12 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kesuburan Wanita

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 8 Maret 2021 12:25
12 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kesuburan Wanita
Meski bentuknya mungil, ternyata manfaat biji selasih untuk kesehatan cukup beragam lho, guys.

Mungkin selama ini kita mengenal biji selasih hanya sebagai bahan pelengkap dalam sajian es buah ataupun es campur saja. Padahal, selain menambah kesegaran minuman, ternyata manfaat biji selasih cukup luar biasa untuk kesehatan manusia.

Sayangnya, hal tersebut masih jarang diketahui masyarakat pada umumnya, Sebab, penggunaan selasih sekarang ini masih sebatas topping pada minuman serta jadi campuran pada makanan penutup saja.

Nah, untuk menambah wawasan kamu, berikut telah kami rangkum beberapa manfaat biji selasih untuk kesehatan, kecantikan, dan kesuburan wanita yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Manfaat Biji Selasih untuk Wanita

Manfaat Biji Selasih © Diadona

Tak dipungkiri jika saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa biji selasih menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Terutama bagi wanita.

Biar kamu gak semakin penasaran, yuk simak ulasan berikut mengenai manfaat biji selasih untuk wanita yang wajib diketahui.

1. Mengontrol Asam Lambung

Saat asam lambung sedang kumat pasti hal ini akan sangat mengganggu aktivitas kamu. Nah, untuk mengatasinya, mulai sekarang kamu bisa mengonsumsi biji selasih karena dapat menenangkan kerja lambung dan membuang asam penyebab kembung.

2. Turunkan Berat Badan

Selain mengontrol asam lambung, manfaat biji selasih untuk wanita lainnya ialah sebagai salah satu cara dalam menurunkan berat badan! Percaya gak? Yaps, biji selasih bisa menjadi pilihan makanan favorit para wanita yang sulit menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, sehingga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

2 dari 5 halaman

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Ilustrasi Sistem Pencernaan © Diadona

Seperti diketahui, saluran pencernaan rentan diserang bakteri jahat. Sehingga, dengan mengonsumsi biji selasih, hal ini akan meningkatkan bakteri baik dalam usus karena  biji selasih tersebut mengandung serat prebiotik yang disebut pektin.

Bakteri-bakteri inilah yang membantu proses pencernaan dan mencegah penyakit pada saluran cerna akibat bakteri jahat. Selain itu, manfaat biji selasih untuk wanita juga bisa menunda pengosongan lambung serta meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa kenyang karena pektin tersebut.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat biji selasih untuk wanita selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan biji selasih mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar.

Jadi, kalau kamu memiliki gangguan penglihatan atau tingkat stres oksidatif tinggi, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih ya, guys. Ohiya, vitamin A di biji selasih pun mempunyai peran sebagai antioksidan kuat di retina, mencegah perkembangan katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula, lho.

3 dari 5 halaman

5. Mencegah Kolesterol

Penyebab Kolesterol Tinggi © Diadona

DiaZens, kalian tau nggak cara yang tepat untuk mengatasi kolesterol tinggi? Yaps, cukup dengan mengonsumsi makan berserat seperti oatmeal dan juga biji selasih. Sebab, dengan perpaduan keduanya, kolesterol baik high density lipoprotein (HDL) bisa meningkat dan kesehatan jantung pun terjaga.

6. Menghilangkan Stres

Jika kamu sering merasakan setres karena banyaknya kerjaan kantor yang harus diselesaikan, kamu bisa mengatasinya dengan biji bunga kemangi. Kok bisa?

Ya, biji bunga kemangi ini bisa dijadikan sebagai bahan aromaterapi karena biji selasih memiliki efek menenangkan serta bisa memperbaiki suasana hati.

Menariknya lagi, manfaat biji selasih untuk kesehatan ini juga bisa menyembuhkan kelelahan, saraf tegang, migrain hingga mengurangi depresi. Keren, bukan?

7. Mengatasi Insomnia

Ini nih salah satu kabar baik dari manfaat biji selasih bagi kamu yang sulit tidur. Yaps, apabila kamu mengalami insomnia, kamu bisa mengganti kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi makanan serta minuman yang mengandung biji selasih secara rutin. Cobain yuk!

4 dari 5 halaman

8. Mengurangi Flek Hitam di Wajah

Flek Hitam pada Kulit © Diadona

Kandungan antioksidan pada biji selasih ternyata juga memiliki manfaat untuk mengencangkan serta mengurangi flek-flek hitam pada wajah akibat paparan sinar matahari, lho. Bahkan, biji selasih ini juga bisa kamu jadikan sebagai masker.

Manfaat biji selasih untuk wanita ini bisa kamu coba dengan menghaluskan biji tersebut kemudian campur dengan madu. Kalau sudah, taburkan secara merata pada kulit wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.

9. Melembabkan Kulit Wajah

Selain bagus untuk kesehatan di dalam tubuh, siapa sangka kalau manfaat biji selasih untuk wanita juga bisa melembabkan dan menghaluskan kulit wajah, lho.

Caranya, kamu cukup menumbuk biji selasih, lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah itu, gunakan biji selasih ini saat telah dingin sebagai lulur wajah.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Sudah menjadi impian setiap wanita untuk memiliki rambut yang kuat dan sehat. Nah, ternyata salah satu manfaat biji selasih untuk wanita yang jarang diketahui ialah untuk menjaga kesehatan rambut.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan konsumsi biji selasih secara teratur untuk meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh yang akan melembabkan kulit rambut.

Ohiya, tak hanya dikonsumsi saja, biji selasih pun bisa digunakan sebagai campuran minyak kelapa serta dapat memperkuat dan mempercepat pertumbuhan rambut, guys.

5 dari 5 halaman

Manfaat Biji Selasih untuk Kesuburan Wanita

Ilustrasi Kesuburan Wanita © Diadona

11. Meningkatkan Gairah Seksual

Seperti yang diketahui, bahwa di dalam biji selasih terkandung zat cineole yang sangat bermanfaat untuk merangsang ereksi dan mengurangi sekresi cairan berlebihan pada kesuburan wanita.

12. Menyehatkan Janin dalam Kandungan

Tak cukup itu saja, manfaat biji selasih untuk kesuburan wanita berikutnya adalah untuk menyehatkan janin dalam kandungan. Hal ini karena biji mungil tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin, seperti menunjang perkembangan organ-organ penting, pembentukan tulang, hingga menurunkan risiko cacat lahir.

Nah, itulah beberama manfaat biji selasih untuk kesehatan, kecantikan, dan kesuburan wanita yang belum banyak diketahui. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar