11 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Bahan Alami secara Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 10:51
11 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Bahan Alami secara Cepat
Cuman dengan mengunyah daun seledri, misalnya, nafas naga kamu bisa hilang dalam beberapa menit.

Beberapa orang berkeyakinana kalau bau mulut mereka baik-baik saja. Sedangkan, beberapa orang lain sebenarnya punya bau mulut yang parah banget tapi mereka nggak mengetahuinya. Susah banget kan mencium bau mulut sendiri apalagi menilai baunya.

Kalau kamu sendiri udah merasa punya bau mulut, kayaknya kamu harus mencari cara menghilangkan bau mulut. Selain bikin kamu nggak pede saat berinteraksi dengan orang, bau mulut juga bikin orang lain malas dekat-dekat dengan kamu. Nggak mau hal itu terjadi kan?

Untungnya kami sudah rangkumkan 11 cara menghilangkan bau mulut yang bisa kamu lakukan dengan murah dan mudah.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona

Masalah bau mulut saat puasa memang paling sering dialami banyak orang. Nggak jarang akhirnya kamu lebih memilih berdiam diri dan menghindari interaksi. Tapi tenang saja, masalah tersebut bisa kamu cari solusinya kok. Berikut cara menghilangkan bau mulut saat puasa seperti yang dilasnir dari berbagai sumber:

Sikat Gigi

Menyikat gigi setelah makan sahur akan mencegah adanya sisa makanan di mulut kamu. Sisa makanan tersebut menjadi tempat bakteri berkembang biak dan penyebab bau mulut.

Bersihkan Lidah

Cara menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan membersihkan lidah kamu. Lapisan yang ada di lidah kamu bisa menjadi inang bagi bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghilangkannya, gosok lidah dengan sigat gigi.

Namun bila sikat gigi kamu terlalu besar untuk menjangkau bagian belakang lidah, kamu bisa menggunakaan scraper. Scraper dirancang khusus untuk memmberikan tekanan merata di permukaan lidah kamu. Dengan membersihkan lidah, dapat menghilangkan bakteri, sisa makana dan sel-sel mati yang tidak bisa dilakukan oleh sikat gigi.

Hindari Susu dan Kopi

Sebagain besar produk susu, termasuk keju, punya asam amino yang berekasi dengan bakteri di dalam mulut kamu. Reaksi ini akan menghasilkan senyawa sulfur penyebab bau mulut. Selain susu, cara menghilangkan bau mulut yakni dengn menghindari minum kopi saat sahur karena kopi dapat membuat mulutmu kering.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Jengkol © Diadona

Walaupun banyak yang menyukainya, memakan jengkol sering dianggap aneh karena efek bau mulut sesudah memakannya. Bau pada jengkol disebabkan oleh kandungan asam amino yang membentuk sulfur yang berbau tidak sedap. Berikut cara menghilangkan bau mulut biar kamu tetap pede setelah makan jengkol.

Menggunakan Obat Kumur

Selain menyegarkan nafas, berkumur dengan obat kumur akan memberikan perlindungan ekstra dengan menyegarkan mulut kamu. Rasa mint dapat membuat mulut kamu terasa segar. Namun yang terpenting, pastikan obat kumur mengandung bahan untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Minum Teh Hijau

Cara menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan meminum secangkir teh hijau panas. Dalam sebuah studi yang melibatkan 15 peserta membuktikan, teh hijau punya efek yang sebanding dengan berkumur menggunakan obat antiseptik. Ini dikarenakan teh hiaju punya sifat disinfektan dan penghilag bau mulut, walaupun hanya sementara.

Berkumur dengan Baking Soda

Selain dapat menghancurkan plak, berkumur dengan baking soda bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut yang sederhana. Baking soda dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Untuk melakukannya, kamu cuman perlu melarutkan 1/4 sendok baking soda ke dalam air hangat, aduk merata, lalu gunakan untuk berkumur.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

Air putih © Diadona

90 persen penyebab bau mulut berasal dari mulut sendiri, baik dari jenis makanan maupun bakteri yang melahap sisa makanan. Mencegah penumpukan plak bisa menjadi kunci penghilang bau mulut. Selain itu, ada cara menghilangkan bau mulut secara alami yang layak kamu coba sendiri.

Mengunyah Daun Mint atau Seledri

Pusat Kesehatan Universitas Maryland mencatat bahwa mengunyah seledri atau daun mint dapat menetralisir bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut ini bisa kamu lakukan saat kamu kehabisan cara lain. Caranya, ambil sepotong satu satu tangkai daun minta atau seledri dengan cepat. Kamu bisa mendapatkan nafas segar cuman dalam beberapa detik.

Yogurt

Lactobacillus pada yogurt dapat memerangi bakteri jahat di dalam tubuh kamu, termasuk di dalam mulut. Dari sebuah studi membuktikan, sebnayak 80 persen partisipan mengalami pengurangan bau mulut setelah konsumsi yougurt selama enam minggu. Cara menghilangkan bau mulut dengan yougurt bisa kamu lakuakn dengan konsumsi satu porsi yougurt tawar tanpa lemak setiap hari.

Banyak Minum

Kerusakan gigi dan bau mulut dapat terjadi saat kamu kamu tidak punya air liur yang cukup. Jadi, cara menghilangkan bau mulut adalah dengan mencegah mulut kamu kering. Saat mulut kering, segera minum air putih dalma jumlah banyak.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

Ilustrasi Mengunyah Permen Karet © Diadona

Bau mulut yang bikin kamu ngerasa nggak pede itu bisa kamu atasi dengan cepat, asalkan dengan cara yang cepat. Bukan nggak mungkin nafas kamu kembali segar hanya dalam wakut beberapa detik. Bagimana caranya?

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa menjaid cara menghilangkan bau mulut dengan cepat. Saat kamu mengnyah, maka gusi akan merangsang air liar yang merupakan pertahanan alami mulut terhadap plak. Yang terpenting adalah jangan mengunyah permen yang manis. Gula hanya akan menjadi bahan bagi bakteri untuk diolah menjadi asam penyebab bau mulut.

Semprotan Penyegar Mulut

Produk ini diciptakan untuk menyegarkan mulut secara cepat. Formulasinya datang dalam rasa kayu manis maupun peppermit yang segar. Cara menghilangkan bau mulut dengan semprotan ini sangat dianjurkan saat kamu nggak punya wkatu buat mengunyah permen karet, atau minum air putih. Pilih smeprotan yang bebas gula untuk menghindari kerusakan gigi.

Beri Komentar