10 Penyebab Penyakit Stroke Ringan dan Penanganannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 19 Juni 2020 20:33
10 Penyebab Penyakit Stroke Ringan dan Penanganannya
Penyebab penyakit stroke kebanyakan berputar dari pola hidup yang nggak sehat. Coba inget-inget, sudah berbuat baik apa pada jantungmu hari ini?

Penyebab penyakit stroke secara umum yaitu saat aliran darah ke otak tiba-tiba terputus. Padahal, tanpa oksigen yang ada dalam darah, sel-sel otak bakalan mulai mati.

Secara garis besar, sebenarnya ada dua penyebab penyakit stroke yang utama, yaitu arteri tersumbat atau bocornya pembuluh darah. Sementara beberapa orang mungkin cuman mengalami gangguan sementara aliran darah ke otak, yang dikenal sebagai transient ischemic attack atau stroke ringan.

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Stroke secara Umum

Penyebab Penyakit Stroke © Diadona

Stroke Iskemik

Penyebab penyakit stroke iskemik yaitu penyumpatan arteri yang memasok darah ke otak.

Jadi, ada dua kemungkinan. Pertama, ada timbunan lemak ata gumpalan darah yang menumpuk di pembuluh darah, yang mmbuat alirannya jadi macet.

Kedua, ada gumpalan di lokasi lain yang kemudian terbawa bersama dengan aliran darah trus masuk ke pembuluh darah di otak.

Stroke Hemoragik

Penyebab penyakit stroke hemoragik yaitu pecahnya pembuluh darah di otak.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Penyakit Stroke?

Penyebab Penyakit Stroke © Diadona

Nah, awal mula kenapa penyebab penyakit stroke itu bisa terjadi karena ada beberapa hal yang menyangkut gaya hidup dan tentu bisa kita kendalikan. Apa aja?

Tekanan Darah Tinggi

Ini merupakan penyebab enyakit stroke terbesar. Kalau tekana darah seseorang ada di angka 140/90 atau lebih, wah, hrus hati-hati nih.

Merokok

Nikotin bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah, yang merupakan penyebab penyakit stroke. Selain itu, asap rokok menyebabkan penumpukan lemak di arteri leher utama, megentalkan darah dan mungkin banget membuat darah membeku.

Penyakit Jantung

Ada banyak banget jenis penyakit jantung, termasuk masalah di katupm hingga detak jantung yang nggak teratur. Tapi ini cuman menyumbang seperempat dari penyebab penyakit stroke.

Diabetes

Orang dengan diabetes cenderung punya tekanan lebih tinggi dan kelebihan berat badam. Keduanya merupakan penyebab penyakit stroke.

Ditambah, diabetes merusak pembuluh darah, membaut stroke jadi lebih mungkin.

Obesitas

Peluang seseorang terkena stroke bisa meningkat pada mereka yang kelebihan berat badan.

Obat-Obatan

Ada beberapa obat yang bisa meningkatkan peluang terkena penyakit stroke.

Kolesterol Tinggi

Kenapa kolestreol bisa menjaid penyebab penyakit stroke? Karena kolesterol bisa menyebbakn timbunan lemak menumpuk dipembuluh darah, yang akhirnya mebaut pembuluh darah itu menyempit dan kaku, sehingga darah sulit mengalir.

Riwayat dalam Keluarga

Ini menjadi penyebab penyakit stroke karena diabetes dan tekanan darah tinggi cenderung menurun pada keluarga. Ditambah, serangan stroke juga bisa muncul karena kelainan genetik yang membuat darah nggak bisa mengalir ke otak.

Umur

Ini nggak berarti seseorang yang ada di umur tertentu trus tiba-tiba terkena penyakit stroke ya, melainkan risiko penyakit stroke meningkat saat seseorang berumur tertentu, dalam hal ini yakni 55 tahun.

Nggak Berolahraga

Olahraga bisa membantu menurunkan darah tinggi, yang merupakan salah satu penyebab penyakit stroke. Untuk pencegahan, lakukan olahraga paling engga selama 30 menit dalam 5 hari seminggu.

Stres

ini karena stres bisa menuntun seseorang ke arah jalan hidup nggak sehat. Misalnya, stres bikin males gerak, makan makanan junk food, yang menjadi penyebab penyakit stroke.

Alkohol

Konsumsi alkohol bisa mengakibatkan naiknya tekanan darah,memicu terjadinya diabetes dan hipertensi yang menjadi penyebab penyakit stroke.

3 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Stroke Ringan

Jenis Penyakit Jantung © Diadona

Dalam bahasa medis, penyakit stroke ringan ini disebut dengan serangan iskemik sementara, yaitu saat penderita mengalami gejala stroke yang cuman sementara aja.

Stroke ringan ini nggak menyebabkan kerusakan yang permanen.

Penyebab penyakit Stroke Ringan

Stroke ringan ini terjadi kareka penurunan sementara pasokan darah ke bagian otak, yang mungkin terjadi selama lima menit aja.

Seperti halnya stroke iskemik, stroke ringan ini terjadi saat ada gumpalan yang mengalangi aliran darah ke bagian sistem saraf.

4 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Stroke dan Penanganannya

Jenis Penyakit Jantung © Diadona

Penanganan medis yang tepat dan perawatan secara cepat sangat penting biar seseorang pulih dari penyakit stroke. Bahkan, dari 'American Heart Association' menyebut kalau saat terkena seranga stroke, maka 'waktu yang hilang adalah otak yang hilang'.

Segera bawa ke dokter yah saat ada anggota keluarga yang terkena serangan penyakit stroke ini.

Stroke adalah penyeba utama kecacatan jangka panjang. Tapi, banyak yang bisa pulih dengan lengkap, ada juga yang masih terkena gangguan-gangguan kecil.

Pemuliha penyakit stroke berpusat pada empat hal, diantaranya:

  • Terapi bicara
  • Terap kognitif
  • Belajar lagi ketrampilan sensorik
  • Terapi fisik

Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Mengatasinya

Dan tentu aja, cara buat menghindari penyakit ini yaitu dengan jauh-jauh dari berbagai macam penyebab penyakit stroke, dintaranya:

  • Berhenti merokok
  • Berhenti minum alkohol
  • Menjaga berat badan
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Penyebab penyakit jantung sebenarnya bisa dihindari dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat kan?

Beri Komentar