Itel RS4, HP Gaming Spek Ngebut Harga Sejutaan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 5 Mei 2024 18:57
Itel RS4, HP Gaming Spek Ngebut Harga Sejutaan
Itel RS4 dibanderol di harga 1 jutaan, dengan menawarkan kemampuan gaming dan desain yang terasa segar

Tidak banyak yang tahu tentang brand smartphone Itel di Indonesia. Itel adalah brand smartphone di bawah Transsion holding, yang juga membawahi Infinix dan Tecno. Itel sendiri sudah beberapa kali menggebrak pasar smartphone 1 jutaan lewat beberapa produk andalan mereka di seri A, P dan S.

Kali ini itel merilis satu lagi seri andalan mereka di harga 1 jutaan, dengan menawarkan kemampuan gaming dan desain yang terasa segar, yaitu Itel RS4. RS sendiri merupakan singkatan dari Racing Sport, yang menggambarkan kecepatan performa smartphone. Sedangkan angka 4 menandakan bahwa Itel RS4 ini diproduksi dan dirilis di tahun 2024.

 

1 dari 3 halaman

Itel RS4 © Diadona© 2024 instagram.com/tau_tekno/

Itel RS4 menggunakan desain dengan bingkai yang mengotak tren 2024, berbahan polikarbonat baik bingkai maupun bodi belakangnya. Desain modul kameranya berbentuk lingkaran dengan logo RS yang digambarkan oleh pihak Itel menyerupai velg racing. Secara desain, Itel RS4 ini sudah gaming banget, dengan 3 pilihan warna yaitu emas (Elegant Beige), putih (Silvery White), dan hitam (Lunar Black).

Harga yang murah tidak lantas membuat Itel RS4 menggunakan chipset yang biasa-biasa saja. Itel RS4 menggunakan Mediatek Helio G99 Ultimate dengan dua versi RAM dan penyimpanan, yaitu 8GB RAM 128GB Memori internal dan 12GB RAM 256GB Memori internal.

Sekali lagi komposisi ini memang pertama kali ada di smartphone 1 jutaan, bahkan menariknya lagi di lini smartphone 2 jutaan juga masih jarang yang menggunakan RAM hingga 12GB.

 

2 dari 3 halaman

Itel RS4 © Diadona© 2024 shopee.co.id

Apakah ada pengurangan di sisi spesifikasi yang lainnya? Mari kita lihat dari sisi baterai dan kecepatan pengecasan. 

Baterai berkapasitas 5000 MAh yang masih disupport dengan fast charging 45 Watt juga tidak terlihat adanya pemangkasan. Ditambah lagi fitur bypass charging yang bisa diaktifkan saat bermain gim agar dayanya bisa langsung dialirkan ke motherboardnya. Kondisi ini menjadikan suhu hp pada saat bermain gim menjadi lebih dingin.

Dari sisi kamera? terlihat biasa mungkin ketika melirik resolusi 50MP kamera belakang dan 8MP kamera depan.

Tapi yang spesial dari kamera Itel RS4 ini adalah kemampuan perekaman video kamera belakang sampai 2k 30fps dan 1080 60fps, sedangkan kamera depannya juga masih bisa rekam sampai 2k 30fps, yang mana di kelas 1 jutaan masih terbatas pada perekaman video 1080 30fps. 

3 dari 3 halaman

Itel RS4 © Diadona© 2024 Gadget Filipinas

Mungkin yang dijadikan sasaran pemangkasan spesifikasi, justru ada di layarnya. Layar Itel RS4 ini hanya beresolusi HD+. Namun masih digunakannya refresh rate 120Hz di layarnya masih menjadikan kekurangan dari sisi layar ini masih dapat dimaafkan, mengingat di harga sekelas juga bertebaran smartphone dengan kualitas layar yang masih belum Full HD+.

Layarnya juga masih disupport auto brightness dan kecerahan sampai 400 nits.

Spesifikasi lain meliputi NFC, USB OTG, dual speaker stereo, dan gyroscope hardware juga melengkapi paket komplit hp 1 jutaan yang bisa menjadi hp terbaik di range harga 1 jutaan.

Harga rilis resmi dari Itel RS4 dengan varian 8/128 yakni Rp 1.899.000, sedangkan varian tertingginya (12/256) dirilis dengan harga 2.299.000.

 

Beri Komentar