Gampang Banget, Ini lho Caranya Menggunakan FaceTime di Macbook

Reporter : Yoyok
Senin, 25 Maret 2024 20:53
Gampang Banget, Ini lho Caranya Menggunakan FaceTime di Macbook
Buat yang pakai Mac pastinya butuh banget nih dengan yang namanya FaceTime.

Memasuki masa lebaran seperti ini, pasti banyak orang yang kepo dengan cara menggunakan FaceTime di Macbook. Seperti kita tahu, tali silahturahmi tidak boleh putus. Salah satu cara untuk menjaga hubungan baik dengan seseorang adalah dengan terus menjalin komunikasi.

Kamu bisa menjalin komunikasi dengan seseorang lewat chat, telepon, atau video call. Buat kamu para pengguna produk Apple, pasti sudah tidak asing dengan FaceTime. FaceTime merupakan panggilan video atau telepon online yang hanya berlaku untuk sesama pengguna produk Apple. Biasanya mereka yang melakukan panggilan FaceTime yaitu menggunakan iPhone.

Lalu, apakah produk Apple lainnya seperti Macbook bisa melakukan panggilan lewat FaceTime? Tentu saja bisa kok Diazens. Begini lho caranya menggunakan FaceTime di Macbook yang tentu saja gampang banget.

1 dari 4 halaman

Apa Itu FaceTime?

cara menggunakan facetime di macbook © Diadona© shutterstock.com/photosince

Namun, sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita kenalan dulu dengan aplikasi bikinan Apple yang bernama FaceTime ini. FaceTime adalah layanan panggilan video dan suara yang dikembangkan oleh Apple Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac, untuk melakukan panggilan video dan suara satu lawan satu atau dalam konferensi dengan beberapa orang secara simultan.

FaceTime memanfaatkan koneksi internet untuk mengirim data suara dan video antara pengguna, sehingga memungkinkan komunikasi dalam waktu nyata melalui perangkat seluler atau komputer. Salah satu fitur unggulan dari FaceTime adalah integrasinya yang kuat dengan ekosistem Apple, yang membuat penggunaannya mudah dan nyaman bagi pengguna perangkat Apple.

Jadi, bisa dibilang kalau hanya pengguna produk Apple saja yang bisa menggunakan aplikasi FaceTime ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Panggilan FaceTime di Macbook

cara menggunakan facetime di macbook © Diadona© shutterstock.com

Nah, sekarang kita membahas bagaimana cara menggunakan FaceTime di Macbook. Pertama-tama, kalian perlu tahu bagaimana caranya membuat panggilan FaceTime di Macbook. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi FaceTime.

2. Klik tombol FaceTime Baru. Jika kamu tidak melihatnya di versi FaceTime yang digunakan, lewati langkah ini.

3. Masukkan nama, alamat email, atau nomor telepon orang yang ingin dihubungi. Dengan macOS Mojave atau versi lebih baru, kamu dapat memasukkan lebih dari satu orang—maksimal 32 orang—untuk melakukan panggilan FaceTime Grup.

4. Klik tombol FaceTime untuk melakukan panggilan video atau klik panah tombol, lalu pilih Audio FaceTime. Jika tidak melihat tombol ini, klik tombol Video atau Audio.

5. Jika menelepon grup, kamu akan melihat ubin untuk setiap orang dalam grup. Ubin akan menampilkan tulisan “ Menunggu” sampai orang tersebut menjawab. Jika tidak melihat ubin apa pun, klik tombol FaceTime di bar samping untuk memulai panggilan.

6. Untuk meninggalkan panggilan, klik tombol Akhiri. Jika keluar dari panggilan grup, semua orang lainnya dalam grup akan tetap berada dalam panggilan sampai mereka memilih untuk keluar.

3 dari 4 halaman

Cara Menambahkan Seseorang ke Dalam Panggilan FaceTime

cara menggunakan facetime di macbook © Diadona© shutterstock.com

Kamu juga bisa menambah anggota atau seseorang dalam sebuah panggilan FaceTime lho. Begini Caranya:

1. Saat panggilan berlangsung, klik tombol bar samping di aplikasi FaceTime, lalu klik tombol tambah di bar samping.

2. Masukkan nama, alamat email, atau nomor telepon orang baru tersebut, lalu klik Tambah.

3. Klik tombol Dering di sebelah namanya di bar samping untuk menelepon orang tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Membagikan Link FaceTime

cara menggunakan facetime di macbook © Diadona© shutterstock.com

Kamu juga bisa membagikan link panggilan FaceTime kepada seseorang. Link tersebut bahkan bisa juga digunakan untuk mereka yang tidak menggunakan produk Apple. Berikut ini caranya:

1. Buka aplikasi FaceTime di Macbook yang menggunakan macOS Monterey atau versi lebih baru.

2. Klik Buat Link untuk membuka menu berbagi. Selanjutnya, kamu dapat menyalin link atau memilih salah satu pilihan berbagi lainnya.

3. Setelah dibuat, link akan muncul di bar samping jendela FaceTime, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

4. Jika sudah siap memulai panggilan, klik dua kali Link FaceTime di bar samping atau klik tombol FaceTime di sebelahnya. Kemudian, klik Gabung.

5. Saat orang lain membuka tautan FaceTime dan klik Gabung, mereka perlu diizinkan terlebih dahulu agar dapat masuk ke panggilan.

Itulah bagaimana cara menggunakan FaceTime di Macbook. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar