Mau Bikin Smartphone Layar Lipat, Apple Latah (Lagi)?

Reporter : Yoyok
Jumat, 11 September 2020 13:50
Mau Bikin Smartphone Layar Lipat, Apple Latah (Lagi)?
Hal ini setelah Apple dilaporkan memesan panel layar lipat dari Samsung

Smartphone dengan layar lipat memang sedang trending. Mulai dari Samsung hingga Motorola, mereka memiliki smaartphone dengan layar lipat.

Apple pun juga dirumorkan akan menciptakan gadget mereka dengan model layar lipat. Rumor tersebut mengatakan kalau hal itu terjadi pada tahun 2023.

Namun, sepertinya gadget Apple dengan layar lipat tidak perlu menunggu sampai tahun 2023 deh.

1 dari 3 halaman

Layar Lipat dari Samsung

Dikutip dari Phone Arena, kabarnya Apple telah memesan sampel layar lipat dari Samsung. Jika semuanya berjalan lancar, Apple bakal mencapai kesepatakan dengan Samsung dalam waktu satu tahun saja.

Samsung sendiri merupakan pemasok layar OLED ke Apple. Samsung diprediksi telah menjual 70 juta unit panel OLED ke Apple, untuk produksi iPhone 12 yang akan segera rilis.

2 dari 3 halaman

Digunakan di iPad

Apple kabarnya akan menggunakan konsep layar lipat ini pada gadget iPad mereka dan akan menggunakan OS iPad. Diterapkan di iPad karena Apple sendiri telah memiliki protorype perangkat lipat tersebut.

Apple tinggal menunggu beberapa teknologi pendukung seperti kaca ultra tipis khusus smartphone lipat (yang sudah dimiliki Samsung), serta teknologi proteksi layar lipat yang kini sedang dikembangkan oleh Corning, pembesut Gorilla Glass.

3 dari 3 halaman

Pasar Menggiurkan

Terobosan dari Apple ini terbilang masuk akal mengingat banyak analis teknologi yang mengatakan kalau kategori pasar smartphone premium berupa perangkat lipat merupakan pasar yang akan berkembang pesat dalam dekade ini. Tidak heran jika konsep smartphone dengan layar lipat menjadi primadona akhir-akhir ini.

Lagpula, ini bukan pertama kalinya Apple meniru banyak inovasi yang sebelumnya sudah ngetren. Seperti layar OLED, wireless charging, face scanner, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi Apple © Diadona

Wah jadi penasaran pengen megang iPad yang bisa dilipat deh.

Beri Komentar