Cara Menghilangkan Varises Ringan dengan Es Batu dan Bawang Putih secara Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 5 Februari 2020 13:54
Cara Menghilangkan Varises Ringan dengan Es Batu dan Bawang Putih secara Cepat
Cara sederhana berikut ternyata bisa menyamarkan penampakan varises di kaki kamu.

Sudah sering mendengar namanya dan melihat bentuknya. Tapi, apasih varises itu? Apa yang menyebabkan seseorang terkena varises?

Jadi begini. Varises terjadi saat pembuluh darah seseorang membengkak dan membesar. Ini terjadi ketika katup-katup di pembuluh darah tersebut jadi lemah, sehingga pembuluh darah jadi bengkok, membesar dan sangat terlihat.

Varises bisa sangat terlihat menonjol karena warnanya yang biru tua atau ungu, mereka juga sering menonjol keluar dari bawah kulit. Sebenarnya varises bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Hanya, sering ada di betis karena tekanan saat berjalan kaki.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, berikut cara menghilangkan varises, membantu memperbaiki gejalanya dan mengelola kondisi varises tersebut.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Varises dengan Es Batu

Ilustrasi Es Batu © Diadona

Varises memang nggak sedang dipandang. Namun yang paling buruk, varises bikin kaki jadi sakit banget bahkan terasa gatal. Ada beberapa cara menghilangkan varises yang disebut ampuh dan berhasil, salah satunya yakni dengan menggunakan es batu.

Seberapa efektifkah?
Cara menghilangkan varises bisa dilakukan dengan memerangi peradangannya. Beberapa dokter akan menggunakan obat antiinflamsi non steroid seperti misalnya ibuprofen, yang dapat mengurangi bengkak di kaki.

Nah, es batu juga merupakan anti inflamasi alami, yang itu berarti bisa sebagai cara menghilangkan varises. Gunakan kompres es di kaki atau taruh kaki kamu dalam seember air es. Es juga mengurangi rasa sakit akibat varises.

Aplikasi dingin pada varises juga akan membatasi aliran darah ke area, dan membuat penampilan pembuluh darah yang membengkak menjadi kurang jelas. Sebagai cara menghilangkan varises, disarankan juga untuk mandi air dingin atau hangat setiap saat agar aliran darah tetap sehat.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Varises Ringan

Ilustrasi Kaki © Diadona

Bila varisesmu masih dalam kategori ringan, maka kamu harus segera mencari cara menghilangkan varises untuk meningkatkan kemungkinan sembuh secara optimal.

Olahraga

Olahraga bsia menjadi cara menghilangkan varises karena mendorong sirkulasi darah yang lebih baik di kaki, yang membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Selain itu, olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah seseorang , yang merupakan faktor lain penyebab varises.

Olahraga yang digunakan untuk cara menghilangkan varises diantaranya renang, jalan-jalan, bersepeda, maupun yoga.

Makan Sehat

Cara menghilangkan varises dapat kamu lakukan dengan melakukan sedikit perubahan makanan. Mengapa? Ini karena ada beberapa makanan yang bisa bikin varisesmu makin parah. Contoh nih, makanan yang asin atau kaya natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air dan secara tidak langsung menyebabkan varises. Sebagai cara menghilangkan varises, coba deh konsumsi makanan tinggi kalium untuk membantu mengurangi retensi air.

Untuk cara menghilangkan varises juga bisa kamu lakukan dengan konsumsi makanan tinggi serat. Ini pentinbg karena makan serat membantu menjaga buang air besar dan mencegah sembelit, dan mengejan bisa memperburuk katup yang rusak.

Konsumsi Makanan Tinggi Flavonoid

Cara menghilangkan varises bisa kamu lakukan dengan konsumsi makana tinggi flavonoid. Ini karena flavonoid meningkatkan sirkulasi darah, yang akan membuat darah terus mengalir, dan membuatnya cenderung tidak menggenang di pembuluh darah.

