17 Macam Macam Penyakit Kelamin dan Gejalanya, Lengkap dengan Penjelasan dan Ciri-Ciri

Reporter : Nasa
Sabtu, 25 September 2021 10:31
17 Macam Macam Penyakit Kelamin dan Gejalanya, Lengkap dengan Penjelasan dan Ciri-Ciri
Macam macam penyakit kelamin dan gejalanya berikut ini perlu kamu pahami..

Macam macam penyakit kelamin dan gejalanya baiknya kamu pahami, sehingga kamu bisa lebih waspada dalam menjaga kesehatan tubuhmu. Sebab, penyakit kelamin tak bisa dianggap sepele.

Penyakit kelamin seringkali muncul dengan gejala-gejala yang cukup ringan. Atau malah dalam sejumlah kasus juga ditemukan penyakit kelamin yang justru sama sekali.

Namun kemudian, penyakit kelamin baru disadari saat kondisi pasien sudah memburuk. Oleh karena itu, pentingnya mengenali macam macam penyakit kelamin dan gejalanya jadi begitu penting.

Belum lagi, penyakit kelamin juga memberi pengaruh terhadap kesuburan sistem reproduksi. Berikut ini macam macam penyakit kelamin dan gejalanya yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

 

1 dari 5 halaman

Macam Macam Penyakit Kelamin dan Gejalanya

Macam Macam Penyakit Kelamin dan Gejalanya © Diadona

Penyakit kelamin bisa menyerang siapa saja, baik itu wanita maupun pria. Umumnya, penyakit kelamin disebabkan oleh aktivitas seksual yang bebas dan kurang aman.

Macam Macam Penyakit Kelamin dan Gejalanya Pada Wanita :

1. Keputihan Tidak Normal

Yaitu saat keputihan berwarna hijau atau kuning dan muncul disertai dengan rasa gatal serta berbau busuk. Ini adalah keputihan yang nggak normal dan bisa merupakan gejala jenis penyakit kelamin wanita yang harus dicari pengobatannya.

2. Kutil Kelamin

Seperti namanya, jenis penyakit kelamin wanita ini merupakan kutil yang tumbuh di area kelamin. Keberadaan mereka membuat rasa sakit, nggak nyaman dan juga gatal-gatal.

Jenis penyakit kelamin wanita ini terjadi karena Strain Human Papillomavirus (HPV). Ini beda ya dengan virus HPV yang jadi penyebab kanker serviks ya!

3. Kutu Kelamin

Secara umum, terdapat tiga jenis kutu yang menyerang manusia. Pertama, adalah Pediculus Humanus Capitis (Kutu kepala). Kedua, Pediculus Humanus Corporis (Kutu tubuh). Ketiga, Phthirus Pubis (Kutu kemaluan).

Kutu kemaluan sendiri masuk ke dalam jenis penyakit kelamin pada wanita dan juga pria. Kutu ini hidup di rambut kemaluan dan disebarkan melalui kontak seksual.

2 dari 5 halaman

4. Herpes

Merupakan jenis jenis penyakit kelamin baik pada wanita atau pria yang terjadi karena virus herpes simpleks (HSV). Herpes umumnya ditularkan melalui kontak seksual, baik oral, anal, atau kelamin.

5. Sipilis

Penyakit kelamin yang dapat menjangkit wanita maupun pria ini sangat menular, bisa melalui hubungan seksual juga dari ibu kepada bayi yang dilahirkannya.

Sipilis sudah dikenal dari berabad-abad yang lalu. Bila tak ditangani dengan benar, sipilis bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada berbagai organ.

6. Salpingitis

Penyakit salpingitis adalah salah satu jenis penyakit radang panggul. Lho, terus ada hubungan apa nih dengan jenis penyakit kelamin wanita?

Salpingitis atau penyakit radang panggul lainnya bisanya terjadi karena infeksi menular bakteri penyebab jenis penyakit kelamin seperti klamidia atau gonore. Bakteri tersebut kemudian bisa masuk ke dalam organ reproduksi.

3 dari 5 halaman

7. Karker Serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi di sel-sel serviks - bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina.

Penyebab jenis penyakit kelamin wanita ini adalah karena infeksi virus jenis Human Pappiloma atau HPV.

Saat seseorang terinfeksi HPV, sistem kekebalan tubuh bakalan menghalangi virus buat melakukan kerusakan lebih lanjut. Tapi ada sebagian orang, virus situ bertahan bertahun-tahun pada tubuh mereka dan berperan membentuk sel kanker di leher rahim.

