Sering Terima SMS Spam Seperti Pinjaman hingga Pesugihan Online? Begini Cara Lapornya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 4 November 2020 16:03
Sering Terima SMS Spam Seperti Pinjaman hingga Pesugihan Online? Begini Cara Lapornya
Emang ganggu banget sih ini, sebel.

Kita pasti sering menerima banyak SMS nggak jelas entah itu pemberitahuan penerima hadiah, pesugihan online, hingga pelet online pun. SMS ini masuk begitu saja ke nomor HP kita padahal kita tidak pernah memberikan nomor kita ke pihak tersebut.

Nggak cuma sekali dua kali, SMS seperti ini sering kali masuk ke nomor kita bahkan hampir tiap hari ada. Yang jelas ini sangat menjengkelkan.

1 dari 4 halaman

Nah ternyata, nomor-nomor yang mengirimkan SMS nggak jelas tersebut bisa kita laporkan loh. Tujuannya adalah agar nomor-nomor tersebut bisa diblokir oleh pihak yang berwenang.

Melansir dari Kumparan, Kominfo melalui Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mereka berwenang untuk mengatur standar kualitas layanan telekomunikasi di Indonesia memiliki aturan yang memungkinkan memblokir nomor tertentu, termasuk sang pengirim SMS spam yang mengganggu.

Ilustrasi SMS Penipuan © Diadona

2 dari 4 halaman

SMS spam penipuan semacam mama minta pulsa, bayar kontrakan, menang undian, pesugihan, pelet, santet, bisa dilaporkan kepada BRTI untuk ditangani. Nantinya BRTI akan bekerja sama dengan operator untuk melakukan pemblokiran.

Lalu, gimana cara melaporkannya? Jagi begini caranya:

3 dari 4 halaman

1. Pemilik nomor yang menerima SMS spam seperti pinjaman, pesugihan online dan lain-lain diminta untuk memotret/foto/capture pesan tersebut.

2. Lalu, langsung saja kirimkan foto tersebut ke Twitter BRTI: @aduanbrti atau via web layanan.kominfo.go.id/microsite/aduan-brti.

2. Nantinya, secara sistem akan ditindaklanjuti oleh operator seluler terkait untuk memblokir nomor HP pengirim sms dalam waktu 1x24 jam.

Semoga cara ini efektif menumpas nomor-nomor yang mengirim SMS spam itu ya. Oh iya silakan mencoba, hehehe.

Beri Komentar