10 Penyebab Varises pada Ibu Hamil, Setelah Melahirkan dan di Kemaluan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 4 Agustus 2020 15:09
10 Penyebab Varises pada Ibu Hamil, Setelah Melahirkan dan di Kemaluan
Penyebab varises nggak cuman terjadi karena duduk atau berdiri terlalu lama.

Keberadaan varises yang biasanya muncul di kaki sering menarik perhatian, dan bikin penderitanya jadi nggak pede memakai celana atau rok pendek. Berdasatkan apa yang pernah saya denger waktu saya kecil, penyebab varises karena menekuk kaki setelah berolahraga.

Tapi, apakah benar?

Penyakit varises ini terjadu saat pembuluhh darah membesar, melebar, dan dipenuhi dengan darah. Varises ini biasanya tampil menonjol di kulit, punya warna kebiruan, ungu atau kemerahan dan sedikit bengkak. Kadang memang varises menimbulkan rasa sakit yang ringan, tapi nggak berbahaya kok.

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Varises

Penyebab Varises © Diadona

Karena keberadaannya yang suka mengganggu penampilan, apa sih kira-kira penyebab varises ini?

Menlansir dari Web MD, berikut penjelasannya.

Jadi, untuk membantu mengedarkan darah kaya oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, arteri memiliki lapisan otot jaringan elastis yang tebal. Trus buat mendiring darah kembali ke jantung, pembuluh dara sangat bergantung pada otot-otot di sekitarhya dan jaringan katup satu arah.

Saat darah mengalir di pembuluh darah, katp-katup ini laksana pintu yang secara bergantian membuka untuk memungkinkan darah masuk, dan menutup biar mencegah aliran balik pada darah.

Pada penderita varises, katup ini nggak berfungsi dengan baik. sEhingga memungkinkan darah baut menggenang di vena dan menylitkan otot buat mendorong darah 'menanjak'. Alih-alih mengalir dari satu katup ke katup berikutnya, darah terus menggenang di vena, membuat tekanan di vena meningkat. Akibatnya? vena jadi bengakk dan memuntal

Karena vena superfisisal atau vena yang berada di dekat permukaan kulit ini punya dukungan otot lebih sedikit, maka cenderung jadi penyebab varises.

Pertanyaannya, kenapa sih katup vena nggak berfungsi dengan baik da kemudian jadi penyebab varises? Ada beberapa penyebab, diantaranya:

Obesitas

Dikutip dari SF Vein Center, obesitas bakalan membrikan tekanan ekstra pada vena kaki dan katupnya. Ini memnbutanya lebih sulit dipompa melawan gravitasi untuk kembali ke jantung.

Seiring waktu, tekanan tambahan dari berat badan ekstra ini akan jadi penyebab varises.

Berdiri Terlalu Lama

Berdiri terlalu lama merupakan penyebab varises karena vena terlalu banyak bekerja dan darah dapat menggenang di vena tungkai. Akibatnya, terjadi peningkatan tekanan pada vena-vena tersebut dan katup jadi lemah.

Duduk Terlalu Lama

Trus duduk terlalu lama bukan jadi solusi, malah bisa jadi penyebab varises lho. ini karena darah bakalan bsia menggenang di kaki, meningkatkan tekanan vena dan jadi penyebab varises.

Konstipasi Kronis

Saat konstipasi, terjadi peningkatan vena pada tungkia bawah di mana varises kemungkinan besar muncul. Untuk mencegahnya, kamu harus makan banyak serat dan juga perbanyak minum air putih.

Bertambahnya Usia

Semakin tua maka risiko terjadinya varises semakin meningkat. Ini terjadi karena aus pada katup vena yang mengatur aliran darah.

Tapi tahu nggak sih kalau banyak juga varises menimpa orang dewasa muda? Ini bisa terjadi kemungkinan karena faktor keturunan

Genetika

Kalau kamu punya anggota keluarga yan punya varises, maka kamu juga cenderung baklaan punya varises lho. Ini karena genetika punya peran sebagai penyebab varises.

Dan btw nih, bertentangan dengan mitos yang banyak tersebar bahwa sebenarnya menekuk kaki bukanlah penyebab varises. Hanya memang bakalan membuat varises yang sudah ada jadi lebih parah.

2 dari 4 halaman

Penyebab Varises pada Ibu Hamil

Penyebab Varises © Diadona

Volume darah ekstra yang dihasilkan tubuh selama kehamilan sangat penting untuk mendukung dua tubuh yang sedang tumbuh. Namun, hal itu juga memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah- terutama pembuluh darah di kaki yang harus bekerja melawan gravitasi untuk mendorong semua darah ekstra kembali ke jantung.

