Gimana sih Cara Aman Menaruh HP di Dalam Jok Motor Biar Gak Rusak?

Reporter : Yoyok
Sabtu, 4 Mei 2024 14:03
Gimana sih Cara Aman Menaruh HP di Dalam Jok Motor Biar Gak Rusak?
Ada beberapa cara buat kamu yang sering menyimpan HP di dalam jok motor.

Banyak orang bertanya-tanya, ada gak sih cara aman menaruh HP di jok motor? Buat kamu yang kemana-mana menggunakan motor, tentu bagasi joknya bisa dimanfaatkan untuk menaruh berbagai barang. Kamu bisa menyimpan tas, dompet, kunci rumah, hingga HP di dalam jok motor.

Namun, banyak orang yang auto mengeluh setelah menyimpan HP-nya di dalam jok motor. Banyak yang bilang HP jadi panas ketika menyimpannya di dalam jok motor. apalagi jika motor tersebut diparkir di di luar ruang atau langsung terkena sinar matahari.

Lalu, aman gak sih menyimpan atau menaruh HP di jok motor? Tim Diadona telah merangkum beberapa cara aman menaruh Hp di jok motor. Cara-cara berikut akan sangat berguna buat kamu para pengendara motor. Yuk disimak guys.

1 dari 3 halaman

Bahaya Menaruh HP di Jok Motor

cara aman menaruh hp di jok motor © Diadona© shutterstock.com

 

Pada dasarnya, tidak disarankan untuk menyimpan HP di dalam jok motor. Ada beberapa bahaya menaruh Hp di jok motor yang perlu kamu ketahui:

Kerusakan

Jok motor biasanya tidak dirancang untuk menyimpan barang seperti HP. Guncangan dan getaran saat berkendara bisa merusak komponen internal ponsel, seperti layar atau komponen lainnya. Tentu akan sangat bahaya jika kamu menyimpan HP di dalam jok motor saat berkendara.

Panas Berlebih

Meskipun tidak langsung terpapar sinar matahari, HP yang disimpan di dalam jok motor masih bisa terkena panas berlebih dari mesin atau cuaca panas. Jok motor tidak memiliki sirkulasi udara yang memungkinkan memiliki suhu tinggi, apalagi ketika mesin menyala. Panas yang berlebih dapat merusak baterai atau komponen elektronik lainnya.

Rawan Pencurian

Motor yang terparkir tentu akan jauh dari pengawasan kita. Tidak jarang orang-orang kehilangan barang ketika menyimpannya di dalam jok motor. Maka dari itu, demi alasan keamanan, hindari menyimpan HP atau barang berharga apapun di dalam jok motor.

2 dari 3 halaman

Cara Aman Menaruh HP di Jok Motor Biar Gak Rusak

cara aman menaruh hp di jok motor © Diadona© shutterstock.com

Jika sudah mengetahui bahayanya, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menaruh HP di dalam jok. Berikut ini adalah beberapa cara aman menaruh HP di dalam jok motor:

Matikan HP

Cara pertama yaitu matikan HP. Sebelum menaruh HP di dalam jok motor, sebaiknya matikan HP terlebih dahulu. Dengan dimatikannya HP itu sama dengan membuat gadget-mu tersebut tidak bekerja saat berada di dalam jok motor. HP yang mati juga akan berada dalam kondisi dingin di saat suhu dalam jok motor sedang panas.

Copot Baterai

HP zaman sekarang kebanyakan menggunakan model baterai tanam atau yang tidak bisa dilepas. Namun, jika memungkinkan, sebelum menaruh HP di dalam jok motor, lepas dulu baterainya. Baterai merupakan komponen HP yang mudah rusak, apalahgi jika terkena suhu panas motor. Baterai nantinya juga akan ikutan panas dan nantinya akan merusak komponen HP.

Bungkus HP

Cara aman berikutnya saat menaruh HP di dalam jok motor adalah dengan membungkusnya terlebih dahulu. Bungkus HP dengan kain empuk atau dingin agar aman ketika terbentur-bentur saat berada di dalam jok motor yang melaju.

Hindari Sinar Matahari

Saat menaruh HP di dalam jok motor, hindari lokasi parkir yang langsung terkena sinar matahari. Sinar matahari juga bisa membuat suhu dalam jok motor jadi naik yang nantinya akan merusak HP yang kamu simpan di dalamnya.

3 dari 3 halaman

Beneran Menaruh HP di Dalam Jok Bisa Bikin Meledak?

cara aman menaruh hp di jok motor © Diadona© shutterstock.com

Beberapa orang menghindari menaruh HP di dalam jok motor karena bisa meledak. Ternyata, hal ini mungkin banget terjadi lho.

Menurut para ahli, bukan motornya yang menjadi sumber penyebabnya, melainkan HP yang berada di dalam jok. HP yang berada di dalam jok motor akan mudah can cepat panas. Apalagi jika HP tersebut mudah overheat.

Benda yang mudah panas seperti Hp tersebut akan sangat berbahaya jika disimpan dalam jok motor. Seperti kita tahu, di jok motor terdapat busa yang bersifat mudah terbakar. Selain itu, jok juga dekat dengan tangki bensin dan mesin yang panas sehingga potensi untuk meledak akan lebih tinggi.

Itulah beberapa cara aman menaruh HP di dalam jok motor. Namun, disarankan untuk tidak menyimpan HP di dalam jok motor karena banyak risikonya.

Beri Komentar