Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro, Mana yang Lebih Worth It?

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 28 Desember 2023 13:09
Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro, Mana yang Lebih Worth It?
Bingung mau beli antara Macbook Air dan Macbook Pro? Simak dulu biar tau bedanya!

Macbook merupakan salah satu produk Apple yang sangat populer di dunia. Produk ini dinilai memiliki teknologi yang sangat canggih dan begitu elegan saat digunakan. Adapun dua produk Macbook Apple yang unggul, yaitu Macbook Air dan Macbook Pro.

Sebagian orang mungkin bingung untuk bedain Macbook Air dan Macbook Pro pas pingin membeli. Karena memang dua produk ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kamu sesuaikan untuk kebutuhan tertentu.

Lalu, apa saja perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro? Kira=kira seri mana yang lebih worth it untuk dibeli? Berikut Diadona telah mengulas lengkap terkait hal tersebut.

1 dari 7 halaman

Spesifikasi

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro © Diadona

Perbedaan mendasar dari Macbook Air dan Macbook Pro adalah spesifikasinya. Saat ini, Macbook Apple yang baru menggunakan chip M2 yang diklaim memiliki banyak peningkatan dari chip M1 yang digunakan pada Macbook lama.

Dilansir dari MacPaw, performa M2 meningkat jauh dari M1. Misalnya, CPU M2 18% lebih cepat, GPU M2 35% lebih cepat, dan neural engine 40% lebih cepat dari M1. Selain itu, M2 juga diklaim tidak terlalu cepat panas karena menggunakan lebih sedikit daya pada tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Macbook Air dan Macbook Pro terbaru saat ini sama-sama menggunakan chip M2 ini. Bedanya adalah Macbook Air menggunakan chip M2, sedangkan Macbook Pro pakai M2 Pro dan M2 Max. Hal ini membuat Macbook Pro lebih unggul dan sedikit lebih cepat dari segi performa.

Selain itu, spesifikasi lain yang sangat menunjukkan perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro adalah fitur Touch Bar. Dilansir dari web resmi Apple, seri Macbook Air hanya dilengkapi dengan Touch ID, sedangkan Macbook Pro versi 13 inci  lengkap dengan Touch Bar. 

Kalau dari segi sistem komputasi, dari web Apple sendiri, tidak terdapat perbedaan yang terlalu signifikan antara Macbook Air dan Macbook Pro terbaru. Namun, Apple mengklaim spesifikasi ini membuat Macbook Pro memilih kekuatan baterai hingga 20 jam, sedangkan Macbook Air hingga 18 jam.

2 dari 7 halaman

Desain

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro © Diadona

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro selanjutnya dari segi desain. Macbook Air sudah lama dikenal dengan desainnya yang elegan dan ultra-portable. Maksudnya Macbook Air memiliki desain yang sangat tipis dan ringan sehingga nyaman untuk dibawa kemana-mana. 

Sedangkan, Macbook Pro memiliki desain yang lebih tebal dan berat dibanding Macbook Air. Namun, sebenarnya build desainnya masih tetap ramping dan portabel. Perbedaannya ini dipengaruhi oleh kipas, karena Macbook Pro memiliki kipas untuk mendukung pekerjaan berat seperti coding, desain, atau editing video.

Jadi, kalau misal kamu butuh untuk keperluan sehari-hari yang tidak terlalu berat, kamu akan cocok dengan desain Macbook Air yang ringan dan sangat portable. Namun, kalau kamu adalah editor dan desain grafis, mungkin Macbook Pro akan lebih cocok untuk digunakan.

3 dari 7 halaman

Layar dan Tampilan

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro © Diadona

Dalam kualitas tampilan, Macbook Air dan Macbook Pro sama-sama menggunakan layar retina yang menawarkan resolusi tinggi, warna cerah, dan kualitas teks yang tajam. Paling perbedaannya hanya pada ukuran layar.

