10 Cara Mencegah Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanita, Kamu Harus Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 25 September 2021 11:00
10 Cara Mencegah Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanita, Kamu Harus Tahu nih!
Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi adalah yang harus diketahui oleh pria ataupun wanita. Pasalnya jika tidak demikian, beberapa penyakit akan sangat mungkin menjangkiti. Gangguan seksual dan berbagai penyakit reproduksi lainnya akan sangat mudah terpicu jika tidak kita perhtaikan secara seksama.

Pada dasarnya, cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi adalah hal yang nggak sulit tapi juga nggak gampang. Pasalnya, hal-hal tersebut lebih ke kebiasaan atau gaya hidup. Jadi sedikit banyak pasti membutuhkan konsistensi.

Lantas, apa saja cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi yang bisa kita lakukan?

Berikut Diadona.id telah merangkum cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi dari berbagai sumber. Jadi, yuk mari kita simak uraiannya di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat dan berguna ya!

1 dari 5 halaman

1. Menjaga Kebersihan Organ Intim

Cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi yang pertama, baik bagi wanita atau pun pria adalah menjaga kebersihan organ kelamin. Ini adalah kebiasaan mutlak yang harus dilakukan jika tidak ingin terjangkit penyakit.

Melansir Halodoc, hal ini bisa dimulai dari selalu membersihkan vagina, terutama sehabis buang air. Cara membersihkan vagina yang benar adalah dengan membasuhnya dengan air dari depan ke belakang. Cara membersihkan vagina yang tidak tepat bisa menyebabkan kuman masuk ke area tersebut dan menimbulkan infeksi.

Nggak hanya itu, menggunakan pakaian dalam yang bersifat menyerap keringat juga perlu untuk dilakukan. Plus, ganti pakaian dalam sear rutin ya, minimal dua kali dalam sehari.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Selain perawatan dari bagian luar, cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Diakui atau tidak, makanan sehat memegang peranan yang signifikan untuk kesehatan berbagai organ tubuh salah satunya adalah organ sistem reproduksi.

Untuk wanita sendiri disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, lemak sehat, antioksidan, serat, vitamin, dan mineral. Juga, sebisa mungkin hindari makanan cepat saji dan cukupi juga kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi sekitar 8 gelas air per hari.

2 dari 5 halaman

3. Gunakan Minyak Zaitun

Masih melansir Halodoc, cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Jadi, mengkonsumsi makanan dengan minyak zaitun ternyata bisa menghindari risiko terjadinya PCOS (polycystic ovarian syndrome).

4. Hindari Rokok

Cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi yang selanjutnya bisa dilakukan dengan menghindari dan menyudahi rokok. Selain kan merusak paru-paru, wanita yang merokok memiliki resiko tidak subur dua kali lipat dibandingkan dengan yang tidak merokok.

Nggak hanya itu, beberapa zat berbahaya yang ada di rokok juga akan menganggu kesehatan rahim serta mengurangi jumlah dan kualitas dari sel telur.

5. Hindari Minuman Alkohol

Menghindari minuman beralkohol juga merupakan cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi. Pasalnya, zat pada alkohol sangat mungkin meningkatkan resiko terjadinya gangguan ovulasi.

3 dari 5 halaman

6. Berhubungan Seks yang Aman

Cara Mencegah Penyakit pada Sistem ReproduksiCara Mencegah Penyakit pada Sistem Reproduksi © Unsplash.com

Perilaku hubungan seksual juga banyak mempengaruhi kesehatan organ intim loh. Berhubungan seks secara aman dengan menggunkan kondom adalah salah satu cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi. Pasalnya, kondom atau alat kontrasepsi ini akan mencegah berbagai penyakit penyakit menular seksual seperti sipilis, herpes genital, gonorrhea, hingga HIV.

Selain menggunakan alat kontrasepsi, tidak bergonta-ganti pasangan serta menjaga kebersihan organ intim setelah seks juga sangat perlu di perhatikan.

7. Istirahat dan Kelola Stres

Istirahat cukup dan mengelola tingkat stres yang dimiliki juga merupakan cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi. Saat badan terlalu lelah dan stres, maka keseimbangan kadar hormon di tubuh, termasuk hormon yang bekerja di organ reproduksi, akan terganggu. Nah, ini tentu tidak baik, terutama untuk wanita yang sedang merencanakan untuk hamil.

Untuk itu, istirahat yang cukup dan menurunkan kadar stres adalah kunci sederhana untuk menyehatakan tubuh.

4 dari 5 halaman

8. Konsumsi Multivitamin dan Melakukan Vaksinasi

Cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi yang selanjutnya adalah dengan melakukan vaksinasi dan mengkonsumsi multi vitamin. Untuk vaksinya bisa berupa vaksinasi HPV untuk menurunkan resiko human papillomavirus.

Juga, selain melakukan vaksinasi, Mengonsumi multivitamin, terutama yang mengandung folat, sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi pada wanita. Bahkan, kebiasaan ini dianggap bisa menurunkan risiko gangguan kesuburan hingga 20%.

Tapi jangan lupa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya ketika hendak melakukan vaksin atau pun mengkonsumsi multivitamin.

9. Rajin Cek Kesehatan ke Dokter

Rutin melakukan cek kesehatan ke dokter juga salah satu cara untuk mencegah penyakit pada sistem reproduksi. Ini sangat disarankan untuk kamu yang sedang melakukan program kehamilan. Tapi, rutin melakukan cek kesehatan meski tidak melakukan program kehamilan juga mencegah berbagai penyakit di kemudian hari yang bisa muncul tanpa gejala.

Beberapa rangkaian cek kesehatan yang bisa dilakukan dalam mencegah penyakit pada sistem reproduksi antara lain adalah Pemeriksaan darah lengkap (complete blood count), pemeriksaan urin, USG, HSG, tes penyakit kelamin, seperti tes sifilis dengan uji VDRL, dan juga pap smear.

10. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Terakhir, cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini bisa dimulai dengan rutin berolahraga. Juga, menjaga keseimbangan berat badan juga penting untuk dilakukan.

Jadi itulah beberapa cara mencegah penyakit pada sistem reproduksi yang bisa kamu lakukan agar badan terutama organ-organ intim tetap sehat. Jadi, yuk mulai sekarang kita terapkan hidup sehat!

Beri Komentar