Pengertian Software, Jenis, Malware dan Software Engineering

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 29 Mei 2021 17:49
Pengertian Software, Jenis, Malware dan Software Engineering
Software adalah istilah untuk merujuk program atau aplikasi

Software adalah sekumpulan instruksi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dan hardwar euntuk melaksanakan tugasnya. Misalnya nih software browser seperti Chrome, Opera Mini ata Mozilla yang digunakan untuk menjelajahi internet.

Melansir Tech Target, software adalah istilah umum untuk merujuk pada aplikasi, program yang berjalan di perangkat, atau skrip. Nah, program tersebut berisi sekumpulan data elektronik. Dengan adanya software, komputer bisa bekerja dan menjalankan suatu perintah. Software merupakan bagian variabel komputer yang bisa diubah, berbeda dengan hardware.

Untuk lebih memahami apa itu software, contoh, gimana cara menggunakan dan mendapatkannya, yuk simak dulu ulasana Diadona yang dikutip dari berbagai sumber berikut.

1 dari 3 halaman

Jenis Sofware

Software Adalah © Diadona

Britannica menjelaskan kalau ada dua jenis software, yakni software aplikasi dan software sistem. Apa bedanya?

Software sistem adalah yang mengontrol fungsi internal komputer, terutama melalui sistem operasi, dan juga mengontrol periferal seperti monitor, printer, dan perangkat penyimpanan. Sederhananya nih, ini adalah software yang digunakan untuk menjalankan hardware dan menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi di atasnya.

Contoh dari software aplikasi ini adalah sistem operasi, driver perangkat dan lainnya. Software sistem inbiasanya ditulis dalam bahasa pemprogaman C.

Software aplikasi, sebaliknya, akan mengarahkan komputer untuk menjalankan perintah yang diberikan oleh user. Contohnya adalah aplikasi permainan, pengolah kata, spreadsheet dan lainnya.

Software jaringan, berfungsi untuk mengkoordinasikan komunikasi komputer yang terhubungan dalam jaringan

2 dari 3 halaman

Software Berbahaya (Malware)

Software Adalah © Diadona

Malware merupakan kependekan dari 'malicious software' adalah perangkat lunak yang berbahaya. Malware sengaja dikembangkan untuk merusak komputer dan mengganggu software lainnya. Malware bisa terpasang secara nggak sengaja akibat kurang cermatnya dalam berselancar di internet serta kurangnya keamanan perangkat.

Sederhananya nih, software adalah bagian penting dalam komputer yang tanpanya, komputer hanya akan menjadi mesin inert yang nggak berguna. Berbagai sofware di dalam komputer saling berhubungan, misalnya software aplikasi pengolah kata nggak akan bekerja tanpa keberadaan sistem operasi yang menjalankannya, dan OS nggak bisa dikembangkan kecuali software pemprogaman digunakan terlebih dahulu.

Agar bisa berfungsi, software harus terinstal di komputer. Cara mendapatkan software adalah dengan menyalin ke drive komputer dari media penyimpanan atau dari mendownloadnya di internet. Sofware juga bisa dibeli secara online atau offline di toko atau bisa diperoleh secara gratis.

Kalau suatu software sudah nggak berfungsi, pengguna bisa menghapus instalasinya.

3 dari 3 halaman

Software Engineering

Software Adalah © Diadona

Melansir guru 99, software engineering adalah proses menganalisa kebutuhan pengguna trus merancang, membangun dan juga menguji software yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Software engineering atau yang biasa disebut dengan rekayasa perangka lunak, adalah cabang teknik yang berhubungan dengan pengembangan perangkat lunak atau software itu sendiri. Pekerjaan ini berkaitan dengan seperangkat prinsip, praktik, dan metode yang telah diasah selama bertahun-tahun dan mengalami perubahan seiring dengan perubahan perangkat lunak dan juga teknologi. Sederhannya nih, orang yang bergelut di bidang software engineering adalah orang yang berperan dalam prinsip teknik pengembangan perangkat lunak.

Mereka harus punya beberapa skill, diantaranya;

  • Programming
  • Ketelitian
  • Cepat beradaptasi
  • Bisa bekerja sama dengan tim

apakah pekerjaan ini menjanjikan? Yup. Saat ini nih teknologi sedang sangat berkembang. Orang-orang terus berinovasi untuk menciptakan teknologi yang makin memudahkan kehidupan. Sejalan dengan semua itu, mereka yang ahli di bidang ini selalu dibutuhkan.

Software adalah istilah dan suatu hal yang dekat dengan sebagian dari kita. Tapi mendefinisikannya dengan jelas bukan suatu hal yang mudah.

Intinya nih, software adalah seluruh rangkaian program yang terkait dnegan pengoeparsian komputer dan berisi intruksi yang ngasih tau komputer apa yang harsu dilakukan.

Beri Komentar