10 Penyebab Keyboard Laptop tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 28 September 2022 11:00
10 Penyebab Keyboard Laptop tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya
Tiba-tiba keyboard laptop tidak berfungsi? jangan bingung, gini caranya

Laptop kini sudah menjadi senjata tersendiri bagi mereka yang berkutat di dunia digital. Baik itu untuk kebutuhan menulis, mengelola file, desain, dan lain-lain. Namun, ada satu msalah yang cukup menyebalkan yaitu keyboard laptop tidak berfungsi secra tiba-tiba.

Ketika keyboard laptop tidak berfungsi akan sangat mengganggu pekerjaan. Pastinya juga akan mengganggu waktu yang kita miliki dan merembet ke hal lainnya. Padahal hanya berawal dari keyboard loh.

Untuk itu, jika keyboard laptop tidak berfungsi berikut diadona telah merangkum beberapa cara untuk mengatasinya. Jadi, yuk simak bareng-bareng uraiannya di bawah ini, gas.

1 dari 5 halaman

Penyebab Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Keyboard Laptop tidak Berfungsi © Diadona

1. Software Bermasalah

Jika keyboard laptop tidak berfungsi, penyebab pertama yang bisa dilihat adalah software atau perangkat lunak. Biasanya, jika masalahnya ini, huruf dan angka tidak muncul di layar laptop meskipun tombol-tombol pada keyboard sudah dipencet.

2. Driver Keyboard

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang selanjutnya adalah driver yang membutuhkan update. Biasanya ini terjadi karena bug atau pun memang error.

2 dari 5 halaman

Keyboard Laptop tidak Berfungsi © Diadona

3. Hardware Bermasalah

Selanjutnya penyebab keyboard laptop tidak berfungsi adalah hardware yang bermasalah. Misalnya, konektor yang tidak terpasang secara baik. Hal ini bisa terjadi ketika laptop pernha terjatuh dan lainnya.

4. Keyboard Kotor

Keyboard kotor juga bisa loh menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi. Penyebabnya ya debu, debu yang masuk melalui sela-sela keyboard jika dibiarkan dalam waktu yang lama pasti akan mempengaruhi kinerja keyboard laptop.

5. Keyboard Rusak

Terakhir untuk penyebab keyboard laptop tidak berfungsi adalah memang keyboard laptop tersebut sudah rusak. Ini bisa terjadi jika laptop memang mempunayi usia yang sudah lama. Dan ini sangat lazim terjadi.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Keyboard Laptop tidak Berfungsi © Diadona

6. Restart Laptop

Untuk cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang pertama adalah dengan merestart laptop tersebut. Restart biasa ya Diazens. Caranya sudah tahu kan?

  • Klik pada tombol Windows.
  • Pilih tombol daya.
  • Pilih Restart atau mulai ulang.

7. Update Driver

Lalu untuk cara mengatasi keyboard laptop tidak berfunsgi adalag dengan memeriksa dan mengupdate driver keyboard laptop. Caranya juga mudah kok, kamu pasti bisa hahaha.

  • Klik tombol “ search” di driver keyboard.
  • Klik tombol “ search” di bagian windows.
  • Cari “ device manager” dan pilih.
  • Perluas opsi di papan ketik.
  • Temukan keyboard dan klik kanan diatasanya.
  • Tekan perbarui driver.
  • Pilih cari secara otomatis untuk driver.
  • Ikuti petunjuk untuk memperbarui driver.

4 dari 5 halaman

Keyboard Laptop tidak Berfungsi © Diadona

8. Periksa Hardware

Untuk permasalahan hardware, kamu bisa membongkar laptop kamu jika keyboard laptop tidak berfungsi ya. Kalau mau lebih aman, kamu bisa bawa ke gerai servis resmi laptop milik kamu hehe.

9. Bersihkan Keyboard

Jika permasalahan keyboard laptop tidak berfungsi karena kotor kamu bisa dengan mudah membersihkannya. Kamu bisa melepas tuts keyboard kemudain membersihkannya dengan vacum mini.

5 dari 5 halaman

Keyboard Laptop tidak Berfungsi © Diadona

10. Pakai Keyboard Eksternal

Jika keyboard laptop tidak berfungsi karena rusak kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan keyboard eksternal. Keyboard eksternal saat ini juga canggih-canggih kok. Ada yang menggunakan usb atau wireless.

Jadi itu ya guys penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dan cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan. tentu saja kamu yang paling tahu kenapa keyborad laptopmu bermasalah.

Jika memang tidak yakin dan ingin mencari jalan aman, kamu bisa langsung membawa laptop ke gerai servis resmi ya. So, selamat mencoba Diazens!

Beri Komentar