12 Aplikasi Video Call Gratis yang Terjamin Aman dan Paling Mudah Digunakan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 2 Februari 2024 05:57
12 Aplikasi Video Call Gratis yang Terjamin Aman dan Paling Mudah Digunakan
Aplikasi video call gratis yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhan kamu!

Video call memungkinkan kamu untuk terkoneksi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja kapan saja dan dimana saja. Jarak yang membatasi dan kesibukan sehari-hari tidak akan menjadi kendala karena kamu tetap bisa keep in touch dengan orang yang kamu sayangi. Selain WhatsApp, sebenernya ada banyak banget aplikasi video call gratis yang nggak kalah mudah digunakan

Setiap aplikasi di bawah ini tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu hal itu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Pilihan aplikasi tentunya akan menjadi penentu pengalaman kamu melakukan video call.

Nah, untuk tetap keep in touch dengan kerabat keluarga atau melakukan virtual meeting dengan rekan kerja kamu bisa mencoba aplikasi di bawah ini. Berikut adalah daftar aplikasi video call gratis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

1 dari 12 halaman

Aplikasi Zoom Meeting

Aplikasi Video Call Gratis - Zoom Meeting © Diadona

Hampir semua orang pasti pernah mendengar tentang Zoom Meeting, bukan? 

Zoom Meeting adalah salah satu aplikasi video call gratis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan video call dalam skala yang lumayan besar. Kamu bisa melakukan video call hingga 100 orang peserta dalam satu meeting dengan durasi 40 menit.

Jika kamu merasa durasi 40 menit itu kurang, kamu bisa membuka room meeting baru dan melakukan video call lagi seperti semula.

Akibat adanya lockdown covid-19 pada tahun 2020, hampir semua kegiatan dialihkan ke Zoom Meeting seperti kegiatan pembelajaran jarak jauh dan work from home untuk pekerja kantoran. Zoom Meeting bisa kamu gunakan untuk kepentingan personal maupun profesional. 

Zoom Meeting juga dilengkapi dengan banyak fitur pendukung lainnya antara lain kualitas video dan suara yang sangat bagus serta bisa melakukan share screen. 

 

2 dari 12 halaman

Google Meet

Aplikasi Video Call Gratis - Google Meet © Diadona

Google Meet adalah aplikasi video call gratis yang dikembangkan oleh Google untuk melakukan panggilan video secara personal maupun profesional. Kamu bisa menggunakan Google Meet asalkan kamu memiliki akun Google, yang hampir semua orang pasti memilikinya, bukan?

Google Meet juga terhubung dengan Google Kalender, jadi kamu bisa menjadwalkan video call kamu di masa mendatang.

Google Meet menawarkan kualitas video yang sangat bagus dan juga dilengkapi dengan audio yang jernih, tidak jauh berbeda dari Zoom Meeting. Kamu bisa mengundang hingga 100 peserta pada setiap meeting dengan durasi 60 menit. Namun jangan khawatir, kamu bisa membuka ruang meeting baru jika merasa durasi 60 menit itu masih kurang.

Fitur dan juga kelebihan lain Google Meet sebagai aplikasi video call gratis antara lain :

  1. Tata letak dan pengaturan layar yang dapat disesuaikan
  2. Tampilan galeri tersedia untuk semua pengguna
  3. Layar pratinjau video dan audio sebelum kamu join
  4. Kontrol penyelenggara rapat, misalnya menyematkan, membisukan, dan menghapus peserta
  5. Berbagi layar untuk semua peserta
  6. Integrasi dengan aplikasi Google dan Microsoft Office
  7. Penguncian audio dan video iOS
  8. Ruang istirahat untuk moderator
  9. Teks terjemahan langsung

3 dari 12 halaman

Skype

Aplikasi Video Call Gratis - Skype © Diadona

Skype adalah salah satu aplikasi video call gratis  yang bisa kamu gunakan di banyak perangkat. Skype juga bisa bisa mengundang hingga 50 orang dalam satu room Skype dan bisa kamu gunakan untuk kepentingan personal dan profesional, karena kamu bisa melakukan share screen dengan menggunakan Skype.

Skype bisa mengundang hingga 50 peserta dalam satu room meeting. Karena menawarkan kualitas video dan audio yang bagus, Skype cenderung membutuhkan banyak data dalam penggunaannya. 

