25 Manfaat Buah Delima Putih dan Merah untuk Ibu Hamil juga Kesuburan

Reporter : Sofi
Rabu, 15 Januari 2020 15:11
25 Manfaat Buah Delima Putih dan Merah untuk Ibu Hamil juga Kesuburan
Buah delima dengan warna dan tampilan yang cantik mempunyai manfaat yang sangat banyak dan dibutuhkan oleh tubuh, lho! Berikut manfaat buah delima yang mengesankan.

Buah delima atau Punica garnatum, adalah semak yang menghasilkan buah merah. Buah ini dikelompokkan sebagai buah beri. Kulit buah delima tebal dan tidak bisa dimakan, tetapi biji yang berada didalamnya yang bisa dimakan. Setiap biji dikelilingi oleh penutup biji merah, berair dan manis yang dikenal sebagai aril.

Biji dan aril adalah bagian yang dapat dimakan dari buah, dimakan baik mentah atau diolah menjadi jus delima. Buah delima ini adalah salah satu buah yang paling sehat. Hal ini karena buah delima kaya akan serat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bioaktif, tetapi mereka juga mengandung gula.

Tidak hanya itu, buah delima juga mengandung punicalagins dan asam punicic, zat unik yang bertanggung jawab atas sebagian besar menfaat kesehatannya. Berikut adalah manfaat buah delima yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Delima Putih

Ilustrasi Buah Delima © Diadona

Buah delima memiliki jenis delima putih dengan bunga dan buah berwarna putih. Manfaat buah delima putih ini bagus untuk kesehatan badan, dan kecantikan. Berikut manfaat buah delima putih yang harus kamu ketahui.

1. Membantu pencernaan

Manfaat buah delima yang pertama adalah membantu pencernaan. Mengonsumsi satu buah delima setiap hari juga baik untuk menjaga asupan serat bagi tubuh. Satu buah delima bisa memenuhi kebutuhan 45% asupan serat harian.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat buah delima dapat memiliki dampak besar bagi kesehatan, terutama jantung. Jus delima dipercaya dapat mengurangi peradangan di lapisan pembuluh darah. Buah ini juga dapat mengurangi aterosklerosis, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Hal ini menurunkan resiko penyumbatan di arteri yang dapat menyebabkan pembatasan aliran darah ke jantung dan otak. Dengan kata lain buah delima memiliki efek anti-aterogenik pada jantung yang dapat menurunkan kolesterol jahat yang disimpan dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.

3. Menjaga kadar gula dalam darah

Meskipun buah delima mengandung fruktosa, buah ini tidak meningkatkan kadar gula dalam darah seperti buah lainnya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed.gov (US National Library of Medicine National Institues of Health menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam kadar gula darah pasien diabetes yang mengonsumsi buah delima setiap hari selama dua minggu.

4. Menjaga tekanan darah

Manfaat buah delima ini dikenal dapat mengurangi darah tinggi. Buah delima dapat mengurangi lesi dan peradangan pembuluh darah pada pasien penyakit jantung. Buah ini mengandung aspirin alami yang dapat menjaga darah dari pembekuan darah. Bahkan ia bertindak sebagai pengencer darah yang memungkinkan aliran darah yang tidak terbatas ke seluruh tubuh.

5. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Cancer Institute mengatakan bahwa manfaat buah delima dapat mengurangi radikal bebas tubuh dan menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi merangsang sel darah putih untuk menetralisir racun dalam tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan. Delima dipercaya untuk menginduksi apotosis, suatu proses di mana sel-sel menghancurkan diri mereka sendiri. Asupan segelas jus delima setiap hari dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh MedlinePlus (US National Library of Medicine National) mengatakan bahwa buah delima memiliki sifat anti-bakteri dan anti-mikroba kuat yang membantu melawan virus dan bakteri serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini secara signifikan dapat mengurangi mikroba yang ditemukan di mulut yang umumnya bertanggung jawab atas infeksi gigi berlubang dan rongga. Maka dari itu, manfaat buah delima ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Baik untuk kulit

Manfaat buah delima selanjutnya sangat bagus untuk kulit kering. Struktur molekulnya yang kecil dapat menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembapan dan hidrasi yang cukup ke kulit. Dengan demikian hal itu dapat menenangkan kulit kering dan teriritasi.

Kandungan asam puninic, asam lemak omega 3 membuat kulit terus menerus terhidrasi dengan menyegel kelembapan. Buah delima juga bermanfaat untuk kulit berminyak dan berjerawat. Dengan mengonsumsinya secara rutin, buah ini dapat mencegah pecahnya jerawat dan mengontrol produksi sebum berlebih pada kulit berminyak.

8. Mengobati batuk dan sakit tenggorokan

Kulit delima yang dikeringkan menjadi bubuk adalah obat alami untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk kering. Caranya adalah berkumurlah dengan bubuk kulit delima yang sudah dicampur dengan air hangat. Zat alami di dalamnya bermanfaat untuk mengobati infeksi tenggorokan.

9. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah delima ini juga bisa untuk mencegah penuaan dini. Kulit delima mampu mewujudkannya. Sebab kulit delima kaya akan kolagen yang mampu mempromosikan pertumbuhan sel kulit.

