Cara Menggunakan Google Bard, Chatbot AI Saingan ChatGPT

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 16 Mei 2023 11:10
Cara Menggunakan Google Bard, Chatbot AI Saingan ChatGPT
Gini lho cara mudah menggunakan Google Bard.

Google telah meluncurkan pesaing ChatGPT yang bernama Google Bard. Model ini memiliki kemiripan dengan ChatGPT, terutama dalam kemampuannya menjawab pertanyaan yang diketikkan oleh pengguna. Kehadiran Bard memberi opsi baru untuk mencari informasi  sekaligus memudahkan user dalam mencari informasi.

1 dari 4 halaman

Sistem yang digunakan di balik Google Bard adalah Language Model for Dialogue Applications (LaMDA), sebuah model bahasa yang dikembangkan oleh Google untuk aplikasi percakapan.

LaMDA membutuhkan daya komputasi yang lebih sedikit untuk memberikan jawaban. Keuntungannya adalah dengan LaMDA, Google dapat memperluas penggunaan Bard AI untuk menjawab pertanyaan dari jutaan pengguna. Perlu diakui, peran Google sebagai mesin pencari juga memberikan keuntungan bagi Bard. Bard memiliki keunggulan dalam hal jangkauan, akses informasi, dan jenis media yang dapat diberikan kepada pengguna.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Google Bard

Untuk menggunakan Google Bard, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman https://bard.google.com/ di kolom pencarian web kamu.
  • Jika kamu belum login ke akun Gmail, masuk terlebih dahulu menggunakan akun Google kamu.
  • Setelah masuk, klik tombol 'Try Bard' untuk memulai.
  • Kamu akan diminta untuk menyetujui persyaratan dan kebijakan privasi. Klik tombol 'I Agree' sebagai tanda kamu setuju.

Sekarang kamu siap untuk mencoba Google Bard. Ketikkan pertanyaan atau pesan apa pun seperti yang kamu lakukan dengan ChatGPT, dan Bard akan berusaha memberikan respons yang sesuai.

kamu dapat mengajukan pertanyaan, meminta saran, atau berinteraksi dalam bentuk percakapan dengan Bard, mirip dengan menggunakan ChatGPT. Bard akan menggunakan teknologi LaMDA yang dikembangkan oleh Google untuk memberikan respons yang lebih baik dan lebih responsif.

3 dari 4 halaman

Harap diketahui bahwa produk ini masih dalam tahap uji coba. Oleh karena itu, jika jawaban yang diberikan kurang lengkap, pengguna dapat mengklik 'Lihat Draf Lainnya' di pojok kanan atas untuk melihat draf-draf lain yang disusun oleh Google Bard.

Beri Komentar