Bentuknya Hampir Sama, Apa sih Bedanya Baterai AA dan AAA?

Reporter : Yoyok
Rabu, 23 September 2020 20:55
Bentuknya Hampir Sama, Apa sih Bedanya Baterai AA dan AAA?
Dua benda ini sering banget lho ada di sekitar kita

Di zaman sekarang, barang eletronik telah menjadi kebutuhan pokok tiap orang di dunia. Barang-[barang eletronik memang membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Seperti halnya televisi, radioa, bahkan komputer. Benda-benda tersebut memang membutuhkan listrik yang cukup banyak.

Untuk benda-benda kecil portable sering kali tidak membutuhkan listrik yang banyak. Maka dari itu, sebagian besar barang eletronik kecil tersebut hanya menggunakan baterai agar dapat difungsikan.

1 dari 4 halaman

Baterai AA dan AAA

Baterai merupakan salah satu temuan di zaman modern yang sangat membantu manusia. Fungsinya yang dapat membawa energi listrik sangat prakti untuk dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja.

Ilustrasi BateraiIlustrasi Baterai © unsplash.com/Claudio Schwarz

Janis-jenis baterai pun bermacam-macam. Ada yang berjenis AA, ada juga yang tipe AAA.

Bentuk keduanya memang hampir sama, tapi kedua jenis baterai ini memiliki perbedaan lho.

2 dari 4 halaman

Ukuran

Baterai AA dan AAA sering kali digunakan dalam peralatan eletronik di sekitar kita. Kedua baterai ini dsering kali digunakan untuk remot televisi, mainan, dan juga jam dinding.

Salah satu hal yang membedakan dari dua jenis baterai ini adalah ukurannya. Ukuran baterai AA lebih besar dan panjang daripada baterai AAA. baterai AA memiliki tinggi mencapai 50,5 mm, sedangkan baterai AAA memiliki tinggi yang lebih kecil mencapai 44,5.

3 dari 4 halaman

Kegunaan

Satu lagi hal yang membedakan baterai AA dan AAA adalah pada segi kegunaannya. Baterai AA sering digunakan untuk benda-benda elektronik yang membutuhkan daya lebih banyak.

Benda-benda seperti mainan anak-anak atau senter yang membutuhkan daya lebih besar menggunakan baterai jenis AA. Sedangkan untuk remot televisi yang membutuhkan daya lebih sedikit menggunakan baterai AAA.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi BateraiIlustrasi Baterai © unsplash.com/Mika Baumeister

Jadi, udah tahu kan perbedaan antara baterai AA dan baterai AAA? Kalau kalian mau nyalain AC, ya belinya baterai AAA dong ya.

Tapi kalo mau nyalain mobil jangan beli baterai AA ya, belinya aki dong.

Beri Komentar