11 Ciri-Ciri Penyakit Lupus pada Wanita, Pengobatan dan Penyebabnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 16 Februari 2021 14:44
11 Ciri-Ciri Penyakit Lupus pada Wanita, Pengobatan dan Penyebabnya
Ciri-ciri penyakit lupus yang paling khas yakni keberadaan ruam seperti kupu-kupu di pipi dan hidung. Namun gejala lainnya terlihat samar, membuatnya sulis didiagnosa

Ciri-ciri penyakit lupus sering kali tak sama tiap penderita. Ini terjadi karena lupus menyerang bagian tubuh yang berbeda. Belum lagi ternyata ada banyak orang yang tak bergejala sama sama sekali.

Penyakit ini adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh penderita justru menyerang jaringan atau organnya sendiri. Dan peradangan tersebut mempengaruhi sistem tubuh yang berbeda, mulai dari persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung dan paru-paru.

Dan kayak yang udah Diadona sebutkan di bagian awal artikel-ciri-ciri penyakit lupus bisa berbeda satu sama lain dan mirip dengan penyakit lainnya. Akibatnya, penyakit ini bisa sulit didiagnosis.

Lebih lanjut tentang ciri-ciri penyakit lupus, yuk langsung aja simak uraian Diadona dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Penyakit Lupus pada Wanita

Ciri-Ciri Penyakit Lupus © Diadona

Tahukah kamu kalau sekitar 90 persen pasian lupus adalahw anita berusia antar 15 sampai 45 tahun lho. Meski begitu, pria masih bisa berpotensi terkena penyakit ini.

Bila jenis kelamin adalah salahs atu faktor risiko penyakit ini, lalu apakah ciri-ciri penyakit lupus akan berbeda juga pada keduanya? Jawabannya adalah : iya.

Dikutip dari Very Well Health, ciri-ciri penyakit lupus pada pria antara lain:

  • Radang kantung di sekitar paru-paru
  • Penyakit ginjal
  • Kemerahan, kulit bersisik
  • Anemia hemolitik, terjadi karena kerusakan sel darah merah
  • Antikoagulan lupus yang bisa meningkatkan pembekuan darah yang tidak normal
  • Kejang

Meski begitu ada banyak kesaman ciri-ciri pada kedua jenis kelamin itu kok. Secara umum, ciri dari penyakit autoimun ini adalah:

Ngerasa Capek Sepanjang Waktu

Ini adalah ciri-ciri penyakit lupus yang paling umum dan menyerang sebagian besar penderitanya. Kelelahan yang mereka alami bisa sangat melemahkan, banyak nggak jarang bikin mereka nggak bisa melakukan aktivitas.

Masih nggak jelas mengapai ciri-ciri penyakit lupus berupa kelelahan ini bisa muncul. Kemungkinan, ini ada aktivitas penyakit dan tingkat nyeri, obat-obatan yang diminum, usia, kesehatan mental atau fisik yang buruk, dan nggak adanya dukungan sosial yang memadai.

Bengkak di Sekitar Persendian

Kebanyakan penderita mengungkapkan kalau nyeri sendi ini adalah ciri-ciri penyakit lupus yang pertama kali mereka alami dan merupakan ciri yang paling utama. Nyeri ini terjadi terutama saat ada peningkatan aktiviats penyakit atau saat penyakit kambuh. Kemungkinan ini terjadi karean tubuh sedang merespon peradangan tubuh

Sariawan

Salah satu ciri-ciri penyakit lupus yaitu keberadaan sariawaqn di langit-langit mulu, gusi, pipi dan juga dalam bibir. Sariawan tersebut terasa nggak sakit tapi juga mungkin terasa nyeri.

Penyakit Mata

Penderita mungkin mengalami mata kering, radang mata atau rum di kelopak mata.

Sakit Kepala

Selain menyerang persendian, kulit, ginjal dan lainnya, penyakit lupus juga mungkin mempengaruhi sistem saraf dan otak. Bila ini terjadi, penderita bisa mengalami sakit kepala hingga sulit konsentrasi.

Demam Suhu Rendah

Ciri-ciri penyakit lupus ini sering kali disebabkan karena peradangan atau infeksi. Obat lupus dapat membantu mengatasi dan mencegah demam.

Nyeri Dada

Lupus bisa memicu peradangan pada lapisan paru-paru. Akibatnya, penderita bisa merasakann nyeri dada saat menarik napas dalam.

Rambut Rontok

Ini bisa terjadi karena adanya infeksi atau kosumsi obat penyakit lupus.

Masalah Ginjal

Setengah dari penderita penyakit lupus ini juga memiliki masalah ginjal, yang disebut lupus nephritis. Ini akan menimbulkan penambahan berat badan, bengkaknya pergelangan kaki, tekanan darah tinggi dan juga penurunan fungsi ginjal.

Peka Terhadap Sinar Matahari

Kebanyakan penderita lupus sensitif terhadap cahaya, suatu kondisi yang disebut fotosensitifitas. Pad tubuh mereka, paparan cahaya bisa menyebabkan ruam, demam, kelelahan, atau nyeri sendi pada beberapa penderita lupus

Masalah Kulit dan Rambut

Nggak sedikit penderita yang mengalami masalh pada kulit dan rambut. Salah satunya yaitu ruam berbentuk kupu-kupu di pipi dan hidung yang merupaka salah satu ciri-ciri penyakit lupus paling khas.

Ada juga masalah kerontokan rambut dan memutihnya kaki serta tangan atau membiru dan mati rasa.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Ciri-Ciri Penyakit Lupus © Diadona

Pengobatan penyakit lupus tergantung pada tanda dan ciri-ciri penyakit lupus yang dialami. Melansir Mayo Clinic, menentukan pengobatan apa sih yang tepat untuk penderita memerlukan diksusi yang cermat karena berkaitan dnegan manfaat dan risiko kesehatan.

Obat-obatan yang diberikan kepada penderita lupus ini tergantung pada kambuh atau meredanya gejala. Misalnya saat gejala kambuh, berarti perlu dicermati lagi jenis dan dosis obat yang diberikan dan sebaliknya.

Secara umum, pengobatan yang paling sering diberikan kepada penderita yakni:

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), contohnya ibuproven yang berguna untuk meredakan nyeri dan bengkak/

Obat antimalaria, untuk mempengaruhi sistem kekebalan dan juga menurunkan risiko kambuhnya penyakit.

Kortikosteroid sebagai perlawanan peradangan

Imunosupresan, berguna untuk menekan sisitem kekebalan. Obat penyakit lupus ini diberikan pada kasus yang serius.

Selain pengobatan, Mayo Clinic juga menyarankan penderita untuk mengubah gaya hidup untuk mencegah kambuhnya penyakit, mulai dari rutin memeriksakan diri, tidak terkena sinar mtaharia berlebih, berolahraga, jangan merokok, makan yang sehat dan konsumsi suplemen bila dibutuhkan.

Sementara itu, masih ada beberapa obat tradisional yang disebut mampu mengurangi peradangan dan gejala pada penyakit ini.

3 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Lupus dan Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Penyakit Lupus © Diadona

Karena penyakit lupus merupakan kondisi autoimun, hingga kini penyebab pastinya masih belum jelas. Variasi gambaran klinisnya juga luas dan tampilan perjalanan penyakit yang bergaam. Faktor genetik, imunologi dan hormonal hingga lingkungan diduga berperan dalam penyakit lupus ini.

Ciri-ciri penyakit lupus yang bisa samar seperti penyakit lain membuat kondisi ini sulit dideteksi sejak dini.

 

Beri Komentar