Emang Bener Ukuran Megapiksel pada Kamera yang Nentuin Bagus Enggaknya Sebuah Foto?

Reporter : Yoyok
Senin, 21 September 2020 17:50
Emang Bener Ukuran Megapiksel pada Kamera yang Nentuin Bagus Enggaknya Sebuah Foto?
Yuk cari tahu yukk~~

Semua handphone zaman sekarang pasti memiliki fitur kamera. Para produsen handphone pun juga berlomba-lpmba memperbaiki fitur kamera tersebut.

Seperti halnya fitur kamera panorama, kamera depan, bahkan bentuknya yang tersusun teratur. Namun, kamera-kamera tersebut tentu saja memiliki ukuran megapiksel yang besar.

Namun, bener gak sih megapiksel menentukan bagus tidaknya sebuah hasil foto pada kamera?

1 dari 3 halaman

Megapiksel

Dikutip dari Jalan Tikus, megapiksel merupakan suatu gambar digital yang terbentuk oleh ribuan titik piksel. Semakin tinggi jumlah titik pad sebuah gambar, maka resolusi gambar yang tercipta juga semakin besar.

Megapiksel sering kali digunakan sebagai patokan untuk menunjukkan kerapatan pada sebuah gambar. Namun, apakah megapiksel menjadi penentu sebuah foto akan bagus atau tidak?

2 dari 3 halaman

Banyak Faktor

Nyatanya tidak, megapiksel bukanlah penentu sebuah foto akan bagus. Megapiksel hanya menentukan seberapa besar resolusi gambar yang tercipta.

Banyak faktor yang dapat menentukan bagus tidaknya sebuah hasil foto. Seperti halnya sensor kamera yang digunakan untuk menangkap cahaya dan diafragma.

3 dari 3 halaman

Jadi, beli handphone dengan ukuran megapiksel yang gede bukan jaminan hasil fotonya bakal lebih bagus lho gaes.

Ilustrasi Smartphone Diangkat Tinggi-tinggi © Diadona

Kalo boleh tau, kamera pada handphone kalian biasanya sering digunakan buat apa sih? Foto selfie atau buat main TikTok nih?

Beri Komentar