8. Gonore

Sering mendengar nama jenis penyakit kelamin ini kan? Tak hanya pada wanita, gonore juga mengincar pria.

Gonore ini paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain selama kontak seksual, termasuk hubungan seks oral, anal atau vagina.

Bila jenis penyakit kelamin wanita ini nggak diobati, maka infeksi bisa naik ke saluran eproduksi wanita dan melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Kondisi ini dikenal sebagai penyakit radang panggul (PID) dan dapat menyebabkan nyeri parah dan kronis serta merusak organ reproduksi wanita.

9. Klamidia

Penyakit klamidia ini umumnya ada dalam tubuh wanita tanpa menimbulkan gejala.

Tak hanya pada pria, penyakit ini juga bisa menyerang pria lho dengan prosentasi 50 persen infeksi pada pria dan 75 persen infeksi pada wanita terjadi tanpa rasa sakit sama sekali.

Sehingga, banyak orang yang tanpa sadar telah mengidapnya dan secara tak sengaja menyebarkannya kepada pasangan seksual mereka.

4 dari 5 halaman

Macam Macam Penyakit Kelamin dan Gejalanya Pada Pria

Macam Macam Penyakit Kelamin dan Gejalanya © Diadona

10. Gonore

Penyakit kelamin pria gonore nggak cuman menginfeksi area genital, tapi juga bisa menyerang area lain seperti anus, tenggorokan atau uretra. Sama halnya dengan yang lainnya, penularan dilakukan dengan kontak seksual.

11. Klamidia

Klamidia terjadi karena infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit ini sering muncul tanpa gejala dan kalaupun muncul, penderita baru merasakannya beberapa minggu setelah infeksi terjadi.

Klamidia juga bisa menyerang dubur. Bila ini terjadi, penderita bisa merasakan nyeri dan juga berdarah.

12. Candidiasis

Kamu mungkin pernah mendengar nama jamur candida? Yup, ini merupakan jamur penyebab keputihan pada perempuan.

Namun infeksi jamur ini juga bisa terjadi pada pria dan disebut dengan candidiasis. Infeksinya mungkin nggak disertai dengan gejala yang jelas. Kalaupun ada, biasanya akan menginfeksi ujung penis.

Infeksi jamur pada pria sering terjadi karena jamur penyebab infeksi jamur (candida) biasanya terdapat pada kulit, terutama kulit yang lembab.

Kemudian, bisa juga ditambah dengan berhubungan seks dengan pasangan yang mengalami infeksi jamur vagina sehingga menyebabkan pertumbuhan berlebih jamur ini.

5 dari 5 halaman

13. Sipilis

Nah, ini adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang paling terkenal. Pada awal kemunculannya, sipilis akan berbentuk seperti bulatan kecil yang disebut chancre pada alat kelamin, dubur, atau mulut. Nggak bikin sakit sih, tapi sangat menular.

Sipilis disebut merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang sangat menular dan serius pada laki-laki karena kaitannya dengan HIV dan peningkatan risiko pengembangan HIV ketika terinfeksi.

14. HPV

Infeksi virus HPV poada pria ternyata ada kaitannya dengan pengembangan kanker genital di kemudian hari, meski ini tak umum terjadi. HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin pada pria.

15. Herpes

Terjadi karena infeksi virus herpes simplek. Gejalanya yang paling umum yaitu kemunculan luka lepuh pada organ genital atau mulut.

16. HIV

Meski penularan terbesarnya terjadi melalui interaksi seksusal, jenis penyakit kelamin ini nggak akan memunculkan gejalanya di area genita, melainkan langsung menyerang sistem kekebalan tubuh.

17. Infeksi Parasist Usus

Infeksi Parasit Usus merupakan penyakit kelamin yang ditularkan melalui paparan feses yang berpindah dari satu orang ke lainnya. Bisa melalui seks anal, seks oral, atau seks oral-anal (rimming).

Gejala infeksi parasit ini pada umumnya termasuk mual, sakit perut, diare, kram perut, penurunan berat badan, sampai dengan muntah-muntah.

Infeksi parasit umum paling sering ditemukan pada pria penyuka sesama jenis. Namun, tidak menutup kemungkinan pasangan heteroseksual juga bisa terjangkit infeksi. Terutama bagi mereka yang melakukan hubungan seksual tidak aman.

Itu dia macam macam penyakit kelamin dan gejalanya. Jika kamu atau orang di sekelilingmu mengalami gejala penyakit kelamin tersebut, sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, agar mendapat penanganan paling tepat.

Beri Komentar