Ditambah juga adanya penambahan berat badan, serta tekanan rahim yang sedang berkembang akan berpengaruh pada pembuluh darah panggul. Ditambah juga keberadaan hormon esktra yang diproduksi oleh tubuh. Maka bisa dilihat kan kalau penyebab varises pada ibu hamil bukan karena faktor tunggal melainkan gabungan dari berbagai faktor.

Varises bisa muncul kapan aja selama masa kehamilan, tetapi mereka cenderung jadilebih besar dan lebih jelas ketika saat usai kehamilan semakin besar.

Jangan khawatir, nantinya varises itu bakalan menghilang seperti saat sebelum hamil kok.

3 dari 4 halaman

Penyebab Varises di Kemaluan

Penyebab Varises © Diadona

Disebut dengan Vulvar varicosities (VV), yakni varises yang muncul di vulva. vulva adalah area genital ekstrenal wanita.

Banyak wanita mengalami ini selama kehamilan. Penyebab varises di vulva ini karena perubahan aliran darah dan peningkatan kadar hormon dapat menyebabkan pembuluh darah di vulva membesar. Ini menyebabkan rasa sakit atau gejala lain bagi sebagian orang.

Untuk orang yang sedang hamil, VV biasanya hilang tanpa perawatan setelah melahirkan. Kalau nggak hilang, atau mungkin terjadi di luar masa kehamilan, ada banyak ko pilihan perawatan yang bisa untuk mengurangi dan meminimalkan gejalanya.

Sangat mungkin lho seseorang menderita VV ini tanpa mengetahuinya. Ini karena sulit buat melihat vulva dan mengidentifikasi perubahannya, terutama saat kehamilan.

VV terjadi pada labia mayor dan minor, bibir dan lipatan kulit vulva. Beberapa gejala visual VV termasuk:

  • Vena yang tampak bengkok dan menonjol keluar dari kulit
  • Vena yang lunak dan berwarna biru atau ungu

Kalau varises yang muncul pada kelamin laki-laki, mungkin nggak sih? Mungkin dong, dan ini sebenarnya bukan varises melainkan pembuluh darah yang menonjol.

Penyebabnya antara lain :

  • Genetika
  • Umur
  • Frekuensi dan intensitas aktivitas fisik
  • Kesehatan jantung
  • Kondisi medis

4 dari 4 halaman

Penyebab Varises setelah Melahirkan

Penyebab Varises © Diadona

Varises tersebut kemungkinan muncul saat kehamilan, seperti yang udah Diadona jlasin di bagian depan artikel ini. Bagi sebagian waniram varises ini cenderung membaik setelah kehamilan ketika kadar progesteron kembali normal. Tapi bagi yang lain,varises ini bisa aja tetap di kaki bahkan setelah melahirkan. Selain itu, varises juga malah semakin memburuk dengan kehamilan berturut-turut.

Apa penyebab varises ini?

Kehamilan Kembar

Saat hamil kembar, produksi hormon dan pasokan darah mungkin akan lebih banyak ketimbang hamil tungal. Ditambha juga berat janin bertambah, dan proses melahirkan juga lebih berat. Ini nih yang jadi penyebab varises.

Kehamilan Sebelumnya

Seorang wanita bakalan berisiki terkena varises setelah melahirkan bila ini adalah kehamilan kedua, atau ketiga, atau seterusnya. Penyebab varises ini yakni karena penurunan kulitas kerja pembuluh darah, ditambah berkurangnya kemampuan memulihkan diri.

Jarang Bergerak

Untuk setelah melahirkan, nggak ada salahnya untuk sedikit melakukan aktivotas fisik guna melancarkan peredaran darah Karena peredaran darah yang terhambat bakalan bikin tekanan dalam pembuluh darah meningkat lalu jadi penyebab varises.

Berat Badan Berlebih

Ibu hamil memang identik dengan kenaikan berat badan. Tapi bisa juga setelah melahirkan, berat badan tersebut nggak segera kembali ke angka semula. Nah, ini deh yang jadi penyebab varises.

Penyebab varises ada yang bisa kamu hindari dan nggak bisa. Untuk yang tidak bisa dicegah, jangan khawatir karena ada banyak cara gimana menyamarkan atau menghilangkan varises.

Beri Komentar