Meskipun begitu, Skype juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik lainnya antara lain seperti mengirim pesan dan mengobrol dengan teman, membagikan pesan multimedia, menggunakan GIF dan emoticon, dan melakukan panggilan ke telepon seluler dan telepon rumah.

Versi gratis Skype sering disertai dengan iklan yang bisa mengganggu pengalaman pemakai serta mengurangi estetika antarmuka. Untuk menggunakan aplikasi video call gratis ini, pastikan koneksi internet kamu harus stabil ya!

4 dari 12 halaman

Microsoft Team

Aplikasi Video Call Gratis - Microsoft Team © Diadona

Microsoft Team merupakan aplikasi video call gratis yang cocok untuk kepentingan profesional misalnya digunakan untuk meeting kepentingan bisnis atau perusahaan, karena bisa mengundang hingga 300 peserta dalam satu room meeting.

Namun Microsoft Team juga bisa kamu gunakan untuk kepentingan personal. Keamanan Microsoft Team cukup tinggi sehingga privasi video call kamu akan terjaga.

Microsoft Team menawarkan kualitas video HD dan kualitas audio yang cukup jernih. Selain itu, Microsoft Team menawarkan berbagai fitur menarik. Fitur-fitur itu antara lain seperti bisa melakukan share screen, mengubah atau mengaburkan background video kamu, serta manajemen proyek yang mudah seperti pengeditan file dan juga berbagi file.

 

5 dari 12 halaman

WhatsApp

Aplikasi Video Call Gratis - WhatsApp © Diadona

WhatsApp merupakan aplikasi social media untuk bertukar pesan yang paling banyak digunakan di Indonesia pada saat ini. Fitur yang dimiliki WhatsApp cukup lengkap, mulai bertukar pesan teks, pesan suara, mengirim dokumen dan media lainnya, gambar dan video, serta mengirim lokasi terkini kamu.

WhatsApp juga bisa menjadi alternatif bagi kamu sebagai aplikasi video call gratis.

WhatsApp lebih cocok digunakan untuk kepentingan pribadi daripada kepentingan profesional. Kamu bisa melakukan video call hingga 8 orang dengan menggunakan nomor telepon pengguna WhatsApp lainnya. Kamu juga tidak perlu khawatir karena video call yang kamu lakukan di WhatsApp terjamin keamanannya karena dienkripsi ujung ke ujung.

6 dari 12 halaman

LINE

Aplikasi Video Call Gratis - LINE © Diadona

LINE merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan yang cukup populer pada saat ini. Hal itu dikarenakan Line menawarkan fitur-fitur menarik yang bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan teks, mengirim dokumen dan media lainnya, serta menyediakan layanan lain seperti dompet digital dan aliran berita yang lebih dikenal dengan Line Today. Urusan video cal gratis, Line juga punya dong!

Video call pada LINE hanya bisa dilakukan dengan maksimal 4 peserta dalam setiap panggilan. Namun kamu bisa melakukan video call secara gratis tanpa gangguan apapun seperti iklan dan sebagainya. Selain itu, pengoperasian LINE sangat mudah dan kamu juga bisa menggunakan LINE dari berbagai perangkat. 

7 dari 12 halaman

Telegram

Aplikasi Video Call Gratis - Telegram © Diadona

Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, Telegram merupakan aplikasi bertukar pesan yang juga cukup populer karena keamanannya. Kelebihan Telegram sendiri yaitu kamu bisa membuat grup dengan kapasitas 200.000 orang dan kamu bisa membuat saluran dengan subscriber tanpa batas.

Dengan demikian, kamu bisa mengirimkan pesan pribadi ke subscriber kamu hanya dengan mengirimkan sesuatu di saluran milikmu. Kamu juga bisa menggunakan Telegram sebagai alternatif aplikasi video call gratis.

Video call pada Telegram bisa kamu lakukan dengan 10 orang dalam satu panggilan dengan sistem keamanan tinggi. Kualitas video juga cukup bagus dan kamu tetap bisa melakukan video call dengan jaringan rendah atau buruk. Baru-baru ini Telegram memperkenalkan fitur baru dalam video call, kamu bisa melakukan share screen pada panggilan video.

8 dari 12 halaman

Facebook Messenger

Aplikasi Video Call Gratis - Facebook Messenger © Diadona

Hampir semua orang pasti mengetahui dan memiliki akun Facebook karena Facebook adalah salah satu social media paling terkenal pada saat ini. F

acebook mengembangkan aplikasi bernama Facebook Messenger yang memungkinkan kamu mengobrol dengan teman Facebookmu. Facebook Messenger juga bisa menjadi alternatif aplikasi video call gratis yang bisa kamu manfaatkan dengan penggunaan data yang bisa kamu atur.