Flavonoid juga membantu mengurangi tekanan darah di arteri dan dapat mengendurkan pembuluh darah, yang semuanya dapat sebagai cara menghilangkan varises.

Makanan tinggi flavonoid diantaranya sayuran, termasuk bawang , paprika, bayam, dan brokoli, buah jeruk dan anggur, ceri, apel, dan blueberry dan bawang putih.

Pakai Pakaian Longgar

Ini karena pakaian ketat bisa membatasi aliran darah. Kamu mungkin merasa kalau badanmu jauh lebih rileks karena aliran darah yang lancar, karena pakaian longgar nggak membatasi suplai darah ke tubuh bagian bawah.

Alih-alih pakai sepatu hak tinggi, gunakan sepatu datar untuk cara menghilangkan varises di kaki.

Banyak Beraktivitas

Cara menghilangkan varises yakni dengan menghindari untuk duduk berlama-lama. Kalau kamu harus duduk untuk bekerja, misalnya, maka sering-sereing deh jalan-jalan untuk bergerak atau mengubah posisi agar darah mengalir dengan lancar.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Varises dengan Cepat

Kram Kaki © Diadona

Keberadaan varises akan mengganggu penampilan. Bahkan ada saatnay varises bikin kamu bingung mau mutusin pakai baju yang mana, demi agar varises nggak terlihat. Coba deh intip gimana cara menghilangkan varises dengan cepat.

Stoking Kompresi

Kamu bisa menggunakan stoking kompresi untuk cara menghilangkan varises. Stoking ini banyak tersedia di apotik, dengan cara kerja memberikan tekanan pada kaki.Stoking ini membantu otot dan pembuluh darah untuk menggerakkan darah menuju jantung.

Sebuah studi dari 2018 menemukan bahwa orang yang menggunakan stocking kompresi setinggi lutut dengan tekanan 18 hingga 21 mmHg selama satu minggu, melaporkan adanya pengurangan rasa sakit terkait dengan varises.

Angkat Kaki

Eits, bukan berarti tiba-tiba kamu mengangkat kaki yah. Sebagai cara menghilangkan varises, coba angkat kaki kamu saat kamu sedang duduk atau istirahat. Dengan menjaga kaki agar berada di ketinggian yang sama dengan jantung, misalnya, akan membantu meningkatkan sirkulasi. Ini sebagai cara menghilangkan varises karena mengurangi tekanan pada vena kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir dengan lancar kembali ke jantung.

Melakukan Pijat

Cara menghilangkan varises yakni dengan memijat, karena dapat membantu menjaga darah mengalir melalui pembuluh darah. Gunakan minyak pijat lembut atau pelembab untuk efek optimal.

Namun penting banget untuk diiingat saat kamu melakukan pijat dalam cara menghilangkan varises, yakni menghindari menekan langsung ke vena, karena hal ini dapat merusak jaringan yang rapuh.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Varises dengan Bawang Putih

bawang putih © Diadona

Tanaman yang satu ini kayaknya memang multifungsi banget yaa, bahkan salah satunya bisa sebagai cara menghilangkan varises. Dilansir dari hawaiivein.com, bawang putih dapat membantu memecah dan membuang racun pada tubuh, yang secara lebih lanjut dapat mengurangi peradangan varises, dan cara menghilangkan varises.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai cara menghilangkan varises, kamu perlu melakukan tahapan sebagai berikut:

  1. Iris enam siung bawang putih dan masukkan ke dalam stoples kaca bersih.
  2. Peras air dari tiga buah jeruk lalu amsukkan ke dalam toples.
  3. Tambahkan juga dua sendok makan minyak zaitun.
  4. Biarkan campuran selama sekitar 12 jam.
  5. Kocok botol dan kemudian tuangkan beberapa tetes larutan ke jari-jari kamu.
  6. Pijatkan urat yang meradang dengan ramuan tersebut dalam gerakan memutar selama 15 menit.
  7. Bungkus area itu dengan kain katun dan biarkan semalaman.
  8. Ulangi setiap hari selama beberapa bulan.

Beri Komentar