Apakah Mac Apple Kebal Virus? Simak Dulu Penjelasannya

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 28 Desember 2023 12:40
Apakah Mac Apple Kebal Virus? Simak Dulu Penjelasannya
Penasaran apakah Mac Apple kebal virus? Simak dulu biar nggak kemakan hoax.

Pernah denger nggak klaim kalau produk-produk OS Apple seperti Mac itu kebal terhadap virus dan malware? Mac Apple memang memiliki reputasi sangat baik terkait ketahanannya virus, malware, atau perangkat berbahaya lainnya.

Banyak persepsi bahwa Mac Apple memang memilih kekebalan akan virus dan malware lebih baik daripada OS lain, misalnya Windows. Inilah yang membuat banyak orang lebih menyukai Mac dibanding Windows. Tapi, kalau dibilang kebal? Bentar dulu deh.

Sayangnya, Mac Apple tidak kebal terhadap virus maupun malware. Secanggih apapun Mac, sangat mungkin untuk terinfeksi perangkat berbahaya tersebut. 

Artikel ini untuk menjawab informasi yang simpang siur. Berikut beberapa mitos terkait apakah Mac Apple kebal virus atau tidak? Simak ya.

1 dari 6 halaman

Mitos #1: Mac Apple Kebal Virus Sepenuhnya

Mac Apple Kebal Virus © Diadona

Mitos yang paling umum adalah anggapan bahwa Mac Apple kebal virus sepenuhnya. Jawabannya? Tidak. Mac Apple memang cukup lebih tahan virus dibanding Windows, tapi bukan berarti kebal. 

Faktanya adalah Mac sebenarnya sama saja seperti perangkat teknologi pada umumnya. Mac bisa terkena virus atau malware jika peretas berhasil menembus keamanannya. Apalagi, saat ini kecanggihan peretas juga nggak bisa diremehkan.

Saat ini, karena sudah banyaknya produk Mac yang beredar di pasaran, maka banyak juga peretas dunia yang mencoba untuk meretas mesin Mac. Jadi, Mac bukanlah kebal dari virus, tetapi sistem keamanan didalamnya mempersulit virus untuk bisa masuk ke dalam sistem.

2 dari 6 halaman

Mitos #2: Mac Tidak Membutuhkan Antivirus

Mitos selanjutnya adalah anggapan bahwa Mac Apple tidak membutuhkan perangkat atau aplikasi antivirus. Jawabannya sudah jelas, Mac butuh antivirus. Lagi-lagi, ini karena Mac Apple sangat mungkin terkena virus.

Dilansir dari Apple, Apple sendiri melengkapi Mac dengan sistem perlindungan terhadap malware bawaan, yaitu XD, ASLR, SIP, dan sistem keamanan lainnya. Hal ini menandakan kalau Mac bisa terkena virus ataupun malware.

Untuk itu, pengguna Mac perlu untuk mempertimbangkan aplikasi antivirus tambahan untuk lebih memproteksi Mac dengan lebih maksimal. Ada berbagai pilihan antivirus yang bisa kamu pilih untuk Mac Apple kamu.

3 dari 6 halaman

Mitos #3: Sistem Operasi Apple Paling Aman

Mac Apple Kebal Virus © Diadona

Mac menggunakan sistem operasi yang dibangun dengan UNIX. Sistem operasi ini berbasis multi-tasking dan multi-user berteknologi canggih. Menurut TechTarget, UNIX dikembangkan 1960-an dan sudah bertahun-tahun digunakan.

Walaupun UNIX adalah sistem operasi yang terkenal akan fleksibilitas dan kemampuan jaringannya, nggak berarti UNIX adalah sistem paling aman. Faktanya, keamanan sebuah perangkat dipengaruhi besar oleh penggunaan tidak hanya dari sistem operasinya.

Jika kamu sering mendownload file, gambar, video, ataupun aplikasi dari situs-situs yang ilegal bisa saja Mac kamu menjadi rentan terhadap virus dan malware. Selain itu, sistem operasi seperti Windows juga semakin mengupgrade dari segi perlindungan.

4 dari 6 halaman

Mitos #4: Hacker Hanya Menargetkan Windows

GAMBAR

Mitos ini salah banget ya Diazens. Kalau dulu, produk Windows sangat banyak dibanding Mac yang beredar di dunia. Sehingga, otomatis peretas akan lebih banyak menargetkan Windows dibanding mac.

Namun, seiring dengan perkembangan dan peningkatan pengguna Mac, minat para hacker juga ikut meningkat mengincar sistem Mac. Pengguna Mac tidak kebal terhadap serangan phishing, rekayasa, atau serangan siber yang lainnya.

Faktanya, makin canggih Mac, maka makin canggih juga para hacker untuk mengincar sistem Mac agar bisa diretas.

Itu dia beberapa mitos yang membahas apakah Mac Apple kebal virus atau tidak. Nah, mungkin kamu penasaran gimana cara mengetahui Mac kamu saat terkena virus. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan kemungkinan Mac bervirus.

5 dari 6 halaman

Tanda Mac Terkena Virus

Mac Apple Kebal Virus © Diadona

Berikut adalah tanda-tanda Mac Apple terkena virus:

1. Kinerja Jadi Lemot

Tanda pertama yang paling umum terjadi jika Mac Apple kamu terinfeksi virus atau malware berbahaya adalah menjadi lemot. Jika Mac kamu secara tiba-tiba menjadi lemot, kamu harus waspada. 

Mac yang lemot menunjukkan bahwa ada hal berbahaya yang masuk ke Mac kamu. Jadi, usahakan untuk langsung mengatasinya dengan melakukan diagnosa permasalahan agar bisa diperbaiki. 

2. Mac Menjadi Overheat

Jika virus atau malware berhasil masuk ke Mac kamu, mungkin saja kamu merasakan suhu panas yang nggak wajar di Mac kamu. Mac yang terlalu panas menandakan bahwa ada terlalu banyak program yang bekerja di latar belakang. 

Malware atau virus bisa saja bekerja di latar belakang untuk merusak Mac kamu. Jadi, jika Mac kamu menjadi sangat panas, periksalah apabila ada virus yang berhasil masuk.

3. Terdapat Banyak Iklan dan Popup Tidak Penting

Salah satu tanda paling jelas adalah Mac kamu secara tiba-tiba menampilkan berbagai iklan dan popup aneh dan tidak penting. Iklan atau popup yang dimaksud ini cukup mengganggu dan muncul secara terus-menerus.

Lebih parah apabila iklan dan popup ini muncul bahkan saat kamu sedang offline. Jika tanda ini muncul, segeralah periksa Mac kamu agar tidak menjadi lebih parah.

Demikian ulasan yang bisa menjawab pertanyaan apakah Mac Apple kebal virus serta apa saja tanda jika terinfeksi oleh virus.  Semoga bermanfaat ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar