Ini lho Tips Penting Buat Kamu yang Mau Beli Kartu Micro SD untuk Smartphone

Reporter : Yoyok
Senin, 5 Oktober 2020 11:50
Ini lho Tips Penting Buat Kamu yang Mau Beli Kartu Micro SD untuk Smartphone
Disimak baik-baik nih, berguna banget lho

Smartphone telah menjadi kebutuhan pokok di era digital saat ini. Smartphone juga dapat digunakan untuk memotret pemandangan ciamik hingga merekam video yang diyakini bakal viral di media sosial. Semuanya dapat kamu lakukan dengan smartphone.

Tentu saja untuk memotret foto, merekam video, bahkan menyimpan lagu, kamu membutuhkan memori atau storage di smartphone. Kini, tiap smartphone telah memiliki memori internal untuk menampung hobimu tersebut.

Namun, terkadang untuk memori internal tidak adakn cukup menampung berbagai macam file yang kamu miliki. Maka dari itu banyak orang memilih untuk menambahkan memori eksternal atau kartu micro SD di smartphone mereka.

Tetapi, kamu jangan asal beli kartu micro SD ya. Dikutip dari Merdeka, berikut ini adalah beberapa pertimbangan saat akan membeli kartu micro SD untuk smartphone kamu.

1 dari 3 halaman

Kapasitas

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan saat akan membeli karftu micro SD adalah kapasitas. Pertama-tama, cari tahu dulu berapa kapasitas maksimal kartu micro SD yang dapat didukung oleh smartphone kalian. Jangan sampai kamu membeli memori eksternal yang kapasitasnya melebihi dukungan maksimal smartphone kamu.

Beberapa smartphone kelas menengah sampai flagship terbaru telah mendukung kartu micro SD berkapasitas 128 GB, 256 GB, 512 GB, bahkan sampai 1 TB sekalipun. Contohnya adalah smartphone Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

2 dari 3 halaman

Kebutuhan

Ilustrasi Smartphone Diangkat Tinggi-tinggi © Diadona

Selain kapasitas yang menjadi pertimbangan, keperluan atau kebutuhan kamu menggunakan kartu micro SD juga menjadi pertimbangan lainnya lho. Sejak awal sebelum membeli, kamu sudah harus menentukan untuk apa nantinya kartu micro SD yang akan kamu beli?

Apakah untuk keperluan menyimpan aplikasi? Atau untuk menyimpan file foto atau video yang kamu ambil lewat smartphone?

Fyi, beberapa contoh di atas idealnya menuntut spesifikasi kartu micro SD yang berbeda. Pada umumnya pabrikan kartu micro SD bakal menampilkan keterangan seperti apa produk mereka. Seperti contoh, mendukung perekaman video dengan kualitas 4K.

Jadi, bakal percuma saja jika kamu membeli kartu micro SD dengan kapasitas besar namun mahal, tapi tidak dipergunakan dengan maksimal.

3 dari 3 halaman

Kalian ada yang mau beli kartu micro SD? Dipikir-pikir dulu yaa.

 

Beri Komentar