11 Penyakit Kekurangan Vitamin A, C, B Kompleks dan D

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 5 April 2021 23:57
11 Penyakit Kekurangan Vitamin A, C, B Kompleks dan D
Penyakit kekurangan vitamin akan muncul bila tubuh kesulitan mendapatkan zat yang penting ini

Informasi tentang penyakit kekurangan vitamin biasanya sih sudah kita dapatkan bersamaan dengan waktu kita belajar mengenai vitamin itu sendiri. Misalnya, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan penyakit mata, vitamin B yang kurang dalam tubuh bisa bikin penyakit celiac, sementara kurang asupan vitamin D menyebabkan penyakit rakitis.

Vitamin dan juga mineral adalah makronutrien yang dibutuhkan tubuh. Keduanya nggak bisa diproduksi dalam tubuh itu sendiri sehingga dibutuhkan asupan dari makanan. NMah, kekurangan keduanya nggak cumnan terjadi karena kurangnya asupan, namun bisa juga karena tubuh nggak bisa menyerap secara maksimal.

Lebih lanjut mengenai macam vitamin dan penyakit kekurangan vitamin, yuk kepoin ulasan Diadona drai berbagai sumber berikut ini.

1 dari 5 halaman

Penyakit Kekurangan Vitamin

Penyakit kekurangan vitamin muncul daam bentuk dan gejal yang berbeda tergantung pada jenis vitamin. Kasus kekurangan vitamin di sekitar kita ini mungkin jarang muncul dalam gejala yang parah, namun bisa saja terjadi pada mereka yang kekurangan akses ke beberapa makanan tertentu atau kesulitan tubuh dalam mencerna vitamin tersebut.

Misalnya nih, kekurangan vitamin D bisa terjadi pada mereka yang hidup di bagian bumi yang kekurangan sinar matahari karena sinar matahari membantu tubuh menghasilkan vitamin ini di kulit.

2 dari 5 halaman

Kekurangan Vitamin A Dapat Menyebabkan Penyakit Mata

Penyakit Kekurangan Vitamin © Diadona

Vitamin A punya peran yang esensial dalam untuk penglihatan, sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit hingga reproduksi. Makanya, penyakit kekurangan vitamin A berkaitan dengan masalah-masalah tersebut, antara lain:

Mata Kering

Kesehatan mata adalah masalah yan paling sering dikaitakn dengan penyakit kekurangan vitamin A. Tanda pertama kondisi ini ditunjukkan dengan mata kering atau nggak keluarnya air mata. Dalam kasus ekstrim, ini bisa mengakibatkan kebutaan total mata.

Rabun Senja

Ini adalah penyakit kekurangan vitamin A yang ekstrim dan menjaid masalah yang luas di beberapa negara. Namun hasil penelitian membuktikan kalau pemberian vitamin A dalam bentuk suplemen dan vitamin bisa mempenrbaiki kondisi tersebut sampai sekitar 50%.

Sulit Hamil

Tahu nggak sih kalau vitamin A ini diperlukan untuk reproduksi pria dan wanita, serta perkembangan yang tepat pada bayi. Ada penelitian yang menunjukkan kalau tikus betina yang kekurangan vitamin A akan sulit hamil atau mungkin embrio mengalami cacat lahir.

Penyembuhan Bekas Luka

Melansir Healthline, ada kemungkinan bahwa uka yang nggak segera sembuh ada kaitannya dengan rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Ini terjadi karena vitamin A mendorong pembentukan kolagen , komponen penting dari kulit yang sehat

Pertumbuhan Lambat

Dalam masa tumbuh kembang anak, asupan vitamin A yang cukup sangat diperlukan lho. Sebuah penelitian yang dilakukan di Indonesia menegaskan fakta ini. Sebanyak 1000 anak di Indonesia yang mengalami kasus kekurangan vitamin A diuji coba dengan mengkonsumsi suplemen dosis tinggi selama empat bulan. Hasilnya, mereka mengalami pertambahan berat badan 04 sentimeter lebih banyak ketimbang mereka yang tidak.

3 dari 5 halaman

Penyakit Kekurangan Vitamin C

Penyakit Kekurangan Vitamin © Diadona

Vitamin C diperlukan untuk kesehatan dan perbaikan berbagai jaringan di tubuh, termasuk kulit, tulang, gigi, dan tulang rawan. Bila kekurangan vitamin C ini terjadi terus menerus, seseorang bisa terkena beberapa kondisi, salah satunya penyakit kudis.

Dalam diet seimbang, seorang wanita emmerlukan setidaknya 75 mg vitamin C setiap hari, sementara pria emmbtuuhkan 90 mg di tiap harinya. Kamu cuman membutuhkan 3/4 cup jeruk atau 1/2 cup brokoli matang untuk mencukupinya kok!

Meski begitu, bukan nggak mungkin ada saja orang yang kekurangan vitamin A. Kebanyakan ini karena kurangnya akses ke makanan yang mengandung vitamin C, bisa karena kondisi sosial hingga kondisi ekonomi.

