Cara Screenshot iPad dan iPhone dengan Mudah untuk Berbagai Tipe

Reporter : Riza Umami
Jumat, 26 Mei 2023 19:28
Cara Screenshot iPad dan iPhone dengan Mudah untuk Berbagai Tipe
Ini nih cara screenshot iPad.

Mengambil screenshot di iPad adalah cara yang cepat dan praktis untuk merekam tampilan layar perangkat tanpa harus repot. Dengan beberapa langkah sederhana, kamu dapat dengan mudah melakukan screenshot pada foto, pesan, atau halaman web yang ingin kamu simpan atau bagikan.

iPad menyediakan metode yang intuitif untuk melakukan screenshot, baik itu menggunakan tombol fisik pada perangkat atau melalui fungsi gestur layar sentuh. Meskipun sama-sama merupakan produk Apple, namun cara screenshot di MacBook berbeda dengan cara screenshoot di iPad atau iPhone.

Bagaimana cara mengambil tangkapan layar di iPad dengan mudah ya? Dilansir dari laman id.wikihow.com, berikut ini nih cara screenshot iPad dengan mudah dan efisien.

1 dari 5 halaman

1. Temukan Gambar yang Pengin di-Screenshot

Ilustrasi iPad © Diadona

Cara screenshot iPad yang pertama, telusuri terlebih dahulu gambar yang ingin kamu abadikan di iPad. Mencari di berbagai bagian perangkat akan memungkinkan kamu menemukan gambar yang ingin di-SS.

Pilih dengan cermat hal yang penting di email. Kamu juga bisa mengabadikan gambar atau foto yang menakjubkan yang ditemukan di media sosial. Bisa juga kamu menangkap layar momen lucu dalam pertukaran pesan singkat dengan teman kamu. Dengan menjelajahi iPad, peluang untuk mengambil screenshot menjadi semakin beragam dan menarik.

2 dari 5 halaman

2. Temukan Tombol Sleep atau Wake

Ilustrasi iPad © Diadona

Cara yang kedua kamu perlu menemukan tombol sleep atau wake lebih dulu. Biasanya, tombol ini ada di bagian atas iPad. Itu adalah tombol yang berfungsi untuk menyalakan serta mematikan iPad.

3. Carilah Tombol Home

Cara screenshot iPad yang ketiga, yakni dengan memanfaatkan tombol Home. Sangat mudah pastinya, tombol yang satu ini letaknya di bagian tengah bawah di iPad kamu. Selain itu, ada segi empat putih di tengah-tengah tombol tersebut yang biasanya digunakan untuk kembali ke Home.

3 dari 5 halaman

4. Tekan secara Bersamaan Tombol Sleep/Wake dan Tombol Home

Ilustrasi iPad © Diadona

Nah, ini nih inti dari cara screenshot iPad. Kamu  harus tekan tombol atas atau Sleep/Wake dan selama melakukannya, kemudian tekan dan lepaskan tombol Home. Setelah itu, kamu bisa melepaskan tombol Sleep/Wake usai beberapa saat.

Hindari untuk menekan kedua tombol secara bersamaan terlalu lama ya. Hal tersebut malah bisa mematikan iPad. Kamu cuma perlu mengeklik tombol Home bukan menekan serta menahannya.

Jika telah berhasil melakukan cara screenshot iPad, kamu bakal mendengar rana kamera berbunyi serta layar berubah jadi putih dengan cepat.

5. Cek Hasil Screenshot

Usai melakukan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk memastikan hasil tangkapan layar kamu sudah berhasil diambil atau belum. Untuk menemukan gambar yang sudah di-screenshot, kamu bisa membuka aplikasi 'Photos' di iPada. Cari di 'Camera Roll' yang biasanya terdaftar di album pertama dan tangkapan layar akan berada di bagian yang paling bawah pada Camera Roll.

4 dari 5 halaman

Cara Screenshot pada iPhone

Ilustrasi iPhone 12 Mini © Diadona

Usai mengetahui cara screenshot iPad, mungkin ada pula yang bingung untuk screenshot di iPhone yang dimilikinya. Bagaimana caranya? Dikutip dari laman resmi Apple, ini nih langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Temukan tampilan layar yang ingin kamu tangkap dalam screenshot.
  2. Pastikan bahwa semua elemen yang ingin kamu abadikan ada dalam tampilan layar.
  3. Tekan secara bersamaan tombol " Tombol Daya" (yang biasanya terletak di sisi kanan atau atas perangkat) dan " Tombol Home" (yang biasanya terletak di bagian depan perangkat). Untuk iPhone dengan Face ID, kamu perlu menekan tombol " Tombol Atur Suara Lebih Kecil" dan " Tombol Daya" secara bersamaan.
  4. Setelah kamu menekan kedua tombol tersebut, layar akan berkedip sebentar, dan kamu akan mendengar suara seperti kamera yang mengambil gambar.
  5. Screenshot kamu akan secara otomatis disimpan di album " Foto" pada perangkat kamu.
  6. Untuk melihat screenshot yang baru diambil, buka aplikasi " Foto" dan cari di album " Semua Foto" atau " Album Tangkapan Layar" .

5 dari 5 halaman

Beberapa Tips seputar Cara Screenshot iPad dan iPhone

Ilustrasi iPhone 11 © Diadona

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui yang masih berhubungan tentang cara screenshot iPad. Ini nih beberapa tipsnya.

  • Usai kamu melakukan tangkapan layar, kamu bisa mengirimkan gambar tersebut melalui email ke orang lain usai dicari di Camera Roll.
  • Bila kamu punya iCloud, hasil screenshot kamu bakal tersinkronisasi secara otomatis di gadget kamu lain yang juga menggunakan sistem operasi iOS.
  • Sebenarnya cara melakukan screenshot sama saja di iPhone dan iPad.
  • Bila kamu pengin mensinkronisasi gambar ke PC, kamu cukup menghubungkan iPad atau iPhone dengan PC atau laptop pakai kabel USB serta mengunduh gambar dengan iTunes.

Itulah cara screenshot iPad dan iPhone yang sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Bagaimana nih udah pada bisa dong mengambil tangkapan layar di iPad usai membaca ulasan di atas?

Beri Komentar