Video call pada Facebook Messenger bisa kamu lakukan dengan 50 orang dalam satu panggilan. Kamu hanya perlu nama pengguna Facebook atau nomor telepon untuk menghubungkan teman kamu dalam panggilan video.

Selain itu video call pada Facebook Messenger juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya antara lain seperti kamu bisa menggunakan berbagai filter yang tersedia, memainkan permainan di tengah video call, dan melakukan share screen.

9 dari 12 halaman

Discord

Aplikasi Video Call Gratis - Discord © Diadona

Discord adalah aplikasi obrolan grup yang pada awalnya digunakan oleh para gamer untuk melakukan streaming game mereka. Discord dibagi berdasarkan server dengan berbagai topik, kamu bisa masuk ke server tertentu sesuai dengan preferensi kamu. Jika kamu sudah masuk server, kamu bisa berbagi pesan dan video secara gratis dengan anggota server lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan Discord sebagai alternatif aplikasi video call gratis. Kamu bisa melakukan video call dengan 25 orang dalam satu panggilan video grup secara bersamaan. Video call di Discord juga memungkinkan kamu untuk melakukan share screen, sangat cocok untuk streaming game dan membentuk komunitas game.

10 dari 12 halaman

Facetime

Aplikasi Video Call Gratis - Facetime © Diadona

Facetime adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Apple dan hanya available untuk produk Apple seperti iPhone, iPad, dan MacBook. Aplikasi Facetime secara default akan langsung terpasang di semua produk Apple jadi kamu tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Namun karena aplikasi ini hanya tersedia di produk Apple maka pengguna Android tidak bisa bergabung dalam video call.

Facetime bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu alternatif aplikasi video call gratis dengan sesama pengguna produk Apple. Kamu bisa melakukan video call dengan 32 orang dalam satu panggilan, dengan keamanan yang sangat baik karena dienkripsi dari ujung ke ujung.

Facetime juga menawarkan berbagai fitur menarik seperti membuat emoji dan animoji secara real time, berbagai foto dan video secara langsung, dan kualitas video HD yang tidak perlu diragukan lagi.

11 dari 12 halaman

Viber Messenger

Aplikasi Video Call Gratis - Viber © Diadona

Viber Messenger adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang ‘Rakuten’ yang pada awalnya hanya digunakan sebagai layanan panggilan video saja.

Namun sekarang, Viber Messenger juga bisa kamu gunakan sebagai aplikasi bertukar pesan seperti WhatsApp, Line, dan lainnya. Viber Messenger bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu alternatif aplikasi video call gratis, bahkan kamu juga bisa melakukan panggilan internasional secara gratis.

Dalam Viber Messenger, kamu bisa melakukan video call dengan 20 orang dalam satu panggilan. Video call dilakukan dalam Viber Messenger juga sangat terjamin keamanannya karena Viber Messenger memiliki fitur penghancuran diri untuk obrolan rahasia. Selain itu Viber Messenger juga memiliki fitur menarik lainnya seperti kamu bisa menggunakan stiker dan GIF khusus miliki Viber dan kamu juga bisa membuat komunitas Viber.

12 dari 12 halaman

Signal

Aplikasi Video Call Gratis - Signal © Diadona

Signal Messenger merupakan aplikasi bertukar pesan yang bisa kamu gunakan di Android, iOS, maupun desktop dengan keamanan terjamin yaitu keamanan enkripsi ujung ke ujung. Oleh karena itu, Signal dianggap sebagai aplikasi bertukar pesan yang juga bisa digunakan untuk panggilan suara dan video yang paling aman di pasar. Signal lebih cocok digunakan untuk kepentingan personal saja.

Signal bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu alternatif aplikasi video call gratis. Pada saat kamu menjawab video call, video kamu tidak akan langsung aktif dan kamu akan diminta untuk mengaktifkannya dikarenakan privasi pengguna. Namun, Signal hanya memungkinkan kamu untuk melakukan video call satu lawan satu saja. 

Nah, jadi mau download aplikasi video call gratis yang mana nih, Diazens?

Penulis: Clarissa Dhea

 

Beri Komentar