Tahu Nggak Sih? Kamu Nggak Bisa Buat Folder dengan Nama 'Con' di Windows, Cobain deh!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 27 April 2020 08:20
Tahu Nggak Sih? Kamu Nggak Bisa Buat Folder dengan Nama 'Con' di Windows, Cobain deh!
Kenapa ya?

Kalau kamu pakai sistem operasi Windows 10, coba deh buat folder baru dengan nama "con". Pasti kamu akan mendapatkan pesan error bertuliskan "The specified device name is invalid". Banyak yang bilang ini sebuah bug. Tetapi, apa sih yang membuat kita nggak bisa membuat folder dengan nama "con"?

Ternyata ada alasannya lho. Pengen tahu kenapa? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Tidak bisa membuat folder dengan nama 'Con' © Diadona

Ada alasan tersendiri mengapa kita nggak diperbolehkan untuk membuat folder dengan nama " con" . Dilansir dari akun youtube Tom Scott, ia menjelaskan bahwa alasan kita nggak bisa menamai file, folder, file txt, hingga gambar dengan menggunakan kata " con" adalah karena kata tersebut termasuk ke dalam Device File.

Bagi kamu yang belum tahu, Device File merupakan sebuah file bawaan yang sudah terdapat di dalam sistem operasi Windows. File ini nantinya akan berfungsi layaknya sebuah library yang akan digunakan hardware untuk terhubung dengan perangkat komputer.

Jadi, kata " con" sebenarnya merupakan Device Flie dari console sehingga jika Windows mengizinkan pengguna membuat file dengan nama " con" , Device File dari " con" akan rusak.

 

2 dari 2 halaman

Ternyata, selain " con" ada kata lain yang nggak akan bisa kamu gunakan sebagai nama file karena sudah termasuk dalam Device File dan bersifat reserved. Yaitu:

  • CON
  • AUX
  • PRN
  • LST
  • COM0, COM1, COM2, ..., COM9
  • LPT0, LPT1, LPT2, ..., LPT9

Nah, jadi ini bukan sebuah bug ya. Tetapi justru sebagai sistem pengaman agar Device File dalam komputer tidak akan rusak hanya karena salah memasukkan nama file.

Beri Komentar