23 Manfaat Buah Tin Kering dan Daunnya untuk Kesuburan, Ibu Hamil juga Kesehatan

Reporter : Sofi
Sabtu, 1 Februari 2020 10:37
23 Manfaat Buah Tin Kering dan Daunnya untuk Kesuburan, Ibu Hamil juga Kesehatan
Apa kamu sudah tahu manfaat buah tin ini apa saja? Berikut manfaat buah tin yang harus kamu ketahui.

Buah ara atau buah tin ini sudah terkenal di seluruh dunia. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka mungkin membantu dalam mengobati berbagai masalah medis, dari diabetes hingga eksim. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat buah tin yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Tin dan Daunnya

Ilustrasi Daun dan Buah Tin © Diadona

Buah ara atau buah tin ini rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Satu ara besar yang besar hanya mengandung 47 kalori. Jika kamu ingin mengurangi berat badan, buah ara adalah pengganti yang bagus untuk camilan tidak sehat tapi tetap dalam jumlah sedang jika mengonsumsinya.

Tidak hanya itu, daun dari buah tin juga bisa dimanfaatkan loh! Berikut adalah manfaat buah tin dan daunnya.

Mengobati batu ginjal

Manfaat buah tin dan daunnya adalah bisa mengobati batu ginjal. Ya, daun tin memiliki kandungan saponin dan alkaloid yang dimana kandungan ini bermanfaat sebagai diuretic yang bisa mengatasi sebuah masalah ginjal. Selain itu, ada juga kandungan saponin dan alkaloid yang dimana manfaat daun tin dapat menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang telah mengeras inipun akhirnya bisa terbawa saat buang air kecil.

Bantu menurunkan gula darah

Manfaat daun tin juga mampu mengobati penyakit diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di Spanyol. Dikatakan bahwa air rebusan daun tin atau teh daun tin mengandung senyawa aktid. Senyawa aktid ini memiliki kesamaan seperti hormone insulin. Seperti yang diketahui bahwa manfaat hormone insulin dapat menurunkan kadar gula darah berlebih.

Sebagai obat antikanker

Manfaat buah tin dan daunnya juga bisa bertindak sebagai antikanker. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun tin ini hanya dengan menggunakan getah yang ada di dalam pucuk daun tin. Ya, getah yang ada di dalam daun tin ini bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan getah pada daun tin mengandung ficin. Ficin sendiri adalah enzim cysteine proteinase yang bisa memicu apoptosis pada sel kanker sehingga sel kanker akan melakukan penghancuran sendiri.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah tin dan daunnya yang lain adalah dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin yang sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.

Salah satu penyebab tubuh kehilangan kalsium sehingga membuat tulang menjadi keropos adalah mengonsumsi makanan tinggi garam. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi buah tin secara rutin.

Masker wajah

Manfaat buah tin mentah dapat digunakan untuk membuat masker wajah yang kaya antioksidan dan kaya nutrisi. Cukup hancurkan buah tin dan aplikasikan ke wajahmu dengan gerakan melingkar. Tambahkan 1 sendok makan yogurt untuk manfaat pelembap tambahan. Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit dan bilas secara menyeluruh dengan air hangat. Jangan gunakan buah tin sebagai masker jika kulit rawan alergi.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Manfaat buah tin selanjutnya adalah untuk mengatasi kesuburan dan kejantanan. Selama berabad-abad, buah tin telah direkomendasikan untuk mengatasi masalah seksual seperti kesuburan serta kejantanan.

Buah tin diyakini sebagai obat kuat selama berabad-abad. Sebagian besar karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Untuk mendapatkan vitalitas seksual dengan buah tin, rendam 2-3 buah tin di dalam susu semalaman. Makan di pagi hari untuk meningkatkan gairah seksual.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Tin Kering

Ilustrasi Buah Tin Kering © Diadona

Salah satu cara untuk mengolah buah tin ini juga bisa dikeringkan. Manfaat yang diberikan oleh buah ini pun masih sama baiknya untuk tubuh kita. Berikut adalah manfaat buah tin kering yang harus kamu ketahui.

Baik untuk kesehatan kulit

Banyak obat herbal kemasan yang mengandung buah tin berguna untuk kesehatan kulit. Buah ara ini terkenal mampu mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, dan vitiligo. Manfaat buah tin kaya vitamin, antioksidan, dan mineral yang baik untuk kulit. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga kulit menjadi lebih cantik dan sehat.

Di sisi lain, buah tin bisa digunakan sebagai masker wajah supaya tampil lebih percaya diri dengan kulit wajah sehat dan merona. Caranya, kamu harus mengancurkan buah tin dan campurkan dengan satu sendok makan yogurt supaya kulit terasa lebih lembap. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat.

Menjaga berat badan

Ilustrasi Diet © Diadona

Tak kalah dengan buah lainnya, tin juga memiliki kandungan serat cukup tinggi yang dapat membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian Dr. Joe Vinson dari Universitas Scranton, buah tin adalah sumber nutrisi unggul. Tetapi kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menambah berat badan.

Mengobati penyakit kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, manfaat buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Belum ada penelitian ilmiah yang konklusif, tetapi bukti anekdotal dan penelitian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Memperkuat rambut

Ilustrasi Rambut © Diadona

Manfaat buah tin ini dipercaya untuk memperkuat dan melembapkan rambut, dan merangsang kesuburannya. Penelitian ilmiah tentang manfaat buah tin untuk rambut masih kurang, tetapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa beberapa vitamin dan mineral di dalamnya dapat membantu menjaga rambutmu tetap sehat. Ini karena kandungan seng, tembaga, selenium, magnesium, kalsium, vitamin B, dan vitamin C di dalamnya.

Menurunkan tekanan darah

Orang biasanya mengonsumsi natrium dalam bentuk garam, tetapi kadar kalium rendah dan natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Manfaat buah tin mengandung banyak kalium dan rendah sodium, sehingga mampu mengatasi hipertensi. Ini juga menjadikan tin sebagai bahan makanan yang berkhasiat menenangkan saraf.

Meredakan nyeri ambeien

Jika kamu menderita wasir, obat rumahan yang populer adalah untuk merendam buah tin kering di dalam air semalam. Kemudian buah sekaligus air rendamannya bisa dikonsumsi di pagi hari. Manfaat buah tin memiliki efek laksatif dan membantu mengurangi tekanan pada anus, sehingga membantu menenangkan wasir.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, buah tin populer sebagai obat tradisional untuk wasir karena sifat pencahar, antispasmodic, dan antiinflamasi yang dimilikinya.

Menurunkan kolesterol

Manfaat buah tin mengandung pektin yang merupakan serat larut untuk menstimulasi pergerakan usus yang sehat. Manfaat buah tin juga dapat memiliki efek pencahar, karena kaya akan serat. Ketika serat bergerak melalui saluran pencernaan, ia menyapu kelebihan gumpalan kolesterol dan membawanya ke sistem ekskresi untuk dikeluarkan dari tubuh. Menurut sebuah penelitian, pektin juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan aktivitas antikanker.

Risiko alzheimer lebih rendah

Ilustrasi Wanita Tua © Diadona

Manfaat buah tin dianggap sebagai salah satu buah terbaik ketika datang untuk mengurangi neuroinflamasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah universitas di Australia dan Amerika telah mengungkapkan bahwa buah ini mampu mengurangi sitokin inflamasi yang terkait dengan penuaan. Hal ini sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer.

Mengobati bronkitis

Bahan kimia alami di daun pohon tin menjadikannya komponen yang ideal untuk teh. Teh daun tin telah populer diresepkan untuk berbagai kondisi pernapasan seperti bronkitis dan juga digunakan sebagai cara untuk mencegah dan mengurangi gejala asma.

Membantu pengobatan penyakit kelamin

Manfaat buah tin telah digunakan di subkontinen India dan beberapa belahan dunia lainnya sebagai salep untuk membantu pengobatan penyakit kelamin. Konsumsi oral atau aplikasi topikal sari buah ini dipercaya mampu menenangkan rasa tak nyaman akibat penyakit menular seksual. Walaupun begitu penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Mencegah hilangnya kalsium lewat urin

Orang yang diet tinggi natrium mungkin bisa mengalami hilangnya kalsium lewat saluran kemih. Kandungan kalium yang tinggi dapat membantu untuk menghindari kondisi itu dan mengatur kandungan kotoran di dalam urin. Ini dapat meminimalkan kehilangan kalsium sekaligus menghilangkan jumlah asam urat dan racun berbahaya lainnya dari tubuh.

Mencegah degenerasi makula

Penyebab utama kehilangan penglihatan di antara orang tua adalah degenerasi makula. Buah tin yang dibudidayakan secara organik bagus untuk membantu Anda menghindari gejala penuaan yang umum ini.

Meredakan nyeri tenggorokan

Ilustrasi wanita sakit tenggorokan © Diadona

Kandungan lendir yang tinggi pada buah tin membantu menyembuhkan dan mencegah sakit tenggorokan. Sifat menenangkan dari sari buah ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara.

Mengobati kanker kolon

Kehadiran serat di dalam buah tin dapat membantu merangsang penangkalan radikal bebas dan zat penyebab kanker lainnya, khususnya di usus besar. Pasalnya serat memang dapat meningkatkan gerak sehat usus.

Mencegah kanker perut dan kulit

Fakultas Farmasi, Nutrisi dan Ilmu Kesehatan Universitas Calabria, Italia menyatakan bahwa buah tin merupakan sumber senyawa bioaktif seperti asam lemak dan fenol. Senyawa ini membantu menurunkan risiko kanker kulit. Menurut sebuah penelitian, manfaat buah tin ini kaya akan enzim proteolitik yang dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker di lambung.

Kandungan serat tin bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut, usus besar, dan kanker payudara.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Selain manfaat kesehatan di atas, manfat buah tin ini juga bisa untuk ibu hamil. Kebutuhan nutrisi yang banyak untuk ibu hamil dan anak dikandungnya tentu sangat penting selama kehamilan. Berikut manfaat buah tin untuk ibu hamil.

Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat buah tin selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena buah tin memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Selain buahnya, daun tin juga bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh. Hal ini telah diperkuat pada hasil riset yang mengatakan bahwa daun tin bisa merangsang produksi antibody dan produksi sel limfosit sehingga mampu menghancurkan pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu, penggunaan daun tin bisa menangkal berbagai mikroba penyebab penyakit seperti virus, jamur, dan bakteri. Ini juga mengartikan bahwa sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Menjaga saluran pencernaan

Manfaat buah tin juga bisa menjaga saluran pencernaan. Manfaat buah tin dan daunnya ini sering digunakan untuk mengatasi sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil juga. Mengonsumsi buah tin secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon. Manfaat buah tin bisa memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Setelah mengetahui manfaat buah tin ini, apakah kamu semakin suka untuk mengonsumsi buah ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar