Zoom Rilis Fitur Terbaru yang Dapat Menangkal Zoombombing

Reporter : Yoyok
Rabu, 6 Mei 2020 23:10
Zoom Rilis Fitur Terbaru yang Dapat Menangkal Zoombombing
Fitur terbaru Zoom ini akan rilis pada tanggal 9 Mei 2020

Saat melakukan pertemuan atau meeting menggunakan aplikasi Zoom, tidak sedikit orang yang mengalami Zoombombing. Maka dari itu Zoom bakal memberikan fitur terbaru untuk mengantisipasinya.

Bagi yang belum tahun Zoombombing merupakan aksi pihak tidak bertanggung jawab yang masuk dan mengacak-acak pertemuan yang berlangsung di Zoom.

1 dari 4 halaman

Dikutip dari Endgadget, Zoom kini dapat memberikan akses kepada admin untuk mematikan Personal Meeting ID (PMI). PMI biasanya digunakan untuk sebagai akses untuk memulai atau masuk ke sebuaah pertemuan dalam Zoom.

Dengan akses ini, PMI atau tautan meeting tidak lagi berfungsi jika admin mematikannya. Jadi, risiko PMI digunakan untuk penyusup masuk dalam sebuah pertemuan dapat dikurangi.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Zoom meeting © Diadona

Fitur ini dapat digunakan setelah admin melakukan pembaruan atau update Sebagai gantinya, setiap pertemuan akan menggunakan meeting ID yang diacak, yang yang terjadwal maupun instan.

Bagi admin yang masih ingin menggunakan PMI, Zoom menganjurkan untuk memanfaatkan sejumlah fitur tambahan untuk membuat pertemuan atau meeting agar tetap aman dan nyaman.

3 dari 4 halaman

Beberapa fitur yang diberikan yaitu dapat mengaktifkan meeting password, menyalakan waiting room, hingga membutuhkan autentikasi sebelum bergabung. Tidak hanya untuk admin, Zoom juga merilis sejumlah update keamanan bagi pengguna Basic.

Nantinya, fitur keamanan baru ini akan rilis pada tanggal 9 Mei 2020, termasuk setting keamanan bawaan (default). Fitur itu adalah password wajib untuk seluruh pertemuan, fitur waiting room jadi setelan bawaan untuk meeting dengan PMI, dan screen sharing secara bawaan hanya bisa diakses host.

Beri Komentar