Peneliti Temukan Spyware Android Baru yang Bisa Merekam Panggilan Telepon, Hati-Hati ya!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 5 Oktober 2020 16:02
Peneliti Temukan Spyware Android Baru yang Bisa Merekam Panggilan Telepon, Hati-Hati ya!
Tetap hati-hati dan sampai kecolongan guys~

Pesatnya perkembangan dunia digital juga dibarengi dengan berbagai virus yang juga semakin beragam. Seperti apa yang ditemukan baru-baru ini oleh peneliti ESET. Dikatakan jika spyware Android ini bisamerekam panggilan telepon pengguna, mencuri kontak, dan bahkan membaca pesan pribadi.

Ngeri nggak tuh?

1 dari 3 halaman

Dilansir dari Tekno Liputan6, Spyware yang disebut Android/SpyC23.A itu didistribusikan melalui toko aplikasi Android palsu, menggunakan aplikasi terkenal sebagai iming-iming.

Lukas Stefanko sebagai salah satu anggota peneliti ESET mengatakan jika toko Android palsu memang sering kali mendistribusikan malware dan spyware. Spyware yang bernama ndroid/SpyC23.A ini disisipkan pada beberapa aplikasi seperti AndroidUpdate, Threema, dan Telegram dari toko aplikasi palsu.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Spyware © Diadona

Yang paling mengerikan dari spyware ini adalah dapat melakukan sejumlah tindakan termasuk, mengambil gambar, merekam audio, menghapus file, dan bahkan merekam layar pengguna. Bisa habis kita kalau ceritanya gini, hehe.

Berdasarkan apa yang ditemukan dalam penelitian ini, tim peneliti ESET mengatakan untuk pengguna Android agar selalu menggunakan aplikasi dari Google Play Store resmi.

3 dari 3 halaman

Pihak peneliti pun merekomendasikan untuk memeriksa latar belakang pengembang aplikasi, memeriksa kembali izin yang diminta, serta menggunakan solusi keamanan seluler yang tepercaya dan mutakhir.

Wah ngeri juga ya kalau perangkat kita kemasukan spyware ini. Semua privasi kita bisa ketahuan loh. Oelh karena itu, jangan sampai mengunduh aplikasi dari toko Android palsu ya.

Beri Komentar