17 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah, Kesehatan, dan Menurunkan Berat Badan

Reporter : Sofi
Jumat, 24 Januari 2020 13:16
17 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah, Kesehatan, dan Menurunkan Berat Badan
Sudah bukan rahasia lagi jika lemon ini bermanfaat untuk mengobati jerawat. Selain itu, masih ada banyak manfaat dari lemon yang kamu harus tahu. Berikut manfaat tersebut.

Buah berwarna kuning cerah dengan rasa asam yang menyegarkan ini mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Lemon kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat. Faktanya, lemon dapat mendukung kesehatan jantung, pengontrolan berat badan, dan kesehatan pencernaan. Selain itu, berikut adalah manfaat jeruk lemon yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Manfaat jeruk lemon ini sudah sering digunakan sebagai bahan dasar kecantikan. Salah satunya untuk wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon, dipercaya untuk mengurangi jerawat. Selain itu, berikut adalah manfaat jeruk lemon untuk wajah yang harus kamu ketahui.

Mengatasi wajah berminyak

Bagi orang-orang yang memiliki masalah wajah berminyak, manfaat jeruk lemon bisa mengatasinya. Wajah berminyak tentunya akan sangat menganggu penampilan. Kulit yang berminyak akan selalu tampak kusam. Oleh karena itu, dengan menggunakan manfaat jeruk lemon, kamu bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang sangat mengganggu bagi penampilan dan tampilan wajah.

Menghilangkan komedo

Selanjutnya, manfaat jeruk lemon untuk wajah adalah dapat menghilangkan komedo. Kandungan di dalam buah lemon dapat mengangkat dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo di wajah, sehingga kulit wajah jauh dari komedo yang mengganggu. Caranya yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk lemon pada daerah wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan cotton bud, lakukan secara rutin dan teratur setiap hari setelah membersihkan wajah.

Mencerahkan wajah

Manfaat jeruk lemon untuk wajah selanjutnya adalah dapat mencerahkan wajah. Menggunakan bahan alami ini sangat baik dijadikan ritual perawatan wajah secara rutin. Dengan rutin mengonsumsi jus lemon dan memakainya sebagai masker, cara tersebut bisa membantu membuat wajahmu menjadi lebih cerah. Manfaat jeruk lemon untuk wajah ini bisa didapatkan karena mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Untuk membuat masker lemon yang bisa mencerahkan wajah, kamu bisa mencampurkan air lemon dengan air, lalu aplikasikan pada kulit wajah. Tunggu selama 20 menit, lalu bilas dengan bersih. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok madu, lalu aplikasikan di wajah sekitar 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Jika kamu melakukan cara ini secara rutin, bisa membantu mencerahkan wajah secara permanen.

Mengobati jerawat

Manfaat jeruk lemon untuk wajah juga bisa mengobati jerawat. Buah lemon sangat ampuh untuk mengobati jerawat yang kadang muncul saat momen sindrom pra haid datang. Caranya, ambil 1 buah lemon lalu peras airnya kemudian campurkan ke dalam air. Oleskan langsung campuran perasan buah lemon dengan air pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud, lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat jeruk lemon untuk wajah dengan meminum air perasan 1 buah lemon utuh dicampur dengan 3 gelas air. Simpan di dalam botol untuk diminum sepanjang hari. Air lemon ini akan membantu mengatasi jerawat dari dalam tubuh.

Bahkan manfaat jeruk lemon untuk wajah juga bisa memudarkan bekas jerawat. Usapkan langsung sebuah lemon pada muka kamu dan biarkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin sampai bekas jerawat di muka kamu hilang.

Memutihkan wajah

Manfaat jeruk lemon untuk wajah berikutnya adalah untuk memutihkan kulit wajah. Manfaat jeruk lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Sifat pemutih di dalamnya termasuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit.

Cara memutihkan kulit wajah dengan jeruk lemon sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan menyampurkan 2 sendok makan air perasan Lemon dengan 3 sdm air putih, aduk rata dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit dan cuci dengan air dingin. Ulangi prosedur ini setiap hari untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dalam waktu yang singkat. Kamu juga dapat menambahkan madu kedalam campuran ini untuk membantu mengurangi segala jenis iritasi kulit.

Mengatasi tanda-tanda penuaan dini

Manfaat jeruk lemon juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Berbagai tanda-tanda penuaan dini seperti keriput serta pigmentasi bisa kamu atasi dengan menggunakan jeruk lemon ini. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon bersifat antioksidan. Antioksidan pada lemon akan membantuk sel-sel kulit wajah menangkal radikal bebas. Selain itu, antioksidan pada lemon juga akan merangsang peningkatan produksi kolagen kulit sehingga tanda penuaan bisa diatasi segera.

Manfaat jeruk lemon juga dapat mengatasi flek hitam pada wajah. Aplikasikan air buah lemon kepada daerah yang terkena flek hitam atau bintik-bintik pada wajah kamu. Air lemon mengandung bahan-bahan yang dapat membantu memutihkan serta membuat wajah lebih bersih. Air tersebut akan membantu pengelupasan kulitmu sehingga dapat mengurangi pigmentasi.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

Ilustrasi Lemon © Diadona

Manfaat jeruk lemon ini juga bisa untuk kesehatan badan kamu juga karena vitamin C dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut adalah manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang mengesankan.

Menyehatkan jantung

Lemon adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung. Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk mencegah resiko terkena penyaki jantung.

Karena kekurangan vitamin C di dalam darah bisa mengarah pada penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selain itu, lemon yang tinggi serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Meredakan stres

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk kesehatan mental yakni dengan membantu meredakan stress. Selain nutrisinya yang banyak, lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stress akan berkurang dan mood pun bisa kembali baik.

Meminimalkan resiko stroke iskemik

Menurut beberapa penelitian, manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya adalah membantu meminimalkan resiko stroke iskemik. Mengonsumsi buah sitrus, seperti lemon, dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik. Stroke iskemik adalah jenis stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Stroke iskemik ini yang paling umum di mana terjadi hampir 90% di masyarakat.

Mengatasi sakit tenggorokan

Manfaat jeruk lemon kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan energi. Kandungan vitamin C di dalam buah lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat antibakteri. Vitamin C membuat tubuh menjadi kebal dari virus penyebab batuk dan pilek, serta mengembalikan kebugaran tubuh.

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Campuran madu, air hangat, dan lemon mampu mengobati sakit tenggorokan. Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakkan di dalam tenggorokan. Kemudian zat asamnya akan menghilangkan virus dan bakteri berbahaya.

Mencegah batu ginjal

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan selanjutanya adalah mencegah batu ginjal. Mengonsumsi 1/2 cangkir jus lemon tiap hari diduga bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh penderitanya. Semua ini berkat kandungan asam sitrat di dalam lemon yang dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C pada lemon bisa memberikan antibodi tambahan. Oleh sebab itu tak heran jika manfaat jeruk lemon untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, memang bukan tanpa alasan ada banyak olahan lemon yang digadang-gadang sebagai minuman kesehatan. Bahkan menurut The World's Healthiest Foods, vitamin C membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh. Di saat kamu mengonsumsi lemon dalam jumlah normal, efeknya dapat menyehatkan tubuhmu.

Detoksifikasi hati

Zat pektin yang ada di dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. Oleh sebab itu manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya adalah detoksifikasi hati. Meminum jus lemon merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan.

Melancarkan pencernaan

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan selanjutnya, adalah membantu melancarkan pencernaan. Caranya adalah dengan menggunakan air lemon hangat. Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver.

Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan membantu buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam.

Merawat kesehatan mulut

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya adalah merawat kesehatan mulut. Lemon bermanfaat pula untuk kesehatan area mulut, seperti perawatan gigi dan membuat nafas segar. Dengan mencampurkan jus lemon dan baking soda, kamu bisa menggunakannya sebagai cairan pemutih gigi.

Sementara untuk membuat nafas segar, kamu cukup berkumur menggunakan air lemon. Meski begitu, perlu diingat untuk tidak sering menggunakannya, pasalnya kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Lemon © Diadona

Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jeruk lemon. Dengan menambahkan jeruk lemon ke dalam menu dietmu, kamu bisa menjalankan diet sehat dengannya. Berikut adalah manfaat jeruk lemon untu kmenurunkan berat badan.

Mengecilkan perut buncit

Perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Siapa sangka manfaat jeruk lemon untuk diet adalah membantu mengecilkan perut buncit. Caranya cukup mengonsumsi perasan air lemon yang telah dicampur dengan segelas air hangat setiap sore dan minimal 3 kali dalam seminggu. Hasilnya, perut buncit akan hilang.

Minum air lemon untuk membantu turunkan berat badan

Kandungan asam sitrat yang sangat tinggi pada buah jeruk lemon dapat menurunkan berat badan secara cepat dan drastis. Banyak yang meyakini manfaat jeruk lemon untuk diet berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi segelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon setiap pagi hari dapat menghindarkan tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Tapi kamu harus ingat tidak ada makanan atau minuman yang benar-benar bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Kamu harus mengombinasikan konsumsi minuman atau makanan sehat dengan program penurunan berat badan yang jadi pilihanmu.

Mengesankan bukan manfaat jeruk lemon ini. Semoga manfaat jeruk lemon ini bermanfaat juga buatmu!

Beri Komentar