11 Penyebab Wasir Berdarah, Kenali yuk!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 Juli 2020 15:22
11 Penyebab Wasir Berdarah, Kenali yuk!
Penyebab wasir sering banget dikaitkan dengan mitos tertentu. Misalnya nih karena terlalu banyak makan-makanan yang pedas.

Memang benar sih kalau penyebab wasir bisa karena pola makan yang kurang sehat. Tapi makanan pedas nggak termasuk lho.

Wasir atau yang sering disebut dengan wasir adalah adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum di bagian bawah. Mirip dengan varises deh, hanya saja lokasinya berada di atau di dalam rektum.

Wasir memang menyakitkan, tapi bisa dicegah dan mudah diobati. Kenali yuk apa saja penyebab wasir dan gimana cara mengatasinya!

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Wasir

Penyakit Wasir © Diadona

Seseorang yang menderita penyakit wasir biasanya akan mengalami gejala berupa:

  • Gatal di sekitar anus
  • Rasa ingin terus BAV
  • Pendarahan dari lubang anus tanpa merasa sakit
  • Rasa sakit di anus dan makin parah saat duduk

Apa sih penyebab wasir?

Secara umum, penyebab wasir yakni karena adanya pembengkakan pembuluh darah. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mengenjan saat BAB

Yang paling umum dari penyebab wasir adalah karena penderita sering mengejan saat buang air besar. Mengejan bakalan menghalangi aliran darah masuk dan keluar dari area anus, sehingga terjaid pengumpulan darah dan pembesaran pembuluh darah di area tersebut.

Kurang Serat

Mengejan terjadi karena kurnag minum air putih atau kurangnya asupan serta pangan. Jadi dengan kata lain, penyebab wasir adalah karena penderita kurang konsumsi serat. Di dalam sistem pencernaan, serat pangan pangan yang larut air bakaln menyerap kelebihan cairan, sedangkan serat nggak lagur bakalan membuat feses jadi lembut dan buang air besar jadi lancar.

Kurang Olahraga

Orang yang kurang berolahraga bisa membuat aliran darah jadi nggak lancar, fleksibilitas pembuluh darah menurun, termasuk pembuluh darah di sekitar anus.

Diare

Diare kronis akan menekan rektum bagian bawah dan membuatnya mengalami banyak tekanan. Inilah yang kemudian jadi penyebab wasir.

Hamil

Kehamilan bisa jadi penyebab wasir karena saat rahim membesar, maka akan menekan pembuluh darah di usus besar.

Kelebihan Berat Badan

Kayak yang udah dibahas sebelumnya kalau penyebab wasir adalah karena tekanan pembuluh darah di sekitar anus. Nah, tekanan ini mungkin terjadi karena kelebihan berat badan.

Mengangkat Beban Berat

Gimana ceritanya? Jadi saat seseorang terlalu sering mengangkat beban berat, ada kemungkinan terjadinya tekanan pada perut dan pembuluh vena di sekitaranus dan rektum. Terlebih kalau mengangkatnya dengan teknik yang salah, risiko untuk terjadinya penyebab wasir jadi makin meningkat.

Anal Seks

Hubungan seksual melalui anus bisa jadi penyebab wasir baru atau memperburuk yang sudah ada.

Duduk Terlalu Lama

Seseorang yang duduk terlalu lama bisa sangat berisiko terkena penyakit wasir.

Keturunan

Penyakit ini dapat terjadi karena diwariskan. Seseorang bisa terkena penyakit wasir karena salah satu orang tuanya menderitanya.

2 dari 3 halaman

Penyebab Wasir Berdarah

Penyakit Wasir © Diadona

Berdarah pada wasir atau yang disebut dengan wasir trombosis terjadi ketika ada gumpalan darah yang terbentuk da dalam pembuluh darah. Meskiun seram ,tapi ini nggak berbahaya kok. Meski begitu wasir yang berdarah bisa menyebabkan rasa sakit dan peradangan yang parah.

Pendarahan ini bisa terjadi pada wasir internal dan eksternal. Apa penyebab wasir berdarah?

Mengejan

Mengejan atau terkena tinja yang keras bisa merusak permukaan wasir dan membuatnya berdarah. Dalam beberapa kasus, ini juga bisa terjadi ketika wasir trombosis pecah.

Darah akibat wasir ini bakalan terlihat merah terang.

Trus kalau sudah berdarah begini, apa yang harus dilakukan?

Melansir Healthline, wasir yang berdarah biasanya adalah tanda iritasi atau kerusakan dinding easir. Ini biasanya bakalan membaik seiring waktu, tapiada hal yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan menghilangkan rasa nggak nyamannya.

Tapi kalau sumber pendarahan tersebut masih nggak diketahui dan penderahan nggak hilang dalam waktu semingu, maka harus ke dokter ya!

3 dari 3 halaman

Penyebab Wasir atau Ambeien dan Cara Mengatasinya

Penyebab Wasir © Diadona

Prosesdur medis biasanya dilakukan sebagai cara mengatasi wasir. Tapi ada berbagai alternatif rumahan yang bisa dilakukan antara lain:

Perbanyak Serat

Perbanyak konsumsi serat. atau kamu juga bisa konsumsi suplemen serat. Serat bakalan membuat tinja menjadi lebih lunak, trus gerakan usus jadi lebih cepat dan nggak menimbulkan rasa nyeri. Dengan alasan inilah kenapa kurang serat jadi penyebab ambeien.

Kompres Air Dingin

Oleskan kompres air es atau air dingin ke anus sebagai untuk meredakan pembengkakan karena wasir. Lakukan selama 1 menit.

Lidah Buaya

Lidah buaya udah dikenal luas untuk menangani masalah ambeien. Kemungkinan ini karena lidah buaya punya sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi.

Saat ini memang belum ada penelitian mengenai ini, tapi apa salahnya mencobanya? Caranya dengan meminum jus lidah buaya rutin setiap hari.

Penyebab wasir sebenarnya bisa dicegah dengan penerapan pola konsumsi yang sehat. Btw, apakah kamu sudah menambahkan serat pangan dalam menu makanmu hari ini?

Beri Komentar