10. Meningkatkan sistem imun

Kaya akan senyawa antiinflamasi, manfaat buah delima sangat menyehatkan bagi mereka yang mengalami gangguan sistem imun tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteoartritis. Buah delima banyak mengandung vitamin C yang meningkatkan produksi kekebalan tubuh sehingga terhindar dari infeksi.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Delima Merah

Ilustrasi Buah Delima © Diadona

Dari penampilannya, buah delima ini memiliki warna merah yang terang. Tidak jauh dari manfaat buah delima putih, delima merah juga memiliki manfaat yang mengesankan. Berikut adalah manfaat buah delima merah yang harus kamu ketahui.

1. Membantu menyembuhkan bekas luka

Manfaat buah delima dapat membantu regenerasi sel di lapisan epidermis dan kulit. Ia memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk penguatan dan regenerasi epidermis kulit. Kandungan ini juga dapat melindungi kulit dari luka bakar akibat paparan sinar matahari.

2. Mengobati jerawat

Manfaat buah delima ini juga bisa untuk mengobati jerawat.Cobalah untuk memakai masker dari bubuk kulit delima yang dicampur dengan air mawar. Sifat antioksidan di dalamnya melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

3. Mengurangi tingkat stres

Manfaat buah delima pun bisa menurunkan kadar stres kamu. Menurut studi yang dilakukan di Queen Margaret University, individu yang minum jus delima memiliki kadar kortisol yang rendah.

4. Memperbaiki tekstur kulit yang rusak

Buah delima dikenal sebagai buah yang memproduksi kolagen yang tinggi dan elastin yang berfungsi mengencangkan kulit dan garis-garis halus dan kerutan. Ketika serat kolagen dan elastin rusak, lama kelamaan kulit dapat keriput. Delima juga bermanfaat mencerahkan warna kulit. Minum segelas jus delima setiap hari untuk hasil kulit cerah dan bercahaya secara maksimal.

5. Membantu regenerasi tulang rawan

Manfaat buah delima bertindak sebagai penghambat enzim yang bertanggung jawab untuk merusak tulang rawan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk pasien yang menderita osteoarthritis, suatu kondisi kronis yang ditandai dengan kerusakan tulang rawan sendi. Studi yang dilakukan telah membuktikan aplikasi jus ini untuk mengurangi kerusakan tulang rawan.

Studi yang dilakukan telah membuktikan bahwa mengonsumsi buah delima dengan cara dijadikan jus dapat mengurangi kerusakan tulang rawan. Jus delima tanpa pemanis mengurangi gejala radang sendi dan radang tulang.

6. Agen detoksifikasi

Kulit delima mampu bertindak sebagai agen detoksifikasi yang luar biasa dan bermanfaat untuk menghilangkan akumulasi racun dalam tubuh.

7. Mencegah ketombe

Manfaat buah delima ini juga dapat untuk mencegah ketombe, lho! Dengan cara memakai masker rambut yang terbuat dari kulit delima.

8. Mencegah Alzheimer

Para peneliti percaya bahwa delima mampu mencegah Alzheimer. Studi yang dilakukan Hartman serta rekan-rekan penelitinya menunjukkan, jus delima mampu mengurangi akumulasi amyloid di hippocampus hingga 50%. Hal itu membuat delima dianggap bisa meningkatkan kondisi pasien Alzheimer jadi lebih baik.

9. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat buah delima ini bisa untuk menjaga kesehatan mulutmu. Dengan menggosok kulit delima di gigi yang kemudian bisa bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut serta mencegah peradangan di gusi.

10. Menghambat penularan HIV

Sifat anti-mikroba membuatnya menjadi penghambat penularan HIV. Dari semua buah-buahan, delima memiliki potensi paling tinggi untuk menghambat penularan HIV.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Ilustrasi wanita hamil © Diadona

Buah delima ini juga baik untuk ibu hamil karena kandungan nutrisinya yang banyak. Berikut adalah manfaat buah delima untuk ibu hamil.

1. Baik untuk perkembangan janin

Buah delima memiliki sejumlah vitamin dan mineral termasuk asam folat yang merupakan elemen penting dari diet pra-kelahiran. Washington University School of Medicine in St. Louis meneliti bahwa buah delima mengandung antiinflamasi yang tinggi sehingga dapat memastikan aliran darah yang sehat, yang sangat penting untuk perkembangan janin secara keseluruhan. Ketika dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil, diketahui dapat menurunkan resiko kelahiran anak prematur, rendah.

2. Mencegah kram kaki pada ibu hamil

Kandungan kalium dalam buah ini juga dapat membantu mencegah kram kaki yang umumya terkait dengan kehamilan.

3. Mencegah anemia

Asam folat juga mencegah ibu hamil dari anemia yang kerap menimpanya. Asam folat dari jus delima berperan dalam produksi sel darah merah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Delima untuk Kesuburan

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Tidak hanya manfaat di atas, manfaat buah delima ini juga bagus untuk kesuburan pria maupun wanita. Berikut adalah manfaat buah delima untuk kesuburan.

1. Meningkatkan libido

Sejak dulu delima kerap digunakan sebagai simbol kesuburan. Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Queen Margaret University, segelas jus delima meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Itu sebabnya delima pun bisa berfungsi sebagai afrodisiak, meningkatkan libido dan stamina seksual.

2. Mengobati disfungsi ereksi

Kerusakan oksidatif dapat merusak aliran darah di semua area tubuh, termasuk jaringan ereksi. Jus buah delima telah terbukti membantu meningkatkan aliran darah dan respons ereksi pada penelitian yang dilakukan dengan objek kelinci. Dalam sebuah penelitian pada 53 pria yang mengalami disfungsi ereksi, delima tampaknya memiliki beberapa manfaat. Walaupun begitu hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Apakah buah delima ini adalah buah kesukaanmu? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar