6 Perbedaan Laptop dan Notebook, Jangan Sampai Salah Lagi ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 27 September 2022 14:20
6 Perbedaan Laptop dan Notebook, Jangan Sampai Salah Lagi ya!
Apakah kamu tahu apa saja perbadan laptop dan notebook?

Sama sama merupakan komputer jinjing, banyak orang yang mengira bahwa tak ada perbedaan laptop dan notebook yang berarti. Sebagian mungkin mengira hanya pada ukurannya saja atau sebenarnya keruanya merupakan device yang sama hanya memiliki beda bahasa. Tapi apakah benar?

Baik laptop maupun notebook merupakan komputer portable yang bisa kamu gunakan di mana saja dan kapan saja. Ukurannya ringkas dengan kemampuan bekerja yang bisa dibandingkan dengan PC. Keduanya memang memiliki bentuk yang serupa, namun ternyata punya perbedaan yang cukup besar. Simak yuk apa saja yang bikin keduanya tak bisa disebut sebagai perangkat yang sama.

1 dari 4 halaman

Perbedaan Dimensi Laptop dan Notebook

Perbedaan Laptop dan Notebook © Diadona

Yup, salah satu perbedaan laptop dan notenook yang paling mudah dan bisa langsung kita ketahui adalah pada dimensinya. Laptop punya dimensi yang lebih besar ketimbang notebook

Laptop biasanya memiliki berat antara 2 sampai 2,5 kg dengan ukuran serta ketebalan layar bervariasi mulai dari 10 inci hingga 18 inci. Tergantung pada merek pabrikan, laptop bisa tipis atau besar. Dan kayak komputer nih, laptop bisa direkayasa untuk industri atau konsumen tertentu, misalnay untuk gamer, desainer dan lainnya.

Sedangkan seperti namanya yakni notebook, perangkat ini punya dimensi yang lebih ringkas. Melansir laman HP, notebook mempertahankan keunggulan portabilitas ringan tertinggi dibandingkan laptop. Meski begitu keduanya tetap bisa dengan mudah kamu bawa kemana-mana.

2 dari 4 halaman

Prosesor yang Digunakan

Perbedaan Laptop dan Notebook © Diadona

Terlepas dari judulnya, kinerja dan kekuatan komputer sepenuhnya ditentukan oleh CPU, GPU , RAM, kecepatan disk, dan fitur terkait lainnya.

Sebagian besar komputer modern dilengkapi dengan kekuatan pemrosesan dan tampilan yang memadai untuk memberikan kinerja yang berkualitas. Apakah ini bisa diungguli oleh laptop dan notebook? Setidaknya keduanya bisa memuaskan bagi mereka yang terbiasa menggunakan PC. Namun secara umu, balik lagi nih ke harga perangkat. Semakin mahal harga notebook dan laptop, semakin tinggi kualitas fitur yang kamu dapatkan.

Harga laptop cenderung lebih mahal ketimbang notebook sehingga tentu saja fitur terintegrasi dan daya kinerja yang ditawarkan lebih tinggi. Sedangkan untuk notebook nih, perangkat ini umumnya menjaga fitur tetap minimalis. Makanya banyak notebook yang cukup untuk menyelesaikan kerja komputasi pribadi tanpa digandoli kerumitan atau teknologi ekstra mewah.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Fungsi Laptop dan Notebook

Laptop khas saat ini menawarkan 1TB solid state drive (SSD) dan kapasitas RAM 8GB hingga 12GB. Notebook tipikal dilengkapi dengan HDD 512GB dan kapasitas RAM 2GB hingga 4GB. Dengan perbedaan yang menggelegar ini melayani tentu saja laptop dan notebook melayani dua jenis konsumen yang berbeda.

Buat mereka yang butuh teknologi komputasi tinggi, laptop bisa diandalkan. Tapi bila 'hanya' membutuhkan komputer untuk pengelolaan dokumen dan browsing 'doang' nih, notebook yang sederhana sebenernya cukup.

4 dari 4 halaman

Ketahanan Baterai

Dengan fungsi yang teknologi yang dimiliki oleh laptop tentu saja ini bikin daya tahan baterainya jadi lebih lemah.Laptop biasa bertahan antara 6 dan 10 jam tanpa kabel sedangkan notebook biasa bertahan antara 7 hingga 14 jam tanpa kabel.

Sistem Pendinginan

Perbedaan laptop dan notebook selnajutnya ada pada sistem pendinginan yang dimiliki. Laptop memiliki kipas dan sistem lain untuk tujuan pendinginan. Sedangkan notebook pada umumnya tidak memiliki sistem pendingin yang efektif karena daya pemrosesan yang lebih kecil dibandingkan dengan laptop.

Keberadan DVD Drive

Laptop punya opsi drive optik atau drive DVD. Ini beda dengan notebook tidak memiliki pilihan optical drive atau DVD-drive.

Nah itu tadi perbedaan laptop dan notebook. Jangan sampai salah lagi ya!

Beri Komentar