Padahal, ada kemungkinan muncul penyakit kekurangan vitamin C, antara lain:

Penyakit Scurvy

Adalah penyakit akibat kekurangan vitamin C yang bisa menyebabkan anemia, tubuh lemah, lelah, pendarahan spontan, nyeri di tungkai bahkan mungkin ulserasi pada gusi ssampai kehilangan gigi.

Kok seram sih?

Vitamin C dibutuhkan dalam proses pembuatan kolagen, suatu komponen penting dalam jaringan ikat. Nah, jaringan ikat ini penting untuk struktur dan dukungan dalam tubuh, termasuk struktur pembuluh darah. Kalau tubuh kekurangan kolagen, maka jaringan ikat akan mulai mengalami kerusakan.

Penyakit ini ternyata sudah ada sejam zaman dulu lho dan sering menimpa para pelaut yang menghabiskan banyak waktu hidup mereka di laut dan kekurangan pasokan produk segar. Penyakit kekurangan vitamin C ini bisa menyebakan kematian.

Gusi Berdarah

Kalau kamu punya kondisi gusi yang kerap berdarah atau bengkjak, siapa tahu itu terjadi karena kamu kurang asupan vitamin C lho. Vitamin C menjaga pembuluh darahtetap sehat, dan membantu pembekuan darah. Vitamin ini juga penting untuk kesehatan gigi dan juga gusi.

Kulit Kering dan Keriput

Ingin kulit halus dan juga lembut? Coba deh tingkatkan asupan vitamin C harianmu. Laman Web MD menulis kalau konsumsi vitamin C yang cukup bisa bikin kulit lebih glowing karena vitamin ini yang berperan seabgai antioksidan, membantu melindungi kulit dari radikal bebas.

4 dari 5 halaman

Penyakit Kekurangan Vitamin B

Penyakit Kekurangan Vitamin © Diadona

Dikutip dari Alo Dokter, kekurangan vitamin B bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulai dari penyakit beri-beri, kesemutan hingga anemia. Penyakit kekurangan vitamin B ini juga tergantung pada vitamin B apa sih yang bermasalah. Karena tahu kan aklau vitamin B memiliki banyak jenis yangd isebut dengan vitamin B kompleks.

Penyakit Beri-Beri

Adalah penyakit kekurangan vitamin B1, yang mana jumlah minimal yang direkomendasikan antara 1 sampai 1.4 mg per hari. Gejala penyakit beri-beri nampak dari sesak napas, gerakan mata yang tidak normal, detak jantung meningkat, kaki bengkak, dan muntah-muntah.

Penyakit Wernicke

Tiamin atau vitamin B1 membantu otak dan sistem saraf mengubah gula menjadi energi. Apa yang terjadi bila tubuh kekurangan vitamin ini? Maka kerja otak dan sistem saraf akan tergganggu, menyebabkan kerusakan di beberapa bagian organ ini termasuk di talamus dan hipotalamus.

Gejalanya berupa:

  • Linglung
  • Penurunan kesadaran
  • Penglihatan ganda
  • Jatuhnya kelopak mata atas
  • Gerakan nggak wajar pada bola mata
  • Gangguan keseimbangan dan sulit berjalan

Penyakit kekurangan vitamin B lainnya juga termasuk diantaranya:

Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia megaloblastik , suatu kondisi di mana sumsum tulang menghasilkan sel darah merah besar berbentuk tidak normal yang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, penderita bisa mengalami demensia, paranoia, depresi, dan perubahan perilaku.

Vitamin B6

Bila jumlahnya nggak mencukupi dalam tubuh, ini bisa menyebabkan anemia serta gangguan kulit, ruam gatal atau juga retakan di sekitar mulut.

Vitamin B1 dan B2

Kekurangan kedua penyakit ini akan menimbulkjan gejala yang sama seperti kekurangan vitamin B6.

Vitamin B3

Kekurangan vitamin B menyebabkan masalah pencernaan mulai dari mual dan kram perut. Bila parah, seseorang bisa mengalami kebingungan mental.

Vitamin B9

Vitamin ini sering disbeut dengan asam folat, suatu nutrisi yang seringd isebut punya peran penting dalam mengurangi risiko cacat lahir saat dikonsumsi ibu hamil.

5 dari 5 halaman

Penyakit Kekurangan Vitamin D

Salah satu penyakit kekurangan vitamin ini adalah Rakitis. Seperti apa penyakitnya?

Penyakit Rakitis

Sinar UV dari sinar matahari membantu sel kulit mengubah prekursor vitamin D dari keadaan tidak aktif menjadi aktif. Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan fosfat dari usus. Bila tubuh kekurangan vitamin D, maka tubuh jadi nggak menyerap cukup kalsium dari makanan yang masuk ke tubuh, sehingga menyebabkan kadar kalsium dalam darah jadi rendah. Akibatnya, terjadi kelainan tulang dan gigi, serta masalah saraf hingga otot.

Vitamin D ini bisa didapat dari makanan, seperti susu, telur, dan ikan. Nah, kulit tubuh menghasilkan vitamin D sebagai respons terhadap sinar matahari.

penyakit kekurangan vitamin mungkin akan muncul dalam gejala ringan. Namun bila terus berlanjut, bukan nggak mungkin akan hadir dengan gejala berat.

Beri Komentar