Lakukan 5 Tips Ini Agar Smartphone Kamu Tidak Kepanasan Lalu Meledak

Reporter : Yoyok
Sabtu, 31 Oktober 2020 07:50
Lakukan 5 Tips Ini Agar Smartphone Kamu Tidak Kepanasan Lalu Meledak
Bukan smartphone-nya yang meledak, tapi baterainya

Smartphone merupakan perangkat berteknologi canggih yang dapat kita bawa sehari-hari. Karena bersifat mobile, tentunya di dalam smartphone terdapat baterai agar tetap berfungsi.

Namun, banyak kasus di seluruh penjuru dunia yang menunjukkan bahwa baterai smartphone dapat meledak. Iya meledak seperti bom.

Kebanyakan kasus smartphone meledak merupakan kesalahan pabrik. Namun, pengguna juga sering kali memicu ledakan pada smartphone ini.

Diutip dari Merdeka, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar smartphone tidak terlalu panas dan meledak.

1 dari 6 halaman

Charge Baterai dengan Benar

Ilustrasi Smartphone Dicas © Diadona

Yang paling dasar, gunakan charger yang disediakan oleh pabrikan smartphone kamu alias yang orisinil. Lalu, jangan lupa untuk melepas kabel saat setelah mengisi baterai smartphone. Jika smartphone terlalu panas maka dapat mengakibatkan korslet yang membuat smartphone meledak.

2 dari 6 halaman

Taruh Smartphone di Tempat yang Aman saat di-Charge

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Kadang kala kita sering lupa mencabut kabel charger saat mengisi daya baterai smartphone. Sering kali keadaan ini kita lakukan saat akan tidur.

Jangan mengisi baterai smartphone sambil ditaruh di atas kasur. Hal ini dapat menilbulkan panas yang berlebih lalu smartphone akan meledak.

3 dari 6 halaman

Hindari Charge Berlebih

Ilustrasi Main Game Smartphone © Diadona

Hindari untuk charge smartphone secara berlebih. Apalagi saat kamu main game di smartphone lalu sambil di-charge.

Jika saat kamu bermain game, smartphone kamu sudah panas, coba letakkan dahulu di alas yang dingin, contohnya seperti lantai.

4 dari 6 halaman

Hindari Tekanan pada Smartphone

Ilustrasi Smartphone di Saku © Diadona

Smartphone yang terjatuh dapat membuat kerusakan sehingga mengakibatkan korslet. Tekanan pada smartphone juga dapat membuat baterai jadi bocor dan dapat membuat smartphone meledak.

Salah satu kebiasaan kita dalam memberi tekanan pada smartphone adalah saat kita memasukkanya ke dalam saku celana bagian belakang, lalu secara tidak sengaja smartphone kita duduki.

5 dari 6 halaman

Pilah Pilih Merek Smartphone

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Sebelum membeli smartphone, sebaiknya cari dulu informasi tentang produk beserta history-nya. Jika smartphone yang akan kamu beli sempat terkait dengan hape meledak, maka jangan beli smartphone merek tersebut.

Beri Komentar