14 Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 4 Mei 2021 16:19
14 Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan Ibu Hamil
Buah sukun ini bisa dikonsumsi dengan cara berbagai macam, lho

Manfaat buah sukun bagi kesehatan sangat beragam. Satu buah sukun mengandung serat, protein, omega 3, omega 6, zat besi hingga kalsium. Sebenarnya buah sukun ini masuk ke dalam kategori sayuran karena masuk ke dalam famili murbei.

Sukun bisa dikonsumsi dan dijadikan menu masakan apa saja mulai dari di sayur hingga di goreng. Buah sukun sendiri mengandung zat tepung yang mirip dengan kentang. Sukun memiliki banyak manfaat kesehatan, dan manfaat ini terbukti pada kulit dan rambut. Buah sukun memiliki banyak manfaat kesehatan, dan manfaat ini terbukti pada kulit dan rambut. Sebenarnya, buah sukun ini tidak hanya bermanfaat bagi kulit dan rambut saja. Masih banyak manfaat yang bisa dirasakan. Nah, apa saja manfaat buah sukun ini?

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sukun Goreng

Manfaat Buah Sukun © Diadona

Buah sukun bisa juga dinikmati dengan digoreng. Biasanya buah sukun digoreng menggunakan tepung. Jika digoreng seperti ini apakah manfaat dari buah sukun masih ada? Simak baik-baik, ya.

Sebagai Sumber Energi

Buah sukun yang digoreng dengan yang tidak digoreng memiliki jumlah kalori yang berbeda. 

Untuk buah suku yang tidak digoreng memiliki jumlah sebesar :

80 kilokalori energi

1 gram protein

3,5 gram serat

239 miligram kalium

14,3 milligram magnesium

23 miligram fosfor

Sedangkan buah sukun yang digoreng memiliki jumlah kalori yang kurang lebih berbeda :

160 kilokalori energi

2 gram protein

3,5 gram serat

492 miligram kalium

23,6 milligram magnesium

35,5 milligram fosfor

Jika dilihat dari jumlah nutrisi di atas, buah sukun yang digoreng bisa membantu menambah energi utama dalam tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sukun © Diadona

Buah sukun bagi kesehatan juga memiliki manfaat yang baik. Apa saja manfaatnya?

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah sukun merupakan sumber potasium yang baik dan ramah untuk jantung. Potasium membantu mengurangi tekanan darah dalam tubuh dan mengontrol detak jantung dengan mengurangi efek natrium. Buah sukun juga mengandung serat yang membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang membuat gerak jantung tidak sehat. Selain itu juga buah sukun menurunkan kadar trigliserida, yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung.

Bagus untuk Kesehatan Kulit

Buah sukun juga bisa diolah menjadi jus. Manfaat buah sukun ini bisa membuat kulit tampak sehat, bercahaya dan awet muda. Kandungan vitamin C yang ada pada sukun membantu untuk meningkatkan produksi kolagen. Fungsi kolagen yang untuk meningkatkan elastisitas pada kulit. Buhah sukun menghambat aktivitas enzim proinflamasi dan menghindari produksi oksida nitrat yang berlebihan, oleh karena itu mencegah peradangan kulit.

Mengurangi Diabetes

Manfaat buah sukun lainnya adalah kandungan sertanya yang tinggi sehingga dapat menekan dampak diabetes pada tubuh. Buah sukun bisa menjadi alernatif kamu untuk menjaga kesehatan agar lonjakan gula tidak meningkat drastis.

Perlu diketahui mencerna serat butuh banyak energi, sehingga serta mampu mengontrol tingkat penyimpanan energi dan menghabiskan kandungan gula dalam darah. 

Membuat Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Buah sukun memiliki manfaat untuk membantu seseorang yang kesulitan untuk tidur atau insomnia. Buah sukun sendiri memiliki kandungan magnesium yang tinggi, yang merupakan mineral secara langsung berhubungan dengan peningkatan kualitas, durasi dan ketenangan tidur. 

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat buah sukun adalah serat  yang terdapat dalam sukun mengeluarkan racun dari usus, membantu berfungsinya kinerja. Ini menghindari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti mulas, keasaman, maag dan gastritis, menghilangkan senyawa beracun dari usus. Selain itu manfaat buah sukun melindungi selaput lendir usus besar dengan menangkal bahan kimia penyebab kanker dari usus besar.

Bagus untuk Kesehatan Tulang

Buah sukun bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menjauhkannya dari penyakit tulang. Hal itu karena buah sukun memiliki kalsium dan asam lemak omega yang bagus untuk kesehatan tulang. Buah sukun dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu dengan sempurna dan memastikan kesehatan tulang tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat buah sukun bisa membuat gigi kamu lebih sehat dan kuat karena adanya kandungan kalsium di dalamnya. Buah sukun bisa menyembuhkan rasa sakit gigi yang kamu alami.

Tahan Terhadap Infeksi

Antioksidan yang terkandung dalam buah sukun membantu tubuh mengembangkan ketahanannya terhadap infeksi. Manfaat buah sukun membuat diri kita bebas dari radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sukun untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Sukun © Diadona

Kali ini kita akan masuk ke pembahasan tentang manfaat buah sukun untuk ibu hamil. Penasaran? Yuk, simak, ya.

Kaya akan Karbohidrat

Manfaat buah sukun bisa dijadikan pengganti nasi putih karena mengandung karbohidrat kompleks. Buah sukun memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Jadi sukun sangat cocok dimakan oleh ibu hamil yang sedang menjalani program diet atau obesitas dan baik untuk penderita diabetes. Selain itu buah sukun mengandung flavonoid yang berkhasiat menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

Mengandung Omega 3 dan Omega 6

Bukan hal yang baru lagi klau omega 3 dan omega 6 adalah kandungan yang dapat meningkatkan kecerdasan. Manfaat buah sukun yang mengandung omega 3 dan omega 6 dapat meningkatkan kecerdasan bayi saat lahir dan membantu perkembangan sistem saraf janin. 

Tinggi Serat

Sembelit sering terjadi pada ibu hamil. Manfaat buah sukun kali ini dapat mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil karena tingginya serat. Bahkan penyerapan gula oleh tubuh pun berkurang saat mengonsumsi buah ini. Buah sukun baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang menderita diabetes.

Mengandung Vitamin C

Fungsi vitamin C pada buah sukun adalah sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah infeksi. Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi sehingga ibu terhindar dari hamil anemia atau kekurangan darah. Selain itu, manfaat buah sukun untuk menjaga kecantikan kulit ibu hamil.

Tinggi Kalsium

Manfaat buah sukun tinggi kalsium yang sangat penting untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi pada janin dan ibu hamil. Kebutuhan kalsium ibu hamil bisa tercukupi saat ingin mengonsumsi buah sukun.

Manfaat buah sukun memamg terbukti berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk ibu hamil pun disarankan untuk mengonsumsi buah ini sebagai pengganti nasi. 

Beri Komentar