Sering Terjadi pada Mahasiswa, Gini lho Cara Ngilangin Virus Shortcut di Flashdisk

Reporter : Yoyok
Jumat, 6 November 2020 07:50
Sering Terjadi pada Mahasiswa, Gini lho Cara Ngilangin Virus Shortcut di Flashdisk
Kayaknya masalah ini udah jadi problema para mahasiswa deh

Flashdisk merupakan salah satu penemuan yang paling membantu para mahasiswa rantau. Dengan flashdisk, apa-apa kalian bisa dengan mudah meng-copy atau men-transfer file.

Entah itu copy file tugas kuliah, lagu,. atau mau jiplak skripsi sekaligus. Flashdisk memiliki andil besar bagi kehidupan para mahasiswa zaman sekarang.

Namun karena asal dan sering ditancepin di sembarang komputer atau laptop, tidak jarang flashdisk kamu terkena virus shortcut.

1 dari 5 halaman

Virus Shortcut

Virus shortcut ini memang tidak berbahaya, namun sifatnya yang nyebelin bikin kita kesel. Dan, virus shortcut ini juga bisa dengan mudahnya menjangkit komputer atau laptop jika ditancepin.

Cara menghilangkan virus shortcut ini sebenarnya mudah banget. Jika di komputer kamu memiliki antivirus, maka problem ini bukanlah masalah.

Lalu bagaimana caranya jika kita tidak memiliki antivirus? Dikutip dari IDN Times, berikut ini cara mudah menghilangkan virus shortcut pada flashdisk yang nyebelin banget.

2 dari 5 halaman

Buka Perintah CMD

Ketikia flashdisk-mu yang sudah terjangkit virus shortcut ini sudah tertancap di komputer, langsung kamu buka perintah CMD atau Command Prompt. Caranya yaitu dengan menekan tombol Windowsdan huruf R berbarengan.

Setelah kamu tekan kotak perintah CMD yang berwarna hitam akan muncul.

CMD Command Prompt © Diadona

3 dari 5 halaman

Ketik Kode Flashdisk pada Kotak Perintah CMD

Di dalam kotak perintah CMD tersebut, kamu tinggal mengetikkan kode drive dari flashdisk yang terinfeksi. Jika kode drive pada flashdisk adalah E, maka ketik huruf E pada perintah CMD lalu tekan enter.

CMD Command Prompt © Diadona

4 dari 5 halaman

Ketik Perintah Khusus

Setelah itu, kamu harus mengetikkan sebuah 'mantra' khusus agar virus shortcut pada flashdisk-mu hilang. Mantra tersebut adalah attrib -s -h -r -a *.* /s /d.

CMD Command Prompt © Diadona

Setelah mengetik kode khusus tersebut, tunggu beberapa detik agar virus shortcut hilang dari flashdisk-mu. Setelah beberapa detik, semua folder yang terinfeksi dan tiba-tiba hilang oleh virus shortcut tersebut akan muncul.

Tapi jangan senang dulu gaes, kamu masih harus menghilangkan virus shortcut itu dari dalam flashdisk-mu.

Beri Komentar