasakan sakit pada gigi. Dan semuanya kadang nggak terlihat dengan mata kita. Bahkan gigi berlubang yang masih sangat kecil aja bisa nggak keliatan kan?

Sebenarnya sebagian besar masalah gigi bisa dicegah dengan flossing, atau menyikat gigi secara tertur dengan pasta gigi berfluoride. Serta jangan lupa buat membersihkan gigi ke dokter gigi paling tidak enam bulan sekali.

Balik lagi ke pembahasan yuk, kira-kira apa saja ya penyebab sakit gigi?

1 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Gigi Berlubang

Penyebab Sakit Gigi © Diadona

Apakah kamu adalah salah satu diantara mereka yang punya gigi berlubang yang sering jadi penyebabs akit gigi? Sama lah kita..

Lubang pada gigi adalah ahsiol dari kerusakan gigi. Kerusakan ini mempengaruhi lapisan luar yang disbeut dengan enamel dan lapisan dalam yang disebut dengan dentin.

Apa yang jadi penyebab gigi berlubang?

Makanan

Saat makanan dengan karbohidrat seperti roti, nasi, sereal, susu, buah, roti dan permen tetap tertinggal di gigi, maka bakteri di mulut bakalan mengubahnya menjadi asam. Nah, bakteri, asam, sisa makanan dan air liur ini bakalan bergabung membentuk plak, yang melekat pada gigi. Asam pada plak kemudian bakalan melarutkan email gigi trus mencibtakan lubang pada gigi.

Tidak Rajin Menggosok Gigi

Tentu saja makanan tersebut nggak bakalan bersisa di rongga mulut kalau kamu rajin menggosok gigi setelah makan, bukan? Eh tapi tunggu dulu. Kasih jeda waktu sekitar 15 menit setelah makan sebelum menggososk gigi. Ini agar air liur bisa membantu proses pencernaan makanan.

Terlebih kalau kamu habis konsumsi makanan atau minuman dengan pH asam, maka jangan langsung menggosok gigi. Hal ini malah justru mempercepat kerusakan gigi, salah satu penyebab sakit gigi.

Tidak Menggosok Gigi dengan Benar

Tidak menggosok gigi dnegan benar bakalan tetap meninggalkan sisa makanan pada gigi. Gunakan juga pasta gigi yang mengandung flouride.

Tidak Merawat Tambalan Gigi

Gigi yang berlubang sering diatasi dengan tambalan. Sayangnya saat tambalan ini nggak dirawat, tambalan ini bsia melemahkan gigi dan merusak gigi asli. Ini karena bakteri berkumpul di sana dan menyebabkan pembusukan.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Sakit Gigi?

Penyebab Sakit Gigi © Diadona

Gigi bisa saja sakit tanpa harus terlihat berlubang. Lagipula nih kadang lubang pada gigi ukurannya kecil sekali lhoo. Penyebab sakit gigi lainnya antara lain:

Asbes

Yakni akntong nanah yang terbentuk di sekitar akar gigi yang terinfeksi. Apa penyebabnya?

Jadi, gigi tuh memang keras di luar tapi di dalamnya diisi dnegan pulpa yang terdiri dari jaringan saraf, jaringan ikat dan juga pembuluh darah. Kadang-kadang pulpa ini terinfeksi dan bisa jadi penyebab sakit gigi.

Infeksi tersbeut merupakan hasil dari:

  • Kerusakan gigi
  • Penyakit gusi, atau yang dikenal dengan penyakit periodontal
  • Gigi yang retak

Kalau infeksi tersebut nggak diobati, maka sangat mungkin bisa membunuh pulpa dan menyebabkan abses.

Gigi Retak

Gigi retak mungkin terjadi karena terlalu keras mengunyah makanan, menggertakkan gigi di malam hari, atau bisa juga terjadi secara alami karena faktor usia.

Gigi yang retak bakalan bikin sakit waktu mengunyah, menggigit atau melepaskan gigitan. Trus jadi sensitif terhadap panas, dingin atau rasa manis, serta sangat mengkin menyebabkan gigi jadi sakit.

Tapi gigi retak sebagai penyebab sakit gigi ini jarang terjadi secara terus menerus kok.

Resesi Gusi

Yakni gusi mengalami surut dan menyeabbkan enamel pada garis gusi jadi hilang. Sakit gigi ini bakalan tersa setiap kali gigi terkena makanan panas atau dingin.

Infeksi Gusi

Atau yang disebut dengan periodontis dimulai dengan pertumbuhan bakteri di mulut. Karena nggak ditangani dengan benar akhirnya bakalan jadi penyebab sakit gigi akibat kehilangan jaringan yang mengelilingi gigi.

3 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Gigi Berkepanjangan

Penyebab Sakit Gigi © Diadona

Sakit gigi yang berkepanjangan mengganggu kualitas hidup penderitanya. Makan tak enak, tidupun juga nggak nyaman, kan?

Kalau nyeri tersebut bersifat tumpul dan berkepanjangan, sebenarnya ini adalah sakit gigi yang paling khas. Tapi coba deh cek lagi, apakah sakit gigi tersebut datang di saat tertentu? Apakah dipicu oleh sesuatu yang khusus seperti gerakan, makanana atau suhu tertentu?

Ada yang Tersangkut di Gigi atau Gusi

Kalau rasa sakitnya kecil namun konstan serta ada pembengkakan gusi, sangat mungkin penyebab sakit gigi ini yakni karena sesuatu yang tersangkut di gusi. Namun juga bisa karena gigi yang berlubang atau abses gusi.

Gejala sakit gigi ini bisa berupa:

  • Nyeri gigi yang tajam, berdenyut, atau konstan. Pada beberapa orang, rasa sakit ini hanya timbul kalau diberikan tekanan pada gigi.
  • Pembengkakan di sekitar gigi
  • Demam hingga sakit kepala
  • Cairan kotor pada gigi yang terinfeksi.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Gigi Terus Menerus

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Kalau kamu mengalami sakit gigi yang terus menerus, jangan ragu buat segera datang ke dokter. Terlebih bila kamu mengalami kondisi berikut:

  • Sakit gigi yang berlansung lebih dari 1 atau dua hari
  • Sakit gigi yang parah
  • Demam, sakit telinga, atau sakit saat membuka mulut lebar-lebar,

Penyebab sakit gigi tersbeut juga bisa berupa:

Tumbuhnya Gigi Bungsu

Ada kemungkinan penyebab sakit gigi kamu adalah gigi bungsu berusaha tumbuh namun tidak ada ruang yang cukup.

Kalau ini terjadi sebenarnya kamu punya risiko tinggi pada peradangan dan infeksi yang menyakitkan banget.

Menggertakkan Gigi di Malam Hari

TaKebahyakan orang nggak tahu kalau mereka menggertakan gigi saat mereka tidur di malam hari. Padahal hal itu sangat mungkin salah satu penyebab sakit gigi disertai sakit kepala, nyeri di otot wajah dan rahang yang kaku.

Temporomandibular Joint

Apakah ini? Yakni sendiri yang menghubungakn sisi kepala dan rahang yang memungkinkan seseorang buat menguap, megunyah atau berbicara. Saat terjadi disfungsi sendi maka maka akan menyebabkan sakit rahang yang mirip dengan sakit gigi.

Identifikasi dan perawatan infeksi gigi yang tepat adalah penting untuk mencegah penyebarannya ke bagian lain dari wajah dan tengkorak dan bahkan ke aliran darah.

Penyebab sakit gigi kebanyakan dianggap karena gigi yang berlubang, padahal mungkin saja bukan hal itu, kan? Dengan identifikasi penyebabnya. Atau kalau kamu masih belum sempat ke doktor gigi, kamu bisa meringankan gejala sakit kamu dengan berbagai pengobatan ala rumahan.

Beri Komentar