Dalam hal ini, Macbook Pro menawarkan keungullan tampilan yang lebih cerah dan ukurang warna yang lebih akurat. Dilansir dari Apple, Macbook Air M2 memiliki varian layar 13,6 inci dan 15,3 inci yang memiliki tampilan kecerahan tinggi. Namun, masih belum cukup menandingi kecerahan dan kejernihan model Pro yang lebih besar.

Macbook Pro M2 varian 14 inci dan 16 inci yang menawarkan resolusi hingga 3024x1964 dan 3456x2234. Macbook Pro jauh lebih besar dan lebih cerah. Kalau kamu butuh layar yang super maksimal dan tampilan visual kelas tinggi, Macbook Pro bisa jadi opsi kamu.

4 dari 7 halaman

Varian Warna

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro © Diadona

Ya, perbedaan yang nggak kalah penting antara Macbook Air dan Macbook Pro adalah varian warna yang tersedia. Macbook Air memiliki lebih banyak pilihan warna dibanding Macbook Pro. 

Dari website Apple, Macbook Air M2 punya 4 varian warna, yaitu midnight, starlight, abu-abu, dan perak. Sedangkan, Macbook Pro M2 punya 2 pilihan warna, yaitu abu-abu dan perak. Jadi, kalau kamu pengen Macbook yang lebih punya banyak warna, Macbook Air bisa jadi opsi terbaik.

Ketersediaan Port

Perbedaan fisik yang bisa langsung terlihat dari Macbook Air dan Macbook Pro adalah port dan ekspansi. Apple sudah lama membuat Macbook Air menjadi sangat portable dan tipis dengan menghilangkan port-port tertentu. 

Karena hal ini, Macbook Air cuma punya dua USB / Thunderbolt, yang salah satunya adalah USB charging. Ini membuat Macbook Air memiliki kesan yang super minimalis dan ultra-portable. Namun, ini menyulitkan bagi sebagian orang karena perlu perangkat port eksternal jika ingin menyambungkan perangkat seperti HDMI.

Sedangkan, Macbook Pro memiliki 4 port, yang bisa untuk Charger USB-C, HDMI, juga slot untuk SD Card atau kartu memori. Kalau kamu nggak mau ribet nambah-nambah perangkat lain ke Macbook kamu, seri Pro bakal jadi pilihan yang pas.

5 dari 7 halaman

Harga

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro © Diadona

Harga bisa jadi faktor penting dalam memilih antara Macbook Air dan Macbook Pro. Macbook Air bisa dibilang pilihan yang lebih ramah kantong, opsi terbaik buat pelajar atau yang memiliki anggaran terbatas. Macbook Air sebenarnya worth it dari segi harga dan fitur serta kualitas yang ditawarkan.

Sedangkan, Macbook Pro cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Namun, ini seimbang dengan kinerja yang unggul, layar besar, serta fitur-fitur berkualitas lain yang ada pada Macbook Pro. Cocok untuk penggunaan yang lebih profesional.

Kamu bisa mengecek harga-harga seri Macbook Air dan Macbook Pro M2 maupun generasi sebelumnya melalui website resmi Apple atau iBox sebagai distributor resmi Apple Indonesia. 

6 dari 7 halaman

Manakah yang  Lebih Worth it Antara Macbook Air dan Macbook Pro?

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro © Diadona

Wah Diazens, kalau kamu tanya manakah yang lebih worth it antara Macbook Air dan Macbook Pro? Jawabannya adalah sama. Ada harga ada kualitas, masing-masing menawarkan kualitas yang sangat canggih sesuai kamu pengen pakai buat kebutuhan apa.

Secara keseluruhan, memang Macbook Pro lengkap dan lebih unggul daripada Macbook Air. Namun, Macbook Air memiliki kesan yang sangat portable dan ringan, sehingga akan cocok buat kamu yang suka hal minimalis dan mudah dibawa kemana-mana.

Intinya, kedua seri ini, Macbook Air dan Macbook Pro sama-sama unggul di kelasnya. Sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.

Sekian ulasan terkait perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro kalau kamu tertarik buat beli. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Starky

Beri Komentar