14 Manfaat Air Hangat untuk Minum dan Mandi

Reporter : Sheila Fathin N
Kamis, 8 April 2021 19:07
14 Manfaat Air Hangat untuk Minum dan Mandi
Minum air hangat membuat badan kamu lebih sehat dah terhidrasi.

Manfaat air hangat sangat eksklusif. Beberapa orang banyak yang mengesampingkan manfaat dari air hangat itu sendiri. Mereka lebih suka mengkonsumsi kopi pada pagi hari. Bukanya tidak baik, hanya saja meminum kopi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. 

Dengan membiasakan diri mencoba untuk meminum segelas air di pagi hari akan memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh. Air hangat mampu membuat tubuh kita secara tidak langsung memperbaiki pencernaan hingga mampu untuk melegakan hidung tersumbat. Selain itu minum air hangat juga bagus untuk kecantikan tubuh, lho.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Hangat

Manfaat Air HangatManfaat Air Hangat © 2021 Pressfoto on Freepik

Minum air hangat memiliki banyak manfaat untuk. Apa saja itu?

Meredakan Hidung Tersumbat

Manfaat air hangat bila dikonsumsi saat sedang sakit flu atau sedang mengalami hidung tersumbat, air minum hangat dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan meredakan sakit kepala akibat dari rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Air minum hangat juga mampu membuat radang tenggorokan terasa lebih nyaman dan tidak sakit.

Dilansir dari Healthline.com, pada penelitian yang dilakukan tahun 2008, air minum panas, seperti teh atau air putih panas memberikan kelegaan yang cepat bagi orang yang terkena virus flu. 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Air minum hangat bagus untuk menjaga metabolisme, selain menjaga metabolisme, manfaat air hangat untuk minum adalah mampu memperlancar proses pencernaan kamu. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin meminum air hangat setiap pagi untuk memperlancar metabolisme kamu. Metabolisme kamu lancar, maka berat badan yang kamu inginkan akan segera kamu dapatkan. 

Meredakan Rasa Sakit Saat Menstruasi

Para wanita tentunya tahu bahwa setiap menjelang atau dimulainya menstruasi perut akan terasa sakit. Air hangat dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit atau kontraksi yang terjadi pada perut. 

Mampu Menurunkan Tingkat Stress

Manfaat minum air hangat lainnya ternyata mampu meningkatkan fungsi saraf otak yang mana mampu menurunkan rasa cemas yang terjadi. Pada tahun 2014, sebuah penelitian mengatakan bahwa apabila kamu kurang minum akan mengakibatkan rasa cemas yang berlebihan. Oleh karena itu, untuk tetap terhidrasi selama satu hari penuh adalah kunci untuk hidup sehat. 

2 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat Air HangatManfaat Air Hangat © 2021 dinamoka on Freepik

Mandi air hangat memberikan rasa relaksasi pada tubuh. Namun masih banyak lagi manfaat dari mandi dengan air hangat. Apa saja itu?

Menurunkan Gula Darah

Menurut Healthshot.com, manfaat air hangat untuk mandi dapat membantu menurunkan gula darah dan membakar kalori. Mandi air hangat akan membuat otot yang tegang pada tubuh mulai rileks.

Mengatasi Rasa Lelah

Setelah lama beraktivitas di luar rumah, tentu tubuh kamu akan terasa sangat lelah. Otot mulai terasa pegal dan kaku serta tubuh pun terasa berat. Mandi air hangat akan membantu kamu untuk menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Manfaat air hangat untuk mandi juga bisa membantu mengatasi peradangan pada sendi dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Tidur Menjadi Lebih Rileks

Badan kamu terasa begitu lelah, dan memutuskan untuk mandi dengan air hangat. Mandi air hangat dapat membuat kamu tidur lebih cepat dan rileks setelahnya. Hal itu karena manfaat air panas untuk mandi bisa membuat semua badan kamu yang terasa lelah langsung hilang dan rileks.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Lemon Hangat

Manfaat Air HangatManfaat Air Hangat © 2021 Gpointstudio on freepik

Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin C yang aman untuk penderita maag. Selain itu, lemon memiliki banyak manfaat yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Apa aja, sih?

Sumber Vitamin C yang Sangat Baik

Manfaat air hangat yang berasal dari buah Lemon adalah kaya akan vitamin C dan tinggi antioksidan yang mampu membantu melindungi sel dari radikal bebas. Air Lemon hangat juga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke dan menurunkan tekanan darah.

Air Lemon Mampu Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Healthline.com, air lemon memiliki antioksidan polyphenol yang signifikan. Sehingga, mampu mengurangi penambahan berat badan pada orang yang suka sekali makan. Selain itu air lemon hangat juga mampu memperlancar metabolisme tubuh kamu, lho.

Meningkatkan Kualitas Kulit

Manfaat air hangat pada minuman Lemon dapat mengurangi kerutan pada kulit. Kulit akan menjadi lebih lembab. Air lemon hangat kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Air lemon juga mampu membuat kulit terhindar dari keriput.

4 dari 4 halaman

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

Manfaat Air HangatManfaat Air Hangat © 2021 freepik.com

Manfaat air hangat untuk merendam kaki adalah bentuk dari treatment sederhana untuk memanjakan diri. Selain itu, apa aja yang akan kamu dapatkan dari merendam kaki secara rutin?

Mengatasi Nyeri Otot Kaki

Melakukan banyak aktivitas membuat kaki akan terasa sakit atau lelah pada bagian tertentu, apalagi pada bagian sendi. Manfaat air hangat untuk merendam kaki yang terasa lelah mampu membantu mengatasi nyeri otot kaki akibat kelelahan dengan semua aktifitas yang sudah dijalani.

Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki sering disebabkan karena kaki kita sering tertutup oleh sepatu sepanjang hari. Akhirnya, membuat kaki kita menjadi lembab dan muncullah bakteri. Manfaat air hangat yang bisa dilakukan untuk merendam kaki adalah dengan mencampurkan garam dengan air hangat. Kemudian, mulailah merendamkan kaki selama 10-20 menit. 

Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Manfaat air hangat yang dicampur dengan garam juga bisa menghilangkan pecah-pecah pada kaki. Selain itu perlunya konsistensi untuk merawat kaki yang pecah-pecah.

Itulah sedikit dari manfaat air hangat yang bisa kamu coba di rumah. Kamu juga bisa melakukan treatment sederhana untuk merileksasikan tubuh kamu ketika lelah. 

